uefau17.com

Momen Tantri Kotak Cuci dan Jemur Baju di Sela Ibadah Haji, Cerita Pindah ke Apartemen Transit dari Hotel Berbintang - Lifestyle

, Jakarta - Pasangan Tantri Kotak dan Arda NAFF adalah salah dua di antara banyak jemaah haji Indonesia tahun ini. Di akun Instagram-nya, penyanyi ini telah berbagi momen-momen di Tanah Suci dari waktu ke waktu.

Yang terbaru, Tantri terlihat mencuci dan menjemur baju di sela ibadah haji. "Umbah-umbah (mencuci) menjelang rukun haji," tulisnya dalam keterangan unggah Rabu, 12 Juni 2024. "Setelah dari hotel berbintang berlatar belakang Masjidil Haram, kami pindah ke apartemen transit, untuk apa?"

"Karena mendekati rukun haji, jutaan manusia akan melakukan pergerakan. Di (apartemen) transit, kami lebih mudah diangkut bus dengan jalur yang sudah diperhitungkan. Di (apartemen) transit dihimbau agar jemaah bisa menghimpun tenaga, menyiapkan fisik mendekati harinya agar mudah terkontrol."

Di apartemen transit itu, Tantri bercerita bahwa ia tidak tidur sekamar dengan suaminya. "Sekamar diisi beberapa orang, disatukan dengan jemaah lain. Tujuannya biar gak kaget nanti tumplek blek ditenda," ia menjelaskan.

"Hari ini kami nyuci baju, kami melakukannya dengan guyon di tengah terik," Tantri melanjutkan. "Orang rumah video call kaget kok lagi nyuci, mungkin dipikir di sini isinya berdoa terus, padahal ada gilirannya umbah-umbah, makan, ngeteh, ngopi, istirahat. Ada waktunya bicara, ada waktunya untuk lebih memilih diam."

"Ada waktu pula harus tahu diri berbagi jemuran dengn yang lain. Harus sadar diri kalau ngambil makanan itu secukupnya, gak ngawur dan ujungnya dibuang-buang," jemaah haji 2024 ini mengungkap.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ilmu tentang Berhaji

Tantri melanjutkan, "Mesti sabar ngantri lift. Gak bisa egois rebutan remote ac, jadi harus musyawarah dengan teman sekamar yang tahan dingin dan gak tahan ac, mesti cari jalan tengah. Tahu diri dan berhubungan baik dengan manusia lainnya, jangan lupakan kalau itu juga bentuk ibadah. Sponsor by jemuran, gak peduli merk, cuma peduli cepet kering."

Sebelum bertolak ke Tanah Suci, ia berbagai momen silatuhami dengan Gus Farid, Gus Lutfi, serta Gus Iqdam. Pertemuan itu membuatnya mendapat banyak ilmu, khususnya soal berhaji. "Pertemuan yang Allah buat tanpa disengaja. Dengan yang baru dipertemukan maupun yang sudah lama tidak bertemu, selalu ada pelajaran baru yang bisa dipetik," tulisnya pada 8 Juni 2024, rangkum kanal Showbiz .

Tantri terang-terangan mengaku bisa naik haji bukan karena kaya raya atau ahli agama. Pelantun lagu Pelan-Pelan Saja ini justru merasa banyak dosa dan ingin menjadikan ibadah haji sebagai momen untuk melunturkannya.

3 dari 4 halaman

Haji di Usia Relatif Muda

Tantri Kotak menyebut, tidak sedikit orang yang kaget melihatnya naik haji di usia relatif muda, yakni 34 tahun. Ia mengutip ucapan Gus Farid bahwa haji bukan milik orang kaya, tapi orang yang punya niat. "Bagi yang melaksanakan ibadah haji, fokus pada hajinya," kutip Tantri. "Tenaga jangan diforsir untuk sunahnya sehingga menggadaikan hajinya."

"Semua orang pernah nakal. Tapi jangan sampai tidak mencoba taat kepada Allah. Nggak apa-apa dicoba-coba dulu ibadah. Nanti pelan-pelan jadi suka, nyaman. Lho ibadah kok coba-coba? Ya enggak masalah. Wong mabuk itu orang jadi suka awalnya ya karena coba-coba kok," tandasnya.

Sebelumnya, Tantri sempat bercerita bagaimana "undangan" haji datang dengan cara tidak terduga. "InsyaAllah saya dan Panda berangkat haji tahun ini, Alhamdulilah," tulisnya di akun TikTok @tantrisyalindri pada 22 Februari 2024.

Setahun terakhir, Tanti sudah ke Makkah dua kali untuk melaksanakan umrah. Ia memang sempat berdoa agar bisa berangkat haji. Maka itu, ia mendaftar, dan tidak disangka "undangan" itu datang lebih cepat, tidak sampai setahun dikabulkan Allah.

Mendekati hari keberangkatan, ibu dua anak itu membuat pembaruan tentang persiapannya berangkat haji. "Seperti mimpi, bisa haji di usia muda bareng pasangan," tulis Tantri di unggahan akun TikTok-nya, 31 Mei 2024.

4 dari 4 halaman

Persiapan Menjalani Ibadah Haji

Di video, Tantri terlihat bersemangat menata isi koper bersama suaminya, sambil menulis catatan barang apa saja yang sudah ada di dalamnya. Vokalis Kotak itu mengaku sangat deg-degan bercampur haru.

Saat itu, Arda mengingatkan untuk membawa cukup uang untuk mereka. Tampak tenang, Tantri menjawab bahwa tidak perlu terlalu banyak membawa uang tunai karena kini sudah ada kartu debit yang bisa memudahkannya bertransaksi valuta asing.

Ia pun menulis, "Doain ya sehat dan lancar. Semoga followersku segera dipanggil ke Baitullah. Aamiin." Ia menyebut bahwa biaya haji ini sebenarnya merupakan tabungan untuk membeli mobil baru. "Mobil atau haji? Rencana matang untuk beli mobil karena mobil kami sudah usia. Mengejutkan kami dundang manggung di Jeddah, Saudi Arabia, sekalian umrah," tuturnya. 

"Godaan kami 'Nunggu tua ajalah kalau mau haji.' Hitungan bulan kami dapat kabar bisa berangkat, hampir ngggak percaya. Visa keluar, baru kami sujud syukur," ia menambahkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat