uefau17.com

5 Cara Menghilangkan dan Mencegah Komedo Membandel di Wajah - Citizen6

, Jakarta - Komedo adalah benjolan kecil di pori-pori yang bisa menjadi bakal jerawat. Komedo terbagi menjadi dua, yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). 

Permukaan komedo putih ditutupi oleh lapisan kulit, sehingga dapat berwarna putih. Sebaliknya, pada permukaan komedo hitam tidak tertutup lapisan kulit sehingga paparan udara dapat membuat warnanya menjadi hitam atau cokelat.

Komedo terbentuk ketika sel kulit mati dengan sebum menumpuk dan menyumbat pori-pori. Banyak hal yang menyebabkan komedo dapat tumbuh, yaitu seperti pola makan yang buruk, penggunaan produk untuk kulit yang tidak tepat, hingga adanya perubahan hormonal.

Meskipun komedo berukuran sangat kecil dan tidak terlihat apabila dari kejauhan, keberadaannya sangat mengganggu bagi banyak orang. Selain itu, untuk menghilangkan komedo juga bukanlah pekerjaan yang mudah dan instan. Perlu adanya usaha serta konsisten dalam melakukan perawatan untuk membasmi komedo.

Bagi kamu yang ingin menghilangkan komedo, berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan AHA atau BHA

AHA dan BHA adalah kandungan yang dapat memberikan manfaat untuk perawatan kulit. Kamu bisa menemukan senyawa AHA dan BHA pada beberapa unsur paling populer seperti salicylic acid, lactic acid, dan citric acid.

Pilihan kandungan lain dalam keluarga AHA yang bagus untuk menghilangkan komedo adalah glycolic acid. Senyawa ini dapat berfungsi sebagai eksfoliator yang bagus, terutama untuk menghilangkan lapisan sel kulit mati serta komedo yang membandel.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Gunakan Kandungan Retinoid

Retinoid adalah kandungan yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga tidak berkumpul dan menyumbat pori-pori. Dengan kata lain, selain untuk mencegah jerawat, retinoid juga dapat mengurangi bekas jerawat dan hiperpigmentasi.

3. Lakukan Eksfoliasi Rutin

Eksfoliasi kulit adalah bagian yang cukup penting dalam langkah skincare rutin. Cobalah lakukan eksfoliasi dengan intensitas yang rendah terlebih dahulu, seperti seminggu 2 kali. Apabila kondisi kulit sudah terbiasa, maka eksfoliasi bisa dinaikkan menjadi 3 kali seminggu atau 2 hari sekali.

Sebelum melakukan eksfoliasi, pastikan kamu telah memilih produk yang sesuai. Jangan lupa membersihkan wajah serta mengeringkannya terlebih dahulu sebelum menuangkan produk eksfoliasi.

Penggunaan moisturizer juga sangat penting agar kulitmu dapat terhidrasi dengan baik selama proses eksfoliasi. Lakukan eksfoliasi pada malam hari dan wajib menggunakan sunscreen di keesokan paginya.

3 dari 3 halaman

4. Gunakan Produk Skincare dan Makeup yang Tepat

Penggunaan produk skincare atau makeup yang tepat seringkali dapat menimbulkan permasalahan baru, termasuk komedo. Saat ini sudah banyak brand makeup yang paham dengan hal ini, sehingga produk tersebut didesain non-komedogenik. 

Dengan memiliki produk yang telah melewati uji non-komedogenik, maka produk jenis ini dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori. Dengan begitu, komedo pun akan semakin berkurang.

5. Perawatan di Klinik Kecantikan

Langkah terakhir yang dapat kamu lakukan jika ingin menghilangkan komedo dengan lebih cepat dan efektif, manfaatkanlah klinik kecantikan di sekitar kamu. Bantuan dari ahli atau profesional dengan alat yang canggih dapat membantu kamu menghilangkan komedo dengan lebih efektif.

Tidak hanya itu, dengan pergi ke klinik, kamu juga bisa mengkonsultasikan masalah kulit kamu agar selanjutnya mendapatkan tindakan yang sesuai. Sesuaikan tindakan yang ingin dilakukan dengan permasalahan dan kesanggupanmu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat