uefau17.com

Gibran Rakabuming Raka Bakal Nonton Pertandingan Piala Dunia U-17 di Stadion Manahan Solo - Lifestyle

, Jakarta - Pertandingan Piala Dunia U-17 sudah di depan mata. Ajang FIFA ini bakal terselenggara pada 10 November hingga 2 Desember 2023 dengan empat stadion di empat kota telah ditetapkan sebagai arena pertandingan Piala Dunia U-17 2023.

Keempat stadion itu antara lain Stadion Si Jalak Harupat di Soreang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, kemudan Jakarta International Stadium (JIS) di Sunter, Jakarta Utara, Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, serta Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur.

BACA JUGA: Program Makan Bergizi Gratis Prabowo-Gibran Telan Anggaran Rp 71 Triliun
BACA JUGA: Makan Gratis Bergizi Rp 71 Triliun, APBN Kuat atau Jebol?

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan jadi salah seorang yang akan menyaksikan pertandingan Piala Dunia U-17 2023 pada hari pertama di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat, 10 November 2023. "Malam nonton," kata Gibran di Solo, Kamis (9/11/2023), dikutip Antara.

Kesebelasan Spanyol bermain melawan Tim Nasional Kanada pada pukul 19.00 WIB pada pertandingan hari pertama. Walau begitu, ia memastikan tidak menyelenggarakan acara nonton bareng seperti yang biasa dilakukan di Halaman Balai Kota Surakarta.

"Nonton bareng enggak harus beli tiket. Kan ditayangkan di TV juga," tambahnya.

Gibran menjelaskan telah meminta masyarakat Kota Solo untuk berpartisipasi dalam menyemarakkan pertandingan Piala Dunia U-17. Ia juga mengajak para siswa sekolah dan suporter Persis Solo untuk menonton pertandingan Piala Dunia.

"Pasti, dari Pasoepati juga ada kuota (penonton)," katanya.

Stadion Manahan Solo menjadi homebase Grup B, yakni Kanada, Mali, Spanyol, Uzbekistan. Stadion yang sama juga akan menjadi lokasi duel babak 16 besar hingga partai final.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelang Piala Dunia U-17 2023, PT KAI Catat Kenaikan Penumpang sampai 26 Persen

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat terjadi peningkatan volume penumpang kereta api jarak jauh menjelang diselenggarakannya Piala Dunia U-17 2023 yang akan berlangsung di empat kota di Indonesia. Tercatat tiket kereta api jarak jauh untuk hesok hari sudah terjual sebanyak sekitar 68 ribu tiket, naik 26 persen dibanding dengan pekan sebelumnya atau sebanyak sekitar 54 ribu tiket pada Jumat, 3 November 2023.

Menurut VP Public Relations PT KAI Joni Martinus, dalam keterangan resmi di Jakarta, pihaknya akan terus memantau perkembangan terkait dengan dinamika pemesanan tiket menjelang Piala Dunia U-17 2023. "Tentu kami akan mendukung penuh proses perpindahan atau transportasi penumpang antarkota di wilayah Jawa khususnya, dalam rangka menyukseskan Piala Dunia tersebut. Hal ini tentu menjadi kebanggaan kita semua," terang Joni, dilansir dari laman resmi PT KAI, Rabu, 8 November 2023.

KAI juga sudah menyiapkan antisipasi apabila terjadi lonjakan penumpang sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023, temasuk jika ada wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin menggunakan transportasi kereta api ke kota penyelenggara Piala Dunia.

3 dari 4 halaman

Dukungan Gelaran Piala Dunia U-17

"Sejauh ini armada yang kami siapkan di semua daerah operasi masih bisa mengakomodir permintaan masyarakat dan tentu akan terus dievaluasi. Artinya kalau memang nantinya ada lonjakan penumpang, saat gelaran ini dilaksanakan, tentu kami akan melakukan berbagai usaha untuk bisa mengakomodir semuanya," ujarnya.

Sebagai salah satu dukungan KAI terhadap gelaran Piala Dunia U-17 2023 yang bertepatan dengan momen Hari Pahlawan, KAI menghadirkan Promo Patriotrip di mana KAI menyediakan total 25.000 tiket kereta api dengan potongan harga 25 persen yang dapat dipesan oleh masyarakat.

Promo Patriotrip ini berlangsung pada periode pemesanan dari 8 sampai 10 November 2023, untuk keberangkatan kereta api tanggal 13 sampai 30 November 2023. Tiket promo tersebut dapat dibeli di seluruh kanal resmi pemesanan tiket KAI kecuali di loket stasiun.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir beberapa waktu lalu mengumumkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) disiapkan sebagai moda transportasi penghubung dua venue Piala Dunia U-17 2023, Jakarta dan Bandung. Dia mengatakan, hal ini bakal jadi kejutan bagi peserta Piala Dunia U-17. Soalnya peserta belum diberitahu soal ini sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Whoosh Jadi Penghubung 2 Venue Piala Dunia U-17

"Nanti untuk Jakarta-Bandung sudah ada moda transportasi yang luar biasa, kereta cepat yang sebelumnya kita tidak memberitahukan ke mereka (peserta Piala Dunia U-17)," kata Erick Thohir seperti dikutip Antara, 5 Oktober 2023. Erick mengapresiasi sikap FIFA yang membuka opsi untuk menggunakan KCJB sebagai transportasi penghubung dua venue Piala Dunia U-17.

Hal ini dapat mempercepat mobilitas dan menghemat waktu. KCJB diberi nama Whoosh, singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat itu merupakan kereta berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dapat melaju hingga kecepatan 350 kilometer per jam.

Erick mengatakan bahwa KCJB merupakan bentuk peningkatan pelayanan transportasi publik. Dengan kereta cepat, masyarakat dapat menuju wilayah Bandung-Jakarta dengan waktu yang singkat dan bebas kemacetan di jalan raya. Whoosh menawarkan efisiensi dari segi waktu.

Menurut Erick, kehadirannya KCJB akan sangat membantu penyelenggaraan Piala Dunia U-17, terutama berkaitan waktu yang hemat saat terjadi mobilisasi orang di dua kota tersebut. "Buat 10 November siap transportasi ke sana ke sini, waktunya hanya 45 menit, jadi sangat cepat," katanya.

Ia menambahkan waktu tempuh perjalanan yang kurang dari satu jam amat efektif memudahkan tim-tim peserta, personel Local Organizer Committe (LOC), dan juga FIFA untuk berpindah kota saat Piala Dunia U-17 berlangsung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat