uefau17.com

Perjalanan Karier Suho EXO yang Berulang Tahun ke-32 pada 22 Mei 2023, Sempat Diterpa Skandal Pinjam Sepatu - Lifestyle

, Jakarta - Suho EXO tengah jadi sorotan di jagat maya karena merayakan ulang tahun ke-32 hari ini, Senin (22/5/2023). Suho lahir pada 22 Mei 1991 di Yeongdeungpo-gu, Seoul, Korea Selatan.

Suho EXO lahir dengan nama lengkap Kim Jun-myeon. Namun, ia lebih dikenal dengan nama panggung Suho yang berarti "pelindung" dalam bahasa Korea.

Suho merupakan leader dari boy group EXO dan sub-unit EXO-K. Ia memulai debut sebagai solois pada 30 Maret 2020 dengan meluncurkan EP bertajuk "Self-Potrait".

Suho adalah penduduk asli Seoul dan tinggal di daerah Apgujeong Seoul bersama keluarganya. Semasa kecil, Suho adalah ketua kelas di sekolah dasar dan wakil ketua organisasi siswa sekolahnya.

Ia lulus dari Whimoon High School yang prestisius, dan tumbuh menjadi anak yang berprestasi secara akademis. Suho menjadi trainee melalui Sistem Casting SM Entertainment pada 2006 ketika berusia 16 tahun, setelah ditemukan di jalanan oleh manajer casting SM.

Pada 2007, ia berperan sebagai cameo dalam film Super Junior Attack on the Pin-Up Boys. Suho diperkenalkan sebagai anggota ke-10 dari EXO pada 15 Februari 2012.

Grup ini memulai debutnya pada April 2012 dengan permainan panjang Mama dengan dia sebagai pemimpin mereka. Pada 2013, Suho menyuarakan karakter utama Bernard untuk sulih suara bahasa Korea dari film animasi, Saving Santa.

Ia juga merekam soundtrack asli film dengan nama yang sama dengan Jung Eun-ji dari A Pink. Pada Februari 2014, Suho menjadi pembawa acara reguler untuk acara musik mingguan SBS Inkigayo bersama sesama personel EXO Baekhyun, anggota ZE:A Kwanghee, dan aktris Lee Yu-bi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Suho

Suho dan Baekhyun meninggalkan posisi mereka pada November 2014 untuk fokus pada perilisan album studio kedua Exo. Pada Januari 2015, ia membintangi musikal hologram milik SM Entertainment, School OZ, memainkan karakter Hans bersama rekan selabel Changmin, Key, Luna, Xiumin dan Seulgi.

Pada April 2015, dia menjadi anggota tetap dalam acara varietas KBS Fluttering India, mereka menjelajahi beberapa tempat di Mumbai, India. Pada bulan Maret 2016, Suho memulai debutnya di layar lebar dengan film indie One Way Trip, yang tayang perdana di Busan International Film Festival ke-20.

Pada April 2016, ia dipastikan akan membintangi web drama How Are U Bread. Serial ini dijadwalkan akan dirilis di Korea dan China. Pada Juli 2016, Suho dan sesama anggota Exo Chen merilis duet berjudul "Beautiful Accident" sebagai lagu latar asli untuk film Tiongkok dengan judul yang sama.

Suho berperan sebagai pemeran utama pria dalam drama spesial MBC The Universe's Star, bagian dari trilogi drama Three Color Fantasy pada Januari 2017 dan merekam soundtrack orisinal berjudul "Starlight" untuk drama tersebut.

3 dari 4 halaman

Ragam Kolaborasi

Pada Februari 2017, dia berkolaborasi dengan pianis jazz Song Young-joo di "Curtain", single terakhir dari musim pertama proyek Station. Pada September 2017, dipastikan bahwa Suho akan menjadi pemeran utama pria dalam film Female Middle Schooler A.

Dari Desember 2017 hingga Maret 2018, Suhi berperan sebagai Putra Mahkota Rudolf dalam musikal The Last Kiss. Pada Maret 2018, Suho berkolaborasi dengan Jang Jae-in dan merilis dua lagu duet berjudul "Dinner" dan "Do you have a moment".

Pada Mei 2018, Suho kembali ke layar kaca dengan adaptasi Korea Selatan dari drama Jepang 2012 Rich Man, Poor Woman, memainkan peran sebagai pendiri perusahaan IT (diperankan oleh Shun Oguri dalam bahasa aslinya). Suho juga membintangi "Student A", sebuah film yang diadaptasi dari webtoon, dirilis pada Juni 2018. Dari Juli hingga Agustus 2018, Suho membintangi musikal The Man Who Laughs sebagai Gwynplaine, karakter murni dengan wajah seperti monster.

Pada 28 Oktober 2019, Film VR berjudul "The Present" dirilis di mana Suho berperan sebagai pengusaha muda Ha-Neul, bersama dengan aktor seperti Shin Ha-Kyun dan Kim Seul-gi. Pada 30 Maret 2020, Suho merilis EP debutnya, Self-Portrait dan single utamanya "Let's Love", menjadi anggota Exo keempat yang memulai debutnya sebagai artis solo.

4 dari 4 halaman

Wamil hingga Karier Kini

EP debut di nomor satu di Tangga Album Gaon dan memenangkan ketiga acara musik utama di siaran Korea selama seminggu dan menjadi anggota Exo pertama yang melakukannya. Pada 14 Mei, Suho mendaftar untuk wajib militernya sebagai petugas pelayanan publik. Dia selesai wamil pada 13 Februari 2022.

Pada 10 Maret 2022, dipastikan bahwa Suho akan merilis mini album keduanya Grey Suit dan single utamanya dengan nama yang sama pada 4 April 2022, yang merupakan comeback pertamanya setelah keluar dari militer. Album debutnya di posisi kedua di chart album iTunes di seluruh dunia, mencapai posisi pertama di chart 'Album Teratas' iTunes di total 33 negara.

Pada 23 Oktober 2022, aktor-penyanyi Thailand Mew Suppasit merilis singelnya, "Turn Off The Alarm", sebuah kolaborasi dengan Suho. Pada 27 Oktober 2023, Suho merilis "Call me a Freak", sebuah single dari soundtrack asli untuk serial televisi Korea Bad Prosecutor, yang dibintangi oleh sesama anggota Exo D.O. Pada Maret 2023, terungkap bahwa Suho telah berperan sebagai peran utama dalam produksi musik Korea Selatan 'Mozart!', yang akan berlangsung dari Juni hingga Agustus di Sejong Center di Seoul.

Perjalanan karier Suho tidak selalu mulus. Namanya sempat tersangkut dalam rumor idol yang diduga tak mengembalikan sepatu milik stylist. Jumlahnya mencapai 300 pasang yang diperkirakan bernilai 100 juta won atau sekitar Rp1,2 miliar.

Rumor itu bermula saat seorang stylist membagikan unggahan lewat akun Instagramnya tentang seorang idol yang diminta untuk mengembalikan sepatu-sepatu mereka pada awal pekan ini. "Kembalikan mereka semua tanpa ada satu pun yang tertinggal. Aku muak dengan ini. Apa alasanmu tak mengembalikannya?" tulisnya dalam unggahan itu, dikutip dari Koreaboo, Jumat, 24 Februari 2023.

Pihak agensi pun bereaksi dengan mengambil tindakan hukum. Mereka membantah isu yang beredar dengan menyebutnya sebagai pencemaran nama baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat