uefau17.com

Jin BTS Diduga Jadi Korban Pelecehan Seksual di Acara Pelukan Gratis, ARMY Buru Terduga Pelaku - Lifestyle

, Jakarta - Di antara campur aduk emosi karena bisa reuni dengan Jin BTS yang baru saja menyelesaikan dinas militer, ARMY, sebutan penggemar grup, dibuat geram. Pasalnya, pemilik nama asli Kim Seokjin ini diduga jadi korban pelecehan seksual.

Peristiwa tidak mengenakkan itu terjadi saat Jin memberi pelukan gratis pada seribu ARMY yang beruntung di momen perayaan ulang tahun debut ke-11 kemarin, Kamis, 13 Juni 2024. Sementara setiap fans punya cara masing-masing dalam mengungkap keriaan bertemu pelantun lagu Abyss tersebut, ada satu tindakan yang dianggap tidak pantas.

Di video yang beredar di dunia maya, seorang penggemar berbaju putih diduga mencium leher Jin. Kendati, argumen bahwa ia sebenarnya membisikkan sesuatu ke telinga sang idola, namun tertangkap sudut kamera yang "buruk" masih disuarakan.

Secara khusus, wajah Jin tampak berusaha tidak menunjukkan ketidaknyamanan, tapi ekspresinya sangat berbeda. Tidak hanya sekali itu, ada pula penggemar bergaun putih dan memakai scarf biru yang diduga melakukan hal serupa, hanya saja "tidak sampai mengenai Jin," menurut seorang ARMY.

"Ini pelecehan seksual. Jelas Jin tidak memberi consent pada tindakan itu. Ia berulang kali mengatakan hanya ingin memeluk ARMY yang telah dengan sepenuh hati menunggunya (keluar wajib militer)," sebut fans di X, dulunya Twitter. "Inikah balasan yang diterima Jin untuk niat baiknya itu? Kalian seharusnya malu, dan tidak perlu menyebut diri sebagai ARMY," sahut pengguna berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuntutan ARMY

ARMY lain menyambung, "Jin bahkan memakai papan itu di bagian depan tubuhnya sebagai bentuk penghormatan pada ARMY." Kebanyakan penggemar sekarang sedang memburu terduga pelaku. "Kita harus menemukan dan memintanya bertanggung jawab. Kalau ada yang tahu informasi tentang identitasnya, tolong beri tahu kami," kata seorang penggemar.

Sebagian lain menuntut agensi Jin, Big Hit Music, untuk mengambil tindakan tegas atas kejadian ini. "Gaes tolong ya email Big Hit pake template di bawah ini, karena ini udah termasuk pelecehan seksual," kata seorang ARMY Indonesia.

"Seokjin gak consent dan mukanya keliatan gak nyaman. Semoga ni cewe kena banned. Korban pelecehan seksual gak memandang cewe atau cowo dan ini korbannya cowo," ia menambahkan.

"Ni orang bisa di-detect gasih membershipnya, terus diblokir datanya jadi kalo apply memship / konser ngga akan lolos, dan sekalian laporin polisi aja. Kesel banget," sahut yang lain. "Kalo Big Hit gak mau laporin polisi, ARMY aja yang laporan. Ini tindakan kriminal," tulis seseorang.

"Seokjin kena pelecehan seksual. Sebagian Army: ka nanti antis ... Astaga ini pelecehan seksual loh, antis bahan gorengannya emang selalu ada bahkan Seokjin baru kelar wamil belum ngapa-ngapain udah kena drag," sahut si pengunggah cuitan menimpali.

3 dari 4 halaman

Reuni dengan Jin BTS

Menurut Korea Joongang Daily, dikutip Jumat (14/6/2024), Jin gugup melangkah ke atas panggung saat para penggemar menyambutnya dengan suara gemuruh seraya meneriakkan namanya, "Kim Seokjin."  "Aku gemetar sekali, rasanya seperti aku debut lagi," sebut idola berusia 31 tahun itu pada empat ribu penggemar yang hadir kemarin.

"ARMY, aku pulang ke rumah, rumah yang sangat-sangat aku rindukan," kata Jin. "Aku merasa tidak bisa menyanyi dengan baik. Wajah dan tanganku gemetar. Seluruh tubuhku gemetar. Aku baru saja keluar dari (dinas) militer kemarin jadi semuanya terasa baru."

"Aku bahkan harus bernyanyi dengan mata tertutup karena sudah setahun enam bulan terakhir tidak bernyanyi, sehingga lupa caranya," ujarnya. Jin memang sempat memejamkan mata saat membawakan The Astronaut (2022) untuk mengawali acara tersebut.

"Ya Tuhan, ini sangat sulit. Di mana kalian? Aku sangat merindukan kalian," ujarnya, mengacu pada enam personel lain yang masih menjalani wajib militer.

Kendati demikian, Jin tetap mengisi waktu dengan suara yang kuat, tidak hanya melalui The Astronaut, namun juga Super Tuna (2021) dan Moon (2020). Selera humor dan keterampilan bercerita yang terkenal di kalangan penggemar BTS pun tidak absen semalam.

4 dari 4 halaman

Kapan Jin BTS Selesai Wamil?

Jin berkata, "Aku mulai mempersiapkan acara ini tepat tengah malam kemarin. Agensi bertanya padaku apa yang ingin aku lakukan pada 13 Juni dan aku berkata bahwa aku harus melakukan ini karena personel lain tidak ada di sini. Betapapun tidak siapnya aku, aku berterima kasih banyak karena kalian telah menikmati waktu bersama denganku."

Soal pelukan gratis, pelantun lagu Epiphany ini semula menyarankan ia melakukannya untuk tiga ribu ARMY. Namun, agensi mengurangi jumlah itu dengan alasan keselamatan.

"Aku minta maaf karena hanya ini yang bisa kupersiapkan karena waktuku sangat sedikit. Aku berjanji akan melakukan yang lebih baik saat aku keluar dari militer lagi," katanya sambil bercanda. "Tapi melihat kalian, ARMY, bersenang-senang membuatku menyadari bahwa di sinilah tempatku berada. Aku pulang."

Acara ini terjadi hanya sehari setelah Jin pulang dari dinas militer pada Rabu, 12 Juni 2024. Dimulai darinya, personel BTS akan menyelesaikan tugas militer mereka satu per satu hingga akhir Juni tahun depan.

J-Hope dijadwalkan selesai wajib militer pada 17 Oktober 2024, diikuti RM dan V pada 10 Juni 2025, serta Jimin dan Jungkook keesokan harinya pada 11 Juni 2025. Sementara itu, Suga dijadwalkan selesai dinas pada 21 Juni 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat