uefau17.com

Alasan PDIP Pilih Warna Merah Sebagai Warna Utama, Selalu Waspada Terhadap Ancaman - Lifestyle

, Jakarta - Hari ini Selasa (10/1/2023), partai politik PDIP tengah memperingati hari jadinya yang ke- 50. Peringatan HUT ke-50 PDIP tersebut digelar di JIExpo Kemayoran Jakarta.

PDIP termasuk salah satu partai paling ikonik karena identik dengan dua kata yaitu banteng dan warna merah. Tiap kita menyebut lambang banteng, hampir pasti yang dibicarakan selain sila ke-4 Pancasila adalah logo PDIP. Lambang atau logo PDIP berupa gambar banteng hitam bermoncong putih dengan latar merah di dalam lingkaran bergaris hitam dan putih.

Kenapa PDIP memilih banteng bukan hewan lain seperti sapi atau kerbau?  Melansir dari laman resmi PDIP dan berbagai sumber lainnya, ada filosofi tertentu mereka memilih banteng sebagai logo, salah satunya adalah mengikuti lambang Pancasila sila ke-4.

Mata banteng dalam logo PDIP juga berwarna merah karena mata merah diartikan dengan pandangan tajam melambangkan selalu waspada terhadap ancaman dalam berjuang.  Sedangkan warna dasar merah melambangkan berani mengambil risiko dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran untuk rakyat.

Sementara moncong putih melambangkan dapat dipercaya dan berkomitmen dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran. Di peringatan HUT ke-50 PDIP di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan putrinya, Puan Maharani tampil dengan gaya berbeda.

Di sederet foto, Presiden ke-5 RI itu terlihat formal dengan kemeja bernuansa merah dan hitam, warna yang identik dengan partai politik pimpinannya. Atasan itu dipadukan dengan celana panjang hitam berpotongan lurus dan flat shoes serasi.

Rambut hitam pendeknya ditata rapi tanpa penambahan aksesori tertentu. Sementara, di tangan kanan dan kirinya, Megawati memakai aksesori, termasuk gelang giok dan jam tangan hitam bertali kecil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakaian Berwarna Merah

Di sisi lain, Puan Maharani memilih tampilan serba hitam dengan padanan kemeja lengan 3/4 dan celana panjang berwarna senada. Rambut hitam panjangnya ditata dalam kepang susun nan rapi. Namun, mereka kompak dengan hanya memulas makeup sangat tipis tanpa warna lipstik mencolok.

Melansir laporan kanal News , sejak pagi hari ribuan kader PDIP telah datang memasuki arena HUT PDIP. Mereka mengenakan pakaian berwarna merah.  Selain itu, ribuan Satgas Cakra Buana juga telah berkumpul di halaman depan Jiexpo Kemayoran. Mereka menyanyikan yel-yel penyemangat menyambut HUT emas partai berlambang banteng moncong putih itu.

Warna merah sendiri termasuk warna paling populer di seluruh dunia.  Di dunia olahraga misalnya, warna merah punya peran yang unik tapi signifikan terhadap lawan mereka. Ditambah lagi kesuksesan rata-rata tim sepak bola yang memakai jersey berwarna merah lebih tinggi daripada warna lainnya.

Pada sebuah jurnal yang dikutip oleh sebuah artikel di panditfootball.com, tim-tim dari kasta tertinggi dan kedua Liga Inggris terhitung sejak tahun 1947 sampai 2003 memiliki presentase sukses yang lebih besar jika memakai warna merah.

 

3 dari 4 halaman

Tim Juara

Hal itu terjadi pada tim atau klub yang memang menggunakan warna merah sebagai jersey pertama mereka. Terhitung dari 66 kali juara Liga Inggris, sebanyak 42 kali di antaranya mengenakan seragam merah, di antaranya Liverpool, Manchester United, dan Arsenal.

Selain di Inggris, kesuksesan tim yang memakai warna merah juga tak terbantahkan di kancah Eropa. Dominasi yang terjadi selalu dilakukan oleh tim yang menggunakan kostum merah, di antaranya Bayern Munchen (Jerman), AC Milan (Italia), Benfica (Portugal), Atletico Madrid (Spanyol) dan Ajax (Belanda). Mereka berjaya di Eropa sehingga mampu mengharumkan negara asal mereka masing-masing.

Warna merah dianggap sebagai lambang keberanian, kuat, tegas, semangat berkobar, semangat membara, aktif, dominan, hidup, bahkan cinta kasih. Warna merah ini menggambarkan kepribadian yang berani, kuat, sehingga cocok jadi pemimpin.

Warna merah juga bisa dikaitkan dengan pernikahan. Memilih pernikahan bernuansa merah, dari perspektif psikologi warna berarti semangat, energi dan kegembiraan. Bila warna ini dominan, Anda dan pasangan mencirikan diri sebagai ekstrovert, percaya diri dan optimis.

4 dari 4 halaman

Menarik Perhatian

Seperti dikutip dari kanal Health yang melansir Empower-yourself, 4 September 2015, merah adalah warna yang menarik perhatian siapapun. Jadi, warna ini cukup diminati pasangan. Biasanya mereka mendominasi seperti pada bunga, perangkat makan dan sebagainya. Warna ini pun dipercaya sebagai antusiasme bagi kehidupan dan pasangan hidup yang memiliki pemikiran maju kedepan.

Dalam pernikahan, merah dapat dikombinasikan dengan burgundy, maroon, Crimson atau scarlet yang membuat langkah masa depan lebih bijaksana dan bergairah. Yang menarik, sejumlah sumber menyebutkan, merah identik dengan ambisi dan tekad. Artinya, kemauan keras pasangan agar saling memberikan kepercayaan. Ini juga warna seksualitas dan dapat merangsang gairah cinta atau seks sekalipun.

Pada budaya China, merah adalah warna keberuntungan karena melambangkan kemurnian dan mereka sering menggunakan warna ini pada gaun pernikahan.

Warna merah juga punya sisi positif dan negatif. Sisi positif: melambangkan kecekatan, energi dan kecepatan, menarik perhatian, tegas dan percaya diri, merangsang, menarik, kuat, bersemangat, berani, dan spontan.

Sedangkan sisi negatifnya, agresif dan mendominasi, melelahkan, cepat marah, kejam, takut dan tidak toleran, memberontak, keras kepala, dan brutal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat