uefau17.com

Turis Indonesia Dikecam Warganet Malaysia Usai Komentari Azan di Negeri Jiran - Lifestyle

, Jakarta - Ulasan turis Indonesia tentang masjid di Malaysia jadi viral di media sosial. Pasalnya, wisatawan itu mengeluh ia tidak pernah mendengar azan selama berada di Negeri Jiran.

Selain tidak mendengar panggilan salat, lewat klip di akun TikTok @pinotdiah, seperti dirangkum Says, Selasa (28/5/2024), perempuan itu menyebut tidak menemukan masjid di beberapa daerah. Ia mengaku pernah ke Kuala Lumpur dan Terengganu. Namun, tidak pernah ditemukan masjid di Terengganu. 

"Saat saya sampai di KL, Menara Petronas, ada masjid besar, tapi saya tidak mendengar azan karena saya berangkat pagi," ucapnya. "Saya melihat masjid saat hendak menuju Bandara Senai, namun tidak mendengar azan."

Di video lain, ia "menangis" saking bersyukur bisa mendengar azan di Singapura, bunyi yang ditunggu-tunggu di Malaysia. Namun kebanyakan waktu, wisatawan Indonesia itu mengaku hanya diingatkan salat lewat azan di aplikasi ponselnya.

Tidak butuh waktu lama bagi konten itu diserbu warganet Malaysia. Mereka mengaku keheranan bagaimana si turis bisa sampai tidak mendengar azan sama sekali di negara mayoritas Muslim. "Mbak, kamu harus membuka matamu, mengorek telingamu, dan makan banyak kismis," tulis seorang pengguna X, dulunya Twitter.

"Belakangan banyak turis asing, terutama Muslim, datang ke Malaysia dan bertingkah macam-macam. Kalian datang ke sini untuk mencari-cari kesalahan atau berusaha menghargai keberagaman negara lain? Lain kali cari tahu dulu. Bagaimana bisa dengar azan kalau bukan masuk waktu salat?" ungkap warganet lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dinilai Cari Sensasi

Pengguna lain menimpali, "Enggak lihat masid di Terengganu? Dia ke mana? Apakah dia menginap di wilayah bukan mayoritas Muslim? Kalau iya, ya wajar. Kalau kami liburan ke Bali dan tidak berada di sekitar pemukiman orang Islam, kami juga tidak mendengar azan, tapi tidak pernah membahasnya karena tahu masyarakat lokal di sana beragama Hindu."

"Saya pikir, dia hanya mencari sensasi saja. Kalau berada dekat masjid di Singapura dan masuk waktu salat, saya pernah dengar azan. Memang mengada-ngada saja orang ini," menurut akun lain. "Saya sudah sejak lahir di Malaysia dan tidak pernah tidak mendengar suara azan," sahut warganet berbeda.

Ini bukan kali pertama ulasan wisatawan Indonesia jadi sorotan. Namun di konten sebelumnya, tanggapan publik Negeri Jiran terbilang cukup positif. "Norak di negara orang! Kok bisa ya mereka begitu?" begitu keterangan unggahan yang dibubuhkan di akun TikTok @coach.tria, akhir April 2024.

Review singkat tentang kunjungannya ke Malaysia telah berubah jadi sensasi online. Di video, ia berkata, "Nyesel banget gue datang ke negara ini."

3 dari 4 halaman

Ulasan Turis Indonesia

Turis Indonesia itu melanjutkan, "Bayangin aja deh, masa banyak banget playground gratis? Kalau bahasa anak Jaksel mah lagi culture shock ini gue." Ruang bermain gratis, sebut pria itu, membuat anaknya enggan pulang.

"Di negara ini juga enggak ada yang nerobos lampu merah," ia melanjutkan. "Coba bayangin, lampu merah nih, kosong di perempatan, tapi enggak ada yang nerobos kan aneh."

Yang paling "parah," sarkasnya, "Ada dua orang antre toilet, pintu di depan dia terbuka duluan, tapi dia nyuruh gue masuk duluan. Itu kan aneh ya. Biarpun yang dateng duluan emang gue sih, tapi di depan dia udah kebuka mah dia aja yang masuk, ngapain nyuruh gue?"

"Emang aneh dah nih negara, masa bisa kayak gitu kelakuan orang-orangnya ya?" tandasnya. Tidak butuh waktu lama bagi konten itu jadi pusat perhatian, yang mana rekaman tersebut sudah mencatat 1,2 juta penayangan saat artikel awal ditulis.

4 dari 4 halaman

Tuai Beragam Komentar

Di kolom komentar, tidak sedikit yang menyoroti bahwa ruang bermain di Indonesia "berbayar." "Sebetulnya ada juga outdoor playground, tapi sedikit. Kebanyakan indoor di mal-mal itu kan harus bayar," seorang pengguna menjelaskan.

Ada juga yang menulis, "Emang playground anak di Indo harus bayar?😳 tapi terobos lampu merah kalo di tengah kota memang jarang, ga kaya di Indo hehe gua orang Malaysia tinggal di Bandung, tapi sayang banget dong gua sama Bandung."

Setelah diberi tahu bahwa ruang bermain terbuka jumlahnya sedikit, pengguna itu berkomentar, "Iya sih...di Malaysia bisa dibilang setiap perumahan pasti ada playground. Juga banyak tempat untuk senam jogging. Di Bandung susah nyarinya." Ungkapan itu pun dibenarkan si pengunggah video.

"Saya langsung bisa tebak pas dibilang ada playground di mana-mana. Iya Malaysia, di setiap pojok taman dan padang-padang Playground ada, tapi sayang di sini anak-anak terkurung dalam rumah karena hrus belajar," warganet lain menimpali.

Ada juga yang mengatakan bahwa fasilitas ruang bermain anak pun tidak merata di Malaysia. "KL (Kuala Lumpur) emang banyak, tapi abang kan belum tau tempat lain," menurut seorang TikToker.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat