uefau17.com

Lagi, Siomai Masuk Daftar Dumpling Terlezat di Dunia 2024 Versi CNN - Lifestyle

, Jakarta - Mengulang prestasi pada 2021, siomai kembali masuk daftar Dumpling Terlezat di Dunia 2024 versi CNN. Publikasi itu menyebut dumpling sebagai makanan yang populer di seluruh dunia, dituliskan sebagai "sederhana dan kompleks, lokal dan global."

Sajian ini mudah beradaptasi, namun tetap melekat di daerah asalnya sebagai makanan pokok yang murah dan lezat untuk dijadikan camilan, kata outlet tersebut, dikutip Jumat, 5 April 2024. Siomai jadi satu dari total 35 jenis dumpling dalam daftar tersebut.

Makanan ini dideskripsikan sebagai "dumpling ikan kukus yang disajikan dengan sayuran dan saus kacang. "Anggaplah siomai sebagai jajanan kaki lima di Indonesia yang setara dengan shumai, yang secara tradisional ditemukan di restoran dim sum Kanton," kata CNN.

"Diadopsi dari masakan Tionghoa Indonesia, varian siomai paling populer terdapat di Bandung. Cara terbaik untuk mencicipi dumpling ini adalah dari pedagang kaki lima yang mengangkut panci besar dengan sepedanya," tandas mereka.

Kendati tidak menulis peringkat, ada beberapa dumpling yang dijabarkan lebih dulu daripada siomai. Pertama, ada xiaolongbao yang disajikan dengan cara dikukus dalam keranjang bambu. "Xiaolongbao terlihat berbeda dari jenis dumpling Tiongkok lain, karena kulitnya dikumpulkan dan dijepit di bagian atas, bukan dilipat dua," sebut publikasi itu.

"Xiaolongbao juga unik karena, selain isian daging babi tradisional, sepotong kecil aspic dimasukkan ke dalam pangsit, yang meleleh saat dikukus. Berkat kuahnya, isiannya tetap lembap dan beraroma," kata CNN.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dumpling Lain dalam Daftar

Kemudian, ada ravioli. Makanan ini disebut bisa berisi "apa saja," mulai dari daging, keju, hingga sayuran, atau kombinasi bahan-bahan tersebut. Menyusul, ada pangsit Sichuan yang pedas, atau chao shou, yang disajikan di meja dengan disiram minyak cabai pedas yang dibumbui cabai Sichuan dan saus cuka hitam.

Chao shou direbus dan spesimen sangat licin sehingga hampir mustahil untuk diambil dengan sumpit, kata mereka. Perpaduan gurih daging, kulit pangsit yang lembut, dan kuah yang menggugah selera, membuatnya dinikmati di hari hujan.

Dumpling berikutnya yang masuk daftar adalah manti dari Asia Tengah. Camilan ini dimakan di negara-negara, seperti Turki, wilayah barat laut China, Azerbaijan, serta Kazakhstan, dan sangat erat hubungannya dengan varian dumpling di Asia Timur.

Diadopsi orang-orang Turki yang melakukan perjalanan melintasi Asia Tengah pada masa Kekaisaran Mongol, dumpling ini dapat diisi dengan daging domba, sapi, burung puyuh, atau ayam, maupun dibiarkan tanpa isi. Manti Turki disajikan dengan yogurt dan dibumbui menggunakan cabai merah dan mentega cair.

Tidak ketinggalan, ada hidangan nasional di Slovakia, bryndzové halusky. Ini adalah hidangan dumpling kentang yang disajikan dengan bryndza, keju domba Slovakia, dan ditaburi lemak babi.

3 dari 4 halaman

Bukan CNN Saja

Tidak hanya menurut CNN, tahun lalu, siomai masuk dalam daftar 100 dumpling terlezat di dunia versi TasteAtlas, platform panduan online untuk makanan tradisional, ulasan kritikus makanan, serta artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer berbasis di Kroasia. Berada di peringkat ke-7, makanan yang biasanya disajikan dengan bumbu kacang itu mencatat skor 4,7 dari 5. 

Mengutip situs webnya, 15 Maret 2023, siomai didekripsikan sebagai "masakan Indonesia yang terdiri dari pangsit ikan kukus berbentuk kerucut, telur, kentang, kol, tahu, dan pare." "Setelah dikukus, semua bahan disusun di atas piring, dipotong kecil-kecil, dan disiram saus kacang pedas," imbuh platform tersebut.

Mereka menyambung, "Sentuhan terakhir pada hidangan ini adalah percikan kecap manis dan saus cabai, bersama perasan jeruk nipis. Di Indonesia, siomai merupakan makanan sehari-hari yang sangat digandrungi kalangan pelajar. Ini adalah makanan pokok yang umum di pujasera."

Bersama keterangan itu, mereka juga menyertakan lima rekomendasi tempat menyantap siomay yang semuanya berada di kota Bandung, Jawa Barat:

  1. Baso Tahu Mang Ade
  2. Baso Tahu Tulen
  3. Batagor Kingsley
  4. Bungtagor Lecker
  5. Batagor & Baso Tahu Apin
4 dari 4 halaman

Dumpling Terlezat Versi TasteAtlas

Sementara itu, hidangan yang berada di puncak daftar dumpling terlezat di dunia adalah guotie dari China, mencatat skor 4,8 dari 5. Hidangan itu ditulis sebagai "variasi tumis dari pangsit jiaozi China yang biasanya diisi dengan daging babi cincang, kol Cina, daun bawang, jahe, arak beras, dan minyak biji wijen."

Disebutkan pula bahwa guotie memiliki tekstur renyah, sekaligus lembut yang diperoleh dari metode memasaknya. Saat bagian bawah pangsit sedang digoreng, sedikit cairan ditambahkan ke wajan yang kemudian ditutup, sehingga sisa pangsit dan isiannya menguap.

China punya beberapa wakil lainnya di peringkat 10 besar, yakni xiaolongbao (4,7), tangbao (4,7), shengjian mantou (4,7), dan jiaozi (4,6) yang secara berurutan menempati peringat ke-5, ke-6, ke-8, dan ke-10. Secara lengkap, berikut daftar 10 besar dumpling terlezat di dunia, menurut TasteAtlas:

  1. Guotie, China
  2. Koldūnai, Lituania
  3. Manti, Turki
  4. Pierogi, Polandia
  5. Xiaolongbao, China
  6. Tangbao, China
  7. Siomai, Indonesia
  8. Shengjian mantou, China
  9. Gyoza, Jepang
  10. Jiaozi, China

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat