uefau17.com

5 Ucapan Tokoh Mulai Dirut Pertamina, Sekjen PDIP, hingga Presiden Jokowi di Hari Kartini 21 April - News

, Jakarta - Sejumlah tokoh di Indonesia tak ketinggalan ikut mengucapkan Selamat Hari Kartini pada hari ini, Minggu (21/4/2024). Seperti diketahui, setiap tahunnya pada 21 April diperingati sebagai Hari Kartini dan itu jatuh tepat pada hari ini, Minggu (21/4/2024).

Salah satunya adalah Direktur Utama Pertamina (Dirut Pertamina) Nicke Widyawati. Nicke mengatakan, Hari Kartini tahun ini sebagai simbol kebangkitan emansipasi perempuan Indonesia.

Dia menyebut, saat ini perempuan Indonesia dapat berkarya dan berperan aktif dalam berbagai bidang, termasuk di sektor energi.

"Saat ini lebih dari 30 persen Perwira Pertamina perempuan dan kami akan terus mendorong perempuan berkarier dan menunjukkan potensinya secara optimal," ujar Nicke, Minggu (21/4/2024).

"Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia," sambung dia.

Selain itu, Sekjen DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan Selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan Indonesia. Dia menyebut, apa yang diperjuangkan RA Kartini juga menjadi spirit dan mengilhami Megawati Soekarnoputri sebagai amicus curiae di MK.

"Ibu Megawati menegaskan semoga ketuk palu MK bukan merupakan Palu Godam melainkan palu emas seperti ditegaskan Ibu Kartini habis gelap terbitlah terang sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus menerus oleh generasi bangsa Indoensia," ujar Hasto dalam keterangannya.

Tak ketinggalan, Presiden Joko Widodo atau Presiden Jokowi juga menyampaikan Selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Dia berharap Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April bukan sekedar seremoni.

Berikut sederet ucapan Selamat Hari Kartini 21 April dari para tokoh yang diperingati pada hari ini, Minggu (21/4/2024) dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Direktur Utama Pertamina Dukung Perempuan Berkarier Secara Optimal

Setiap tanggal 21 April, Indonesia selalu memperingati Hari Kartini. Hari tersebut bertujuan untuk menghormati perjuangan RA Kartini dalam menciptakan kesetaraan gender.

Berkaitan dengan itu, Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, Hari Kartini tahun ini sebagai simbol kebangkitan emansipasi perempuan Indonesia. Ia menyebut, saat ini perempuan Indonesia dapat berkarya dan berperan aktif dalam berbagai bidang, termasuk di sektor energi.

"Saat ini lebih dari 30 persen Perwira Pertamina perempuan dan kami akan terus mendorong perempuan berkarier dan menunjukkan potensinya secara optimal," ujar Nicke, Minggu (21/4/2024).

"Selamat Hari Kartini untuk seluruh perempuan Indonesia," sambung dia.

Dirinya mengungkapkan, keberadaan perempuan dalam top management maupun middle management bahkan sektor operasional di hampir semua lini bisnis perusahaan menunjukkan bahwa Pertamina memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan untuk berperan dalam pengambilan keputusan strategis.

"Dua dari tujuh jajaran direksi Pertamina (Holding) adalah perempuan dan hampir 20% dari total pekerja level manajemen merupakan pemimpin perempuan," ungkap Nicke.

"Ini sudah hampir mencapai target dari Menteri BUMN yaitu 25% keterwakilan perempuan di jajaran pimpinan BUMN," jelas Nicke.

Dirinya pun menegaskan, Pertamina terus mengoptimalkan Srikandi BUMN Pertamina grup dalam berkarya menjadi penggerak energi untuk Indonesia.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina sektor hulu dan hilir energi terus menginspirasi srikandi-srikandi Pertamina grup untuk berkarya mendukung ketahanan energi.

"Srikandi Pertamina grup terus berkarya mendukung ketahanan energi baik di laut, darat maupun udara, di antaranya berperan di hulu energi di area tengah laut, peran hilir energi di darat dari wilayah Sumatera hingga Papua mulai dari Sub Holding hingga Anak Perusahaan Services, bahkan di udara berperan sebagai Srikandi pilot," katanya.

"Peringatan Kartini menjadi kekuatan energi yang menginspirasi seluruh perempuan Indonesia," imbuh Fadjar.

 

3 dari 6 halaman

2. Sekjen PDIP Sebut Habis Gelap Terbitlah Terang di MK

Sekjen DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan selamat hari Kartini kepada seluruh perempuan Indonesia. Dia menyebut, apa yang diperjuangkan RA Kartini juga menjadi spirit dan mengilhami Megawati Soekarnoputri sebagai amicus curiae di MK.

"Ibu Megawati menegaskan semoga ketuk palu MK bukan merupakan Palu Godam melainkan palu emas seperti ditegaskan Ibu Kartini habis gelap terbitlah terang sehingga fajar demokrasi yang telah kita perjuangkan dari dulu timbul kembali dan akan diingat terus menerus oleh generasi bangsa Indoensia," ujar Hasto dalam keterangannya, Minggu (21/4/2024).

Menurut Hasto, pemikiran RA Kartini terus mengilhami para guru besar, para tokoh pro demokrasi, kelompok civil society, hingga elemen kepartaian yang masih berjuang bagi tegaknya Konstitusi, demokrasi, dan keadilan dalam Pemilu dari abuse of power Presiden Jokowi.

"Penyalahgunaan kekuasaan terjadi terlebih setelah manipulasi hukum di MK dan berhasil meloloskan Gibran Rakabuming sebagai cawapres," kata Hasto.

Hasto meyakini, spirit Kartini dapat menyingkirkan kegelapan kekuasaan yang saat ini melanda Indonesia.

"Dengan spirit RA Kartini, kekuatan kebenaran percaya bahwa kegelapan demokrasi akan menjadi terang yang menyingkirkan sisi-sisi gelap kekuasaan," pungkas Hasto.

 

4 dari 6 halaman

3. Pesan Erick Thohir di Hari Kartini

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki pandangan mendalam menyikapi Hari Kartini. Ia mengatakan perempuan memiliki hak yang sama untuk mengejar da mewujudkan cita-citanya.

"Ibu Kartini telah berjasa mengangkat derajat kaum perempuan sehingga bisa berperan di seluruh lini kehidupan. Perempuan kini tak perlu ragu, karena sejatinya memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mengejar mimpi dan cita-citanya," tulis Erick Thohir diakun instagram pribadinya @erickthohir, Minggu (21/4/2024).

Bahkan, pihaknya pun mendorong kepemimpinan perempuan di perusahaan BUMN. Artinya, perempuan juga berhak mendapatkan kesempatan menjadi pemimpin.

Lantaran BUMN, sebagai agen pembangunan, memiliki amanah untuk mempromosikan pemberdayaan perempuan dan memberi contoh bagi publik tentang kesetaraan gender dan ketersediaan peluang yang sama di dunia kerja.

Potensi kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kepemimpinan setara di Indonesia tentu masih terbuka lebar.

"Saya mendorong 25 persen kepemimpinan perempuan di perusahaan-perusahaan BUMN. Saya juga memberi kesempatan bagi perempuan mengisi posisi puncak kepemimpinan. Selamat Hari Kartini!," tandas Erick.

 

5 dari 6 halaman

4. Mensos Risma Hadiri Pameran Seni Karya Perempuan Indonesia

Menteri Sosial atau Mensos Tri Rismaharini menghadiri pameran seni bertajuk Kartini Nyeni di Senyawa+ Space, Cikini, Jakarta Pusat pada Minggu (21/4/2024).

Dalam acara yang memamerkan karya-karya perempuan, baik karya seni dan produk UMKM, wanita yang karib disapa Risma itu bertemu dan berdiskusi dengan para seniman dan pelaku UMKM perempuan.

Mensos Risma pun berharap karya-karya mereka dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Jadi mereka menghasilkan karya-karya, (saya harap) bukan hanya ekspresi untuk mereka tapi mungkin kedepan bisa mengangkat nama bangsa Indonesia," ujar Risma di Senyawa+ Space, Cikini, Minggu (21/4/2024).

Risma menilai, hasil perjuangan Kartini sudah bisa dirasakan oleh perempuan di zaman sekarang.

"Zaman sekarang ini, ruang yang diberikan oleh perjuangan ibu kita Kartini sudah ditaraf bahwa itu bisa dirasakan oleh kaum perempuan. Sudah tidak ada halangan lagi untuk kaum perempuan berkarya," ucap dia.

Selain itu, Risma juga mengajak pihak lain untuk dapat berpartisipasi memberikan ruang terhadap perempuan, tidak hanya terbatas kepada pemerintah.

"Tidak harus dari pemerintah, dari swasta kemudian dari temen-temen YouTube itu bisa memberikan ruang," beber dia.

"Memang pemerintah berperan sebagai enabler, tapi sebenernya pihak lain juga bisa membantu," sambung Risma.

Lalu, dia pun berpesan kepada perempuan untuk tidak lupa akan tugasnya. Seperti diketahui juga, hari ini merupakan peringatan Hari Kartini 21 April.

"Kita sebagai kaum perempuan harus tetap dan tetap harus mengerti posisi dan kedudukan kita. Saat kita di rumah, kita adalah seorang ibu dan seorang istri, kita bukan menteri, kita bukan walikota, tapi kita seorang ibu dan istri dari keluarga kita," ucap Risma.

Dalam acara tersebut, terdapat seorang perempuan yang mengalami disabilitas. Ia memiliki kondisi kedua tangannya sulit untuk digerakkan akibat mengalami kecelakaan. Perempuan tersebut bernama Arih Listia.

Ia menerima bantuan tangan bionic dan rehabilitasi dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk menyembuhkan tangannya.

Risma lalu menawarkan kepada Arih, yang juga seorang content creator untuk membuat konten bersama dengan tujuan memberikan semangat kepada kaum disabilitas untuk tetap berjuang.

"Saya minta membuat konten bersama dengan mbak Arih untuk menyemangati atau membangkitkan semangat bahwa ini bukan akhir dari segala-galanya, ini mungkin adalah awal dari kehidupan yang mungkin tuhan ciptakan untuk jadi lebih baik," sebut Risma.

Ia mengatakan semangat juang untuk sembuh dan ketelatenan dalam mencapainya adalah faktor penentu kesembuhan.

"Jadi sangat tergantung kepada semangat itu, dan telatennya masing-masing," jelas Risma.

 

6 dari 6 halaman

5. Presiden Jokowi Minta Jadikan Hari Kartini Tidak Sekadar Seremoni

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan Indonesia. Dia berharap Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April bukan sekedar seremoni.

"Hari Kartini adalah peringatan akan perjalanan panjang perempuan dalam menemukan kesetaraan. Marilah kita jadikan Hari Kartini tidak sekadar seremoni, tetapi lambang perjuangan perempuan untuk kepemimpinan dan kekuatan yang mereka miliki," kata Jokowi dalam unggahannya pada Minggu (21/4/2024).

"Selamat Hari Kartini bagi semua perempuan Indonesia," sambung Jokowi.

Jokowi mengunggah tayangan video berisi gambar animasi Kartini dengan berbagai versi, disertai tulisan habis gelap terbitlah terang dan selamat Hari Kartini.

Video tersebut juga diiringi lagu berjudul Ibu Kita Kartini karangan dari WR Supratman.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat