uefau17.com

Mengapa Orang Dewasa Masih Jerawatan Menurut Dokter? - Lifestyle

, Jakarta - Kebanyakan orang berpikir bahwa setelah dewasa mereka tidak akan lagi mengalami masalah jerawat. Faktanya, 11,5 persen orang dewasa di Inggris saat ini menderita jerawat.

Mengutip dari The Sun, Senin 16 Januari 2023, lebih dari sepertiga orang pernah Inggris mengalami jerawat dalam hidup mereka, menurut penelitian yang dilakukan oleh click2pharmacy. Penelitian yang sama juga menemukan bahwa dalam 12 bulan hingga Januari 2022, NHS Inggris menghabiskan 22,7 juta pounsterling atau setara Rp418,2 miliar untuk perawatan jerawat topikal.

Dr David Jack, seorang dokter kulit dan mengatakan jerawat dewasa adalah salah satu kondisi kulit yang paling umum terlihat di masa dewasa. Menurutnya, seringkali penyebab kondisi kulit yang meradang tidak jelas, walau pada beberapa orang penyebab kekambuhan jerawat bisa diidentifikasi.

Dia menjelaskan jerawat dipicu oleh kolonisasi bakteri yang dikenal sebagai P. Acne atau C. Acne di kelenjar yang tersumbat. Bakteri ini yang menyebabkan peradangan dan lingkaran setan komedo dan komedo putih.

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) pada wanita, faktor gaya hidup seperti merokok, tingkat stres, riwayat keluarga, dan penggunaan perawatan kulit merupakan faktor penyebab potensial jerawat. Jika Anda berjerawat saat remaja, Dr David mengatakan secara statistik orang tersebut juga berisiko lebih tinggi untuk mengalaminya saat dewasa.

"Dalam beberapa kasus, jerawat dewasa ini sebenarnya dianggap sebagai 'kambuh' dari kondisi yang mendasarinya. Ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan dasar imunologis yang mendasari yang kemudian diperburuk oleh pemicu eksternal," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kesehatan Usus

Anda masih berjuang untuk menaklukkan jerawat? Dr David membagikan tipsnya untuk mengatasi kondisi kulit yang sering melemahkan kepercayaan diri ini. Berikut adalah rangkumannya:

1. Perhatikan Kesehatan Usus 

"Ada semakin banyak bukti tentang hubungan antara kesehatan usus dan peradangan jerawat," ungkap Dr David.

Meskipun tidak sepenuhnya bisa dipahami, penyebabnya diduga terkait dengan gangguan pada mikrobioma usus normal dan/atau faktor makanan terkait yang dapat menyebabkan peradangan. "Ada hubungan antara jerawat dengan asupan produk hewani yang tinggi, terutama produk susu," katanya.

Ia mengatakan, produk susu khususnya dianggap mengandung tingkat senyawa seperti hormon seks yang lebih tinggi, serta relatif menyebabkan peradangan di usus. Hal ini diyakini menyebabkan peningkatan tingkat peradangan pada kulit. 

Dr David mengatakan penting untuk mempertimbangkan berbagai hal dari dua perspektif. Pertama dengan menambahkan bakteri yang kita inginkan dengan probiotik dan suplemen yang mengandung bakteri 'baik' hidup yang kita inginkan untuk menjajah usus.

"Secara umum, Anda harus mencari suplemen yang mengandung sekitar 30 miliar unit pembentuk koloni (CFU) dan campuran Lactobacillus dan Bifidobacterium," jelasnya. 

Pertimbangan kedua adalah memberi makan bakteri baik apa yang mereka suka, untuk membantu mereka berkembang. "Prebiotik termasuk makanan fermentasi seperti acar sayuran, kombucha, kefir, sayuran mentah, terutama akar sawi putih, daun bawang, bawang merah, artichoke Yerusalem dan asparagus, serta bawang putih mentah," kata Dr David.

3 dari 4 halaman

2. Makanan Kaya Antioksidan

"Makanan kaya antioksidan termasuk buah dan sayuran berwarna cerah, daun hijau, kacang-kacangan dan teh tertentu,” kata Dr David.

Ini dapat membantu menurunkan peradangan dan pada gilirannya menurunkan risiko jerawat. Selain itu, sebagian besar nabati bisa memaksimalkan tingkat antioksidan dan bahan kimia anti-inflamasi dalam makanan.

"Saya umumnya juga akan menyarankan orang untuk menghindari makanan bergula, olahan dan, meskipun belum ada bukti pasti untuk ini, diet rendah daging, khususnya daging olahan," paparnya.

Dr David juga memperingatkan untuk menghindari makanan yang dimasak dengan proses pemanasan kering, seperti menggoreng dan memanggang. Umumnya, makanan ini tinggi molekul reaktif dan Advanced Glycation End Products (AGEs), sehingga teknik memasak seperti mengukus dianggap lebih baik.

3. Suplemen

Dr David mengatakan ada "bukti kuat" yang mendukung penggunaan antioksidan oral tertentu untuk kesehatan kulit. Hal ini termasuk vitamin C dan E, asam lemak Omega-3, retinoid (seperti vitamin A) dan jejak logam (seperti seng). "Penting untuk mengambil sudut pandang holistik dan memikirkan diet secara keseluruhan dan bagaimana hal ini dapat berhubungan dengan peradangan pada kulit," kata Dr David. 

4 dari 4 halaman

4. Pertimbangkan Stres

Jika hidup terlalu sibuk dan merasa kewalahan atau mengalami trauma emosional dan/atau fisik, Anda mungkin mengalami stres. "Jerawat orang dewasa juga terkait dengan peningkatan tingkat stres, jadi suplemen seperti adaptogen dan nootropik yang membantu menyeimbangkan tingkat stres dapat membantu aspek ini," kata Dr David.

Tidur yang cukup, olahraga, dan istirahat juga penting bicarakan dengan orang yang Anda kasihi atau dokter jika Anda merasa stres kronis. Selain itu, stres dapat diatasi dengan banyak cara seperti minum herbal untuk menenangkan.

5. Rutinitas Perawatan Kulit

Produk dan bahan tertentu menawarkan pendekatan yang lebih bertarget dan dapat membantu mengurangi jerawat. Dr David merekomendasikan untuk mencari pembersih yang mengandung benzoil peroksida.

"Produksi sebum (minyak) yang berlebihan di kulit dapat diobati secara topikal menggunakan sejumlah bahan dalam perawatan kulit, seperti AHA (asam alfa-hidroksi), BHA (asam salisilat), retinoid, dan niacinamide -banyak di antaranya juga mengurangi peradangan pada kulit, yang pada gilirannya mengurangi risiko jaringan parut jangka panjang," jelasnya.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan retinoid, yaitu kelompok bahan perawatan kulit tertentu yang sangat berguna untuk jerawat. "Kekuatannya bervariasi dari bentuk sediaan yang dijual bebas dari retinyl ester hingga retinol dan asam retinoat," sambungnya.

Bahan tersebut menurutnya memiliki banyak manfaat untuk jerawat, termasuk pengaturan produksi sebum, penyumbatan pori, penghambatan bakteri jerawat, dan pengobatan hiperpigmentasi. Resep retinoid, seperti tretinoin atau tazarotene, juga merupakan pilihan meskipun Dr David memperingatkan ini mungkin perlu diperkenalkan ke kulit secara bertahap karena dapat menyebabkan kulit kering, bersisik dan sensitif.

6. Opsi Lanjutan

"Terapi medis yang lebih canggih tersedia untuk kasus-kasus yang tidak terkontrol menggunakan perawatan topikal, termasuk antibiotik oral, retinoid oral (roaccutane) dan beberapa perawatan berbasis laser untuk mengurangi bakteri di permukaan kulit, seperti TheraClear," kata Dr David.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat