uefau17.com

Naik Kapal Feri dari Surabaya ke Balikpapan dengan Fasilitas Mirip Hotel, Harga Mulai dari Rp475 Ribu - Lifestyle

, Jakarta - Seorang pengguna TikTok bernama Andriawan Pratikto membagikan pengalamannya naik kapal feri dari Surabaya menuju Balikpapan. Ini adalah salah satu kapal penumpang terbesar dan termewah di Indonesia yang dioperasikan oleh PT Dharma Lautan Utama.

Kapal bernama K.M Dharma Ferry VII ini memiliki panjang sekitar 186 meter dan lebar 25 meter. Terdapat berbagai layanan kelas, mulai dari ekonomi seharga Rp475 ribu, kelas II Rp570 ribu yang bisa diisi maksimal empat orang per kamar dan kelas I Rp620 ribu maksimal diisi tiga orang per kamar, serta jenis kamar kelas VIP Rp675 ribu, maksimal tiga orang per kamar.

Saat itu Andriawan menaiki kapal mewah itu pada Jumat, 23 September 2022 pukul 20.00. Ia sudah ada di dermaga sore hari sambil menunggu kapal berangkat mampir dulu ke Surabaya Gate Away dengan suasana dan pemandangan yang menurutnya indah sekali.

"Kapalnya memiliki eskalator, dan tangga mirip di hotel," ungkap Andriawan di video TikTok, dikutip Selasa (11/10/2022).

Ia pun langsung pergi ke meja informasi untuk check in. Menurutnya sistemnya hampir sama seperti di hotel yang menunjukkan boarding pass, baru kemudian diberi kunci kamar dan petugas akan mengantarkan tamu menuju ke kamar.

"Saat aku masuk, enggak kayak kapal, mirip hotel ini. Ada dua kasur, TV, lemari, meja makan, sofa dan toilet yang dilengkapi dengan bathtub, serta air panas, keren banget temen-temen," sambungnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

31 Jam Menuju Balikpapan

Sementara itu, menurutnya perjalanan dari Surabaya menuju ke Balikpapan dengan kapal tersebut ditempuh 31 jam. Namun Andriawan mengaku tidak merasa bosan, Karena kapal ini memiliki fasilitas yang super lengkap, seperti live music, restoran, dan sesekali penumpang bisa menaiki dek atas untuk menikmati suasana senja di laut.

"Selama pelayanan di atas kapal tidak ada sinyal maupun internet tapi inilah poin plusnya, aku bisa ngobrol sama teman-teman lain tanpa gangguan hp. Teman-teman wajib coba," kata Andriawan lagi.

Selama pelayaran kita dapat makan tiga kali sehari, siang, sore dan malam yang diantarkan petugas kapal menuju kamar masing-masing. Menunya pun beragam supaya penumpang tidak bosan. Selama pelayaran penumpang bisa juga menjelajahi isi kapal, kalau lelah naik turun maka ada lift.

Di akhir video Andriawan mengatakan tiba pada Minggu, 25 September 2022 pukul 07.00 pagi kapal tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan. Ia mengingatkan untuk jangan lupa mengembalikan kunci kamar, sekalian mengambil deposit kamar.

 

 

3 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Video TikTok yang telah diberi tanda suka sebanyak 67,6 ribu itu telah disimpan 8625 kali oleh pengguna lainnya dan dibanjiri tanggapan warganet. Mereka pun ada yang bertanya apakah ada rute sebaliknya, yaitu Balikpapan ke Surabaya, warganet lainnya pun ada yang membalas dan menjawab kalau layanan itu ada dan dioperasikan perusahaan kapal yang sama.

"Berharap ada jalur Tarakan--Surabaya kaya KM TIDAR kaya dulu," tulis seorang warganet.

"Seandainya ada kapal kek gini rute jkt-fakfak bisa betah semingguan," komentar lainnya.

"Tanjung Priok--Bitung kapan?," harap pengguna lainnya.

"Konsepnya kamar hotel di kapar pesiar ini mirip banget dengan Titanic yang mewah," tulis warganet.

"Tahun depan mudik coba naik kapal ini lah dari Balikpapan Surabaya," tulis pengguna lainnya. 

Sementara itu ada pula warganet yang menanyakan cara memesan tiketnya. Seorang pengguna TikTok lainnya memberi balasan bahwa bisa dipesan melalui aplikasi DLU yang diundu melalui playstore. 

4 dari 4 halaman

Jumlah Wisman Kapal Pesiar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Singapura, Jumat, 30 September 2022. Agenda pertamanya adalah menemui Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong.

Keduanya membahas potensi wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung menggunakan kapal pesiar atau cruise untuk datang ke Indonesia. Potensi kerja sama wisata cruise ini diharapkan mampu menarik kunjungan wisman ke Indonesia.

Dalam pertemuan bilateral dengan Menteri Gan Kim Yong, Sandiaga menjelaskan pasar wisata kapal pesiar ke Indonesia sudah ada, hanya tinggal mengoptimalkan. Hal itu membutuhkan kolaborasi banyak pihak, termasuk memfasilitasi terkait regulasi untuk mengakselerasi.

"Kita baru saja membicarakan beberapa agenda untuk membahas potensi wisata kapal pesiar atau cruise yang bisa dikoneksikan ke Bintan kemudian berhenti di Belitung, dan lanjut ke Bali. Semoga ini bisa dikembangan untuk menjaring wisatawan mancanegara dan membangkitkan ekonomi di tanah air," ujar Sandiaga dalam rilis yang diterima , Sabtu, 1 Oktober 2022.

Menurut Sandi, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang menumpang satu kapal pesiar hampir enam kali lipat daripada yang datang menggunakan pesawat. Contohnya, Cruises Genting Dream memiliki total kapasitas 3.500 kamar dan Royal Caribbean Cruises mencapai 4.800 kamar.

"Sasaran kami adalah meningkatkan jumlah wisman dari kapal pesiar sebab potensinya masih sangat besar. Para wisatawan cruise ini bisa kita arahkan untuk berkunjung ke destinasi-destinasi serta ditawari produk-produk UMKM," kata Sandi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat