uefau17.com

Polisi Sebut Hanya Kendaraan Berstiker Khusus yang Boleh Masuk Saat Pemakaman Eril - News

, Jakarta - Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyebut hanya kendaraan yang ditempel stiker khusus yang nantinya bisa masuk ke area makam saat prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Menurutnya pemasangan stiker itu dilakukan sebagai pembatasan karena tidak semua kendaraan atau orang bisa masuk ke makam saat proses pemakaman Eril. Sehingga kendaraan yang tak berstiker, menurutnya bakal dilarang masuk.

"Yang diperbolehkan masuk adalah yang memiliki stiker yang disiapkan oleh panitia, bagaimana mekanisme bisa memiliki stiker? Silakan ditanyakan ke pihak protokoler Pemprov Jabar," kata Kusworo di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022), yang dilansir dari Antara.

Adapun lokasi pemakaman berada di Jalan Raya Banjaran-Pangalengan, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, atau berjarak sekitar 30 kilometer jika menggunakan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) dari rumah dinas Ridwan Kamil atau Gedung Pakuan.

Dia mengatakan pihaknya pun bakal menyiapkan sejumlah area parkir di sekitar lokasi pemakaman guna meminimalisasi gangguan lalu lintas. Namun ia pun memprediksi bakal ada hambatan mobilitas masyarakat ketika adanya proses pemakaman.

Meski begitu, ia pun memastikan pihaknya tidak akan memberlakukan penutupan jalan di sekitar lokasi. Karena pihaknya bakal menyebarkan seratusan personel polisi di berbagai titik persimpangan menuju lokasi pemakaman Eril.

Pihak kepolisian sebelumnya telah mengecek lokasi pemakaman pada Jumat (10/6/2022). Lokasi pemakaman merupakan lahan keluarga besar Ridwan Kamil yang direncanakan bakal dibangun Islamic Center sejak tahun 2019.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Khusus Keluarga

Kakak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menegaskan bahwa acara pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akan berlangsung khusus untuk pihak keluarga, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi.

Oleh karena itu, pihaknya memohon agar warga untuk tidak datang ke prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Untuk acara pemakaman, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi pemakaman, kami memfokuskan untuk proses pemakaman ini utamanya dari pihak keluarga sehingga kami mohon maaf berkenan untuk yang sudah menyampaikan doa di Gedung Pakuan itu tidak perlu ke pemakaman," kata Erwin dalam konferensi pers yang disiarkan Kemenlu RI, Sabtu (11/6/2022).

Adapun pihak keluarga Ridwan Kamil akan menjadikan Rumah Dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan sebagai rumah duka untuk selanjutnya disemayamkan di sana.

"Bagi warga publik yang ingin mendoakan langsung bertakziah dipersilakan di Gedung Pakuan nanti akan diatur oleh tim kami di Pemprov Jabar untuk pengaturan. Esok paginya di hari Senin kami akan berangkat ke lokasi pemakaman keluarga yang berada di Cimaung, Kabupaten Bandung," kata Erwin.

Meski membatasi pelayat saat prosesi pemakaman Eril, Erwin menuturkan bahwa warga dipersilakan untuk ziarah kubur sesuai Eril dikebumikan.

"Namun demikian, selesai pemakaman diperkirakan tengah hari, warga tetap diizinkan apabila akan berdoa atau ziarah kubur setelah selesai acara penguburan," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Jenazah Tiba Hari Ini

Adapun Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan bertolak dari Swiss, hari ini, Sabtu (11/6/2022). Gubernur bersama jenazah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril digandakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (12/6/2022).

“Jenazah ananda Eril akan disatukan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarga. Saat ini, informasi yang kami dapat dari KBRI Bern, Bapak Ridwan Kamil didampingi pejabat KBRI di Bern telah berada di Zurich Airport dan direncanakan akan take off pada pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 WIB,” ucap Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Judha Nugraha dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (11/6/2022).

Kemudian, lanjut Judha, Ridwan Kamil dan jenazah Eril diperkirakan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (15/6/2022) pada pukul 15.45 WIB.

“Selanjutnya jenazah akan dibawa ke Bandung melalui jalan darat. Kita doakan bersama kiranya proses pemulangan jenazah ananda Eril dapat berlangsung lancar hingga nanti proses pemakaman berjalan lancar. Sekali lagi atas nama Kementerian Luar Negeri, turut berduka cita kami yang mendalam,” ujarnya.

Seperti diketahui, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang hilang di Sungai Aare pada 26 Mei 2022 lalu, telah ditemukan pihak kepolisian setempat pada 8 Juni 2022.

Sejumlah langkah repatriasi yang dilakukan KBRI di Bern antara lain adalah pengurusan kantor pengadilan di Bern untuk izin serah terima jenazah, melakukan sertifikasi dengan pihak otoritas setempat, melakukan penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan KBRI di Bern, melakukan pemulasaraan jenazah sesuai dengan syariat Islam dan dilakukan pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

“Kemlu di Jakarta juga sudah melakukan rapat koordinasi kemarin dengan berbagai macam instansi terkait untuk memastikan kelancaran ketibaan jenazah di Tanah Air,” tutur Judha. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat