uefau17.com

Survei: Punya Pasangan dengan Visual Menarik Tapi Selingkuh, Apakah Akan Dimaafkan? - Lifestyle

, Jakarta - Topik tentang perselingkuhan kembali ramai menjadi perbincangan setelah sejumlah figur publik ikut terseret dalam waktu yang berdekatan pada paruh pertama tahun 2023 ini. Ada yang masih menjadi rumor tanpa kejelasan, ada pula yang memang terbukti hingga mempengaruhi rumah tangganya.

Terbaru adalah kabar perselingkuhan adik Raffi Ahmad, Syahnaz Sadiqah. Syahnaz yang merupakan istri Jeje Govinda dikabarkan berselingkuh dengan lawan mainnya di sinetron, Rendy Kjaernett. Isu perselingkuhan keduanya diungkap oleh istri sah Rendi, Lady Veronica Nayoan lewat akun Instagram-nya.

Tentu isunya membuat warganet kaget, terlebih lagi Syahnaz Sadiqah telah menikah dan memiliki anak. Publik mungkin banyak yang bertanya-tanya kenapa pasangan artis yang dikenal punya wajah rupawan, cantik dan tampan, bisa berselingkuh. Lalu apakah mereka akan dimaafkan pasangannya masing-masing jika terbukti?

Melalui sebuah survei yang diadakan Cabaca bersama Jakpat setidaknya kita bisa mendapat bayangan dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dalam keterangan tertulis yang diterima , Kamis, 22 Juni 2023, Cabaca dan Jakpat membuat survei terbaru bertajuk “Loving and (Then) Cheating” yang mengulik lebih jauh mengenai topik perselingkuhan.

Menurut hasil survei tersebut sebesar 83,98 persen responden tidak akan memaafkan pasangannya jika berselingkuh meskipun memiliki visual atau tampilan fisik yang tampan atau cantik. Di sisi lain, sebesar 16,02 persen memilih memaafkan pasangannya yang memiliki visual yang tampan atau cantik.

Hal ini dilakukan dengan berbagai alasan, seperti memberikan kesempatan kepada pasangan untuk berubah, masih adanya rasa sayang. Selain itu akan memaafkan jika pasangan berjanji untuk tidak berselingkuh lagi, hingga tergantung seberapa jauh perselingkuhan itu terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah Pasangan Selingkuh

Sebaliknya, para responden yang memilih tidak memaafkan pasangannya berpendapat jika visual yang tampan atau cantik tidak ada hubungannya dan tidak berpengaruh karena pengkhianatan yang sudah dilakukan pasangan membuat kepercayaan dalam hubungan menghilang. Mereka akan merasa sulit untuk percaya lagi karena selingkuh tidak dibenarkan.

Mengenai bagaimana cara untuk mencegah pasangan atau diri sendiri selingkuh, para responden berpendapat jika selingkuh bisa dicegah salah satunya dengan menjaga komunikasi. Selain itu harus ada rasa saling percaya, memperlakukan pasangan sebaik mungkin, saling berkomitmen dan menghargai, tidak memberi banyak peluang untuk orang ketiga, hingga mencari tahu ketertarikan pasangan terhadap kita dan meng-upgrade diri sesuai yang diinginkan pasangan.

Lebih lanjut, mengenai kasus yang melibatkan public figure, isu perselingkuhan menjadi sering dibahas dan menjadi sorotan. Dari situ menanggapi kasus perselingkuhan yang terjadi saat ini sebanyak 65,80 persen responden memilih lebih berhati-hati dalam menjalin relationship. Lalu sebesar 12,55 persen responden berpendapat jika hal tersebut tidak berpengaruh sama sekali, kemudian diikuti 11,26 persen yang tetap menjalin hubungan, dan 10,39 persen responden memilih tetap single.

Tahun lalu, serial Layangan Putus yang diangkat dari novel dengan judul yang sama mengangkat isu perselingkuhan dan berhasil menarik perhatian publik. Nyatanya banyak karya-karya lainnya yang juga mengangkat topik perselingkuhan yang dikemas dengan baik, dan dinikmati oleh para pembaca.

 

3 dari 4 halaman

Pengalaman Selingkuh dan Diselingkuhi

Menurut Citra Ayuning Tyas, salah satu editor Cabaca yang diwawancarai secara daring pada Selasa, 20 Juni 2023, umumnya, tujuan pembaca membaca cerita fiksi adalah untuk sejenak ‘lari’ dari rutinitas hidup. Lalu, beberapa survei membuktikan sebagian besar orang Indonesia pasti punya pengalaman selingkuh atau diselingkuhi.

Dengan membaca karya yang bertema perselingkuhan mungkin orang-orang tersebut bisa sedikit merasakan kehidupan alternatif di mana keputusan yang mereka buat dalam hidupnya terkait perselingkuhan ini ‘diterapkan’ atau ‘tidak diterapkan’ dalam sebuah cerita.

"Pembaca nantinya pasti akan mendapat perspektif baru bagaimana menyikapi sebuah hubungan, pengkhianatan dan kekecewaan,” terang Citra.

Konten-konten di platform Cabaca pun tidak luput dari topik-topik yang diminati oleh para pembacanya. Salah satunya topik perselingkuhan yang dikemas dengan baik dengan melalui proses kurasi. Novel-novel ini menggambarkan bagaimana sebuah hubungan dengan pasangan yang penampilan visualnya menarik, tapi karena pengkhianatan membuat hubungan ini tidak berjalan sesuai harapan.

4 dari 4 halaman

Antara Niat Selingkuh dan Visual Menarik

Sebut saja novel 'Perempuan yang (Tak) Sempurna' karya Mei Shin Manalu, novel Affair with Bastard CEO karya Yuuki Ahmad, novel 'How to Move On in 7 Days' karya Rina Sui, novel 'Loving Alexander' karya Suwati Van Rooij, 'Cleopatra' karya Ivy Nata, hingga novel 'Come Back Home' karya Pingumerah.

Kita mungkin sering mendengar celetukan, pantas saja selingkuh soalnya orangnya ganteng atau cantik jadi banyak yang suka. Ada pula celetukan tentang betapa enaknya punya pasangan yang menarik secara visual.

"Padahal ya niat selingkuh tidak hanya menjangkiti orang yang visualnya menarik aja kan? Atau ya justru karena visualnya menarik, mungkin akan semakin challenging mempertahankan hubungan," ucap Fatimah Azzahrah, Co-Founder Cabaca saat diwawancarai secara daring pada Selasa, 20 Juni 2023.

Memaafkan perselingkuhan mungkin berat tapi dapat dilakukan jika pasangan berkomitmen untuk memperbaiki hubungan dan mencegah diri sendiri untuk tidak melakukan hal yang sama kedepannya. "Namun terlepas bagaimana visualnya, masih banyak orang yang berbesar hati mau memaafkan pasangannya," sambungnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat