uefau17.com

Menikmati Keindahan Kabupaten Paser dari Atas Gunung Boga yang Sejuk dan Segar - Lifestyle

, Paser Kalimantan Timur tepatnya di Kabupaten Paser yang memiliki luas wilayah 1.603,94 km² menyimpan pesona alam yang cantik dan layak untuk dikunjungi para wisatawan. Adalah Gunung Embun atau Gunung Boga. 

Lokasi Gunung Boga ada di Desa Luan, Kecamatan Muara Samu. Untuk menuju destinasi yang sangat Instagramable itu tidaklah sulit. Hanya memerlukan sekitar satu jam berkendara dari pusat kota di Kecamatan Tanah Grogot. Jika bertolak dari  Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menuju Desa Lolo, Kecamatan Kuaro, butuh waktu sekitar empat jam. 

 

Dari lokasi tersebut, epat di pertigaan Desa Lolo melanjutkan perjalanan sekitar 45 menit. Agar para wisatawan yang ingin mengunjungi Gunung Boga tak bingung, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) telah memasang plang sebagai penanda. 

Akses jalannya pun tak lagi sulit seperti yang digaungkan kepopuleran tempat wisata ini sekitar empat tahun terakhir. Itu karena pemerintah daerah telah melakukan pengerasan jalan, mobil sudah bisa sampai dan langsung parkir tepat di area Gunung Boga. Begitupun banyak fasilitas tambahan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Paser.

Telah disediakan musala, gazebo, toilet, warung UMKM hingga penyewaan tenda. Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih memanjakan mata dengan gumpalan awan, wisatawan dapat melihatnya di momen pagi hari. Selain pemandangan indah, Anda juga bisa merasakan aroma dedaunan yang dibasahi embun yang sangat menyejukkan.

 

Selain penataan infrastruktur hingga penambahan fasilitas, Pemkab Paser melalui Disporapar juga menggandeng atlet paralayang untuk memperkenalkan secara luas. Itu karena Gunung Boga menjadi salah satu tempat latihan atlet paralayang.

Bahkan upaya lain untuk memperkenalkan secara luas dengan menggelar gowes explore Gunung Boga. Hal itu dilakukan selain ajang promosi juga dalam rangkaian HUT ke 64 Kabupaten Paser. 

 

"Kegiatan gowes explore Gunung Boga dengan maksud mengangkat wisata kita supaya dikenal oleh masyarakat di luar Kabupaten Paser," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disporapar Kabupaten Paser, Arief Rahman.

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik telah berkunjung dan menikmati keindahan alam Negeri di Atas Awan Gunung Boga. Akmal menyebut bahwa keindahan alam yang berada di sektor pariwisata sangatlah indah. Gunung Boga Desa Luan,

Akmal menilai, spot wisata ini sangat baik menjadi alternatif mendukung potensi pariwisata buffer zone (daerah penyangga) Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Saya sangat berharap agar destinasi wisata yang sangat indah, sejuk dan segar ini bisa menjadi unggulan Kabupaten Paser di masa depan," ujarnya.

 

Akmal juga mengungkapkan bahwa sebagai buffer zone IKN untuk pariwisata, seluruh pihak harus siapkan dengan baik. Menurutnya, di kemudian hari, banyak orang yang akan membutuhkan hiburan pemandangan alam. 

"Jangan hanya menyiapkan mal di Balikpapan, tapi wisata rekreasi alam juga harus kita siapkan, salah satunya Gunung Embun ini,"katanya.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Saing Boga, Sukatmin menuturkan sejak semakin populernya Gunung Boga kunjungan wisatawan mengalami peningkatan, pada hari biasa bisa mencapai 50 orang. Saat ini belum dipungut tiket masuk.

Apalagi dengan banyaknya event yang digelar atau dipusatkan di wisata yang berada di Kecamatan Muara Samu itu, seperti Gowes Eksplore Gunung Boga. Dirinya menuturkan gelaran tersebut salah satu upaya pemerintah dalam mengenal Gunung Boga lebih luas lagi.

"Ke depannya dengan banyaknya event yang dilaksanakan di Gunung Boga kami pastikan bakal lebih banyak lagi pengunjung, karena semakin dikenal," ujar Sukatmin.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat