uefau17.com

Jin BTS Bakal Peluk 1.000 ARMY Setelah Pulang Wamil, Syarat Partisipasi Festa 2024 Dikritik Penggemar - Lifestyle

, Jakarta - Sehari setelah pulang wajib militer (wamil) dan tepat di hari ulang tahun debut BTS ke-11, Kamis, 13 Juni 2024, Jin akan menggelar acara spesial untuk para penggemar, Festa 2024. Tidak tanggung-tanggung, personel tertua grup nominee Grammy itu akan memeluk seribu ARMY, sebutan penggemar mereka, di event tersebut.

Seiring berkembangnya animo atas acara pertama Jin BTS setelah menyelesaikan dinas militer, fans melayangkan kritik pada HYBE, perusahaan yang menaungi grup. Ini terutama terkait syarat partisipasi event yang dimaksud.

ARMY menilai, ketentuan membeli album sebanyak-banyaknya dalam periode 2 hingga 6 Juni 2024 sebagai syarat mengikuti undian kontras dengan "gestur penuh perhatian" yang disarankan pelantun lagu Abyss tersebut, dalam hal ini pelukan gratis. Derasnya kritik membuat HYBE mencoret kriteria itu.

Para penggemar tidak senang karena perusahaan itu dinilai memanfaatkan niat baik Jin untuk meningkatkan penjualan album. "Sangat konyol jika penggemar yang telah membeli album sebelum periode yang ditentukan tidak dipertimbangkan untuk mengikuti acara tersebut," kata seorang ARMY di komentar online.

Banyak juga yang menyebut kurangnya kesadaran khalayak seputar kerugian lingkungan dari pembelian album secara massal. Di kabar terbaru HYBE, kriterianya kini mencakup penggemar yang telah membeli album melalui Weverse Shop sebelum pengumuman acara pelukan gratis Jin.

Pembaruan ini nyatanya tidak begitu menyenangkan ARMY. Mereka tetap marah pada perusahaan karena mempertahankan persyaratan agar Jin memeluk seribu orang, tidak mengklarifikasi perubahan pada gaya undian, dan gagal mempertimbangkan detail ini pada awalnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dituduh Memanfaatkan Festa 2024

Fans menuduh HYBE melakukan "permainan kata," menuduh perusahaan tidak mengubah persyaratan bahwa lebih banyak pembelian album berarti lebih banyak peluang untuk menang. Mereka menuntut batas undian diubah jadi satu entri per orang, berapa pun jumlah album yang dibeli.

Kekhawatiran juga berpusat pada keamanan acara tersebut. ARMY takut Jin terpapar "potensi bahaya dari orang asing yang bahkan mungkin bukan penggemar," karena harus memeluk seribu orang. Banyak yang menyerukan peralihan ke fanmeeting yang lebih eksklusif atau acara pemberian hadiah untuk ribuan penggemar yang membeli album.

Bersama deretan komplain tersebut, para penggemar tetap menaikkan tagar #SpeakYourselfBTS. Ini merupakan dorongan agar personel grup pelantun lagu 2! 3! itu angkat bicara tentang genosida di Palestina. "Selama ini, alasan 'wamil' terus dipakai penggemar yang buta untuk membela BTS. Jangan salah paham, saya ARMY, dan menuntut #SpeakYourselfBTS," kata seorang fans di X, dulunya Twitter.

"Jin akan pulang (dari wamil) minggu depan, dan itulah momen kita sama-sama lihat apakah BTS berani angkat bicara soal Palestina. Bagaimana bisa kalian menikmati minggu Festa (sebutan minggu perayaan ulang tahun debut BTS) saat rekan ARMY kita di Palestina berjuang hidup, berjuang mendapat kebutuhan harian yang terlihat sepele?" tuntut yang lain.

3 dari 4 halaman

Jungkook Rilis Lagu

Label BTS, Big Hit Music, sebelumnya telah mengungkap jadwal perayaan Festa tahunan pada 2024. Acara ini resmi dimulai pada 2 Juni 2024, dengan perilisan poster Festa yang jadi pembuka acara selama seminggu tersebut, rangkum Lifestyle Asia.

Di antara agendanya, Festa 2024 akan menghadirkan kembali konser tahunan BTS, "Bang Bang Con." Ini merupakan konser streaming bayar-per-tayang oleh BTS yang pertama kali disiarkan pada 14 Juni 2020. Ini mencatat lebih dari 756 ribu pemirsa berbayar dari 107 wilayah pada tahun itu dan jadi siaran langsung konser musik yang paling banyak ditonton sepanjang masa, menurut Guinness World Records.

Pada 3 Juni 2024, Big Hit Music juga mengumumkan bahwa Jungkook bakal merilis lagu baru berjudul Never Let Go. Maknae BTS ini sebelumnya telah merilis beberapa lagu Festa, termasuk hit My You pada 2022.

Label grup mendeskripsikan lagu baru idol berusia 26 tahun itu sebagai "penghormatan yang tulus pada para penggemar Jungkook yang merangkum pesan 'jangan pernah melepaskan tangan satu sama lain.'" Pihaknya menambahkan bahwa lagu yang akan dirilis pada Jumat, 7 Juni 2024 pukul 11.00 WIB ini adalah "tanda terima kasih atas cinta tidak terbatas dari ARMY di seluruh dunia."

4 dari 4 halaman

Agenda Festa 2024

Sementara itu, agenda Festa yang dijadwalkan rilis pada 5 dan 7 Juni 2024 menampilkan ikon-ikon terkait kamera dan musik, sehingga menggugah rasa penasaran para penggemar BTS. Tidak ketinggalan, ada pesan samar, seperti "ARMY" dan "SEE YOU," di timeline yang mengisyaratkan lebih banyak kejutan.

Terkait jadwal yang melibatkan Jin, selain pertemuan langsung, ia akan memandu showcase eksklusif yang disiarkan langsung di aplikasi artis-penggemar eksklusif HYBE, Weverse. Siaran langsung hanya akan tersedia bagi pemegang keanggotaan ARMY.

Sementara itu, personal lain mungkin akan memberi kejutan manis secara online, karena mereka masih menjalani dinas militer. Ketujuh personel BTS seluruhnya masuk kamp militer pada Desember 2023, dengan Jungkook dan Jimin jadi memmber terakhir yang mengucap salam perpisahan sementara dengan penggemar.

Dinas militer untuk BTS dimulai dengan pendaftaran Jin pada Desember 2022, diikuti J-Hope pada April 2023 dan Suga memulai wajib militer alternatif pada September 2023. Mereka diperkirakan akan reuni dengan personel lengkap pada Juni 2025 setelah Suga menyelesaikan wajib militer alternatifnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat