uefau17.com

Inovasi Peneliti Indonesia Temukan Teknologi yang Ampuh Usir Jerawat - Health

, Jakarta Peneliti Indonesia mempresentasikan teknologi yang mampu mengusir jerawat hingga rumahnya atau disebut biofilm ke ratusan dokter dan peneliti dunia dalam gelaran International Microbiome Congress 2024 di Lee Kong Chian School of Medicine, NTU Singapura pada awal Mei 2024.

Peneliti Indonesia yang berasal dari tim Research and Development (R&D) Labore ini mengungkapkan bahwa teknologi tersebut bernama Acne Prebiome Technology.

Teknologi tersebut kemudian diaplikasikan dalam rangkaian produk Labore Acne ProBiome. Lewat uji klinis diketahui bahwa  produk series tersebut mampu menyembuhkan jerawat sampai ke lapisan biofilm. Dengan menghancurkan biofilm tersebut, jerawat jadi tidak muncul lagi seperti disampaikan Labore dalam pernyataan tertulis yang diterima .

Uji Klinis pada 1.500 Wanita Rentan Berjerawat

Rangkaian produk Labore Acne ProBiome telah diuji pada lebih dari 1.500 wanita dengan kulit rentan berjerawat. Hasilnya, teknologi tersebut terbukti secara klinis dapat mengurangi berbagai tipe jerawat, mulai dari komedo hingga jerawat meradang.

"Jika kita hanya membunuh bakteri pada permukaan kulit, masih ada bakteri yang hidup di rumahnya atau yang biasa kita sebut dengan biofilm. Teknologi terbaru Labore ini dapat menghancurkan bakteri penyebab jerawat dari rumahnya sehingga jerawat tidak akan kembali lagi," kata salah satu tim R&D Labore, Christianti.

Peneliti mikrobiologi yang juga bagian dari tim R&D Labore, dokter Ayman Alatas mengatakan bahwa inovasi tersebut amat membantu orang yang berjerawat Indonesia.

"Inovasi terbaru dari Labore sangat luar biasa, ini adalah langkah besar dalam mengatasi masalah jerawat bagi para pejuang jerawat di Indonesia," kata Ayman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa Saja Penyebab Jerawat?

Jerawat atau secara medis disebut acne vulgaris adalah masalah yang kerap dihadapi perempuan maupun laki-laki.

Penyebab jerawat muncul terjadi lewat empat mekanisme. Pertama, ada penumpukan minyak lalu ada koloni bakteri. Ditambah dengan penumpukan kulit lalu ada peradangan.

Keempat mekanisme ini mutlak terpenuhi sebagai pemicu timbulnya jerawat. Jika salah satu mekanisme tersebut tidak terpenuhi maka jerawat tidak akan muncul.

Lalu, letak jerawat, tidak melulu di wajah. Jerawat dapat muncul pula di lengan, punggung dan dada.

 

3 dari 3 halaman

Tips agar Tidak Timbul Jerawat

Tips agar tidak timbul jerawat, khususnya bagi anak muda atau remaja adalah dengan mengetahui tipe kulit. Apakah kerign, sensitif, berminyak?

Langkah pertama agar remaja terhindar dari jerawat yaitu sering membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Usai berolahraga juga perlu membersihkan wajah. 

Langkah selanjutnya mencegah munculnya jerawat adalah menggunakan pelembap. Pada pemilik kulit berminyak memerlukan pelembap dengan jenis tertentu.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat