uefau17.com

Jenazah Eril Dijadwalkan Tiba di Indonesia Hari Ini, Minggu 12 Juni Pukul 15.45 WIB - News

, Jakarta - Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril diterbangkan ke Tanah Air, pada Sabtu 11 Juni 2022. Jenazah akan tiba pada Minggu sore, (12/6/2022).

Direktur PWNI dan BHI Kemlu RI Joedha Nugraha dalam konferensi pers secara virtual mengatakan, menurut informasi yang didapat dari KBRI Bern, Ridwan Kamil didampingi penjabat KBRI Bern telah berada di Zurich airport Sabtu 11 Juni 2022.

"Akan take off pukul 10.10 waktu setempat atau pukul 15.10 Waktu Indonesia Barat (WIB)," kata Joedha Nugrahakonferensi pers dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Sabtu 11 Juni 2022.

"Jenazah ananda Eril akan diterbangkan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarga", imbuh Joedha Nugraha.

Dijadwalkan Ridwan Kamil akan tiba di Indonesia pada Minggu, (12/6/2022). Ia bersama jenazah Eril akan mendarat pada siang menjelang sore.

"Ridwan Kamil dan jenazah Eril akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Minggu tanggal 12 Juni 2022 pukul 15.45 WIB," papar Joedha.

"Selanjutnya jenazah akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat," imbuhnya.

Doa pun dihaturkan agar prosesi tersebut berjalan lancar. "Kita doakan beasama agar proses kepulangan jenazah ananda Eril lancar hingga proses pemakaman. Kemlu menyampaikan duka cita mendalam," ucap Joedha.

Sejak jasad Eril ditemukan pada 8 Juni 2022 lalu, langkah-langkah repatriasi dilakukan KBRI Bern. Langkah-langkah itu adalah pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah.

Kemudian melakukan death certificate dengan otoritas setempat, penerbitan surat keterangan kematian yang dikeluarkan oleh KBRI Bern lalu melakukan pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimakamkan di Cimaung

 Jenazah almarhum Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril akan tiba pada Minggu (12/6/2022) malam pukul 22.00 WIB di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Rencananya, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu akan dikebumikan di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada Senin (13/6/2022).

Terkait dengan pemakaman Eril, Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pengawalan dan pengamanan bakal dilakukan lantaran diperkirakan bakal banyak masyarakat yang ikut menghadiri proses pemakaman.

"Otomatis kita lakukan pengamanan karena pertimbangan situasinya ini kemungkinan besar akan banyak massa," kata dia, Sabtu (11/6/2022).

Menurut Ibrahim, pengawalan akan dilakukan tidak hanya di rute menuju lokasi pemakaman. Tetapi pengaturan juga akan dilakukan di lokasi pemakaman.

"Jadi, ada dua hal kita lakukan pengamanan. Baik dari lalu lintasnya maupun pengamanan masyarakat dan pengawalannya nanti," tuturnya.

Ibrahim menjelaskan, petugas yang terlibat dalam pengamanan nanti dari pihak Polresta Bandung. "Itu dari Polresta Bandung saja untuk pengamanan wilayah karena memang wilayah polresta saja," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Pemakaman Dihadiri Khusus Keluarga

Kakak dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Erwin Muniruzaman menegaskan bahwa acara pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril akan berlangsung khusus untuk pihak keluarga, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi.

Oleh karena itu, pihaknya memohon agar warga untuk tidak datang ke prosesi pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Untuk acara pemakaman, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi pemakaman, kami memfokuskan untuk proses pemakaman ini utamanya dari pihak keluarga sehingga kami mohon maaf berkenan untuk yang sudah menyampaikan doa di Gedung Pakuan itu tidak perlu ke pemakaman," kata Erwin dalam konferensi pers yang disiarkan Kemenlu RI, Sabtu (11/6/2022).

Adapun pihak keluarga Ridwan Kamil akan menjadikan Rumah Dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan sebagai rumah duka untuk selanjutnya disemayamkan di sana.

"Bagi warga publik yang ingin mendoakan langsung bertakziah dipersilakan di Gedung Pakuan nanti akan diatur oleh tim kami di Pemprov Jabar untuk pengaturan. Esok paginya di hari Senin kami akan berangkat ke lokasi pemakaman keluarga yang berada di Cimaung, Kabupaten Bandung," kata Erwin.

Meski membatasi pelayat saat prosesi pemakaman Eril, Erwin menuturkan bahwa warga dipersilakan untuk ziarah kubur sesuai Eril dikebumikan.

"Namun demikian, selesai pemakaman diperkirakan tengah hari, warga tetap diizinkan apabila akan berdoa atau ziarah kubur setelah selesai acara penguburan," ujarnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat