uefau17.com

Serunya Gowes hingga Berkemah di Desa Wisata Alamendah - Lifestyle

, Jakarta - Desa Wisata Alamendah terpilih sebagai juara dua kategori desa digital di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Kekayaan alam dan atraksi seru ada di dalam desa yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini.

Dilansir dari laman resmi Jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, Senin, 3 Januari 2022, pada awal 2019, tim pengelola Desa Wisata Alamendah berfokus pada pengembangan inovasi produk dan paket wisata. Paket aktivitas yang ditawarkan, mulai dari bertani, mengolah makanan dan suvenir, UMKM, berlatih pencak silat, mempelajari pengolahan kopi, hingga berkeliling kampung.

Atraksi yang ditawarkan sebut saja Alamendah Trip yang tarifnya mulai Rp165 ribu. Paket ini menawarkan pengalaman seru untuk wisatawan menyaksikan pertanian sayuran, peternakan, pengolahan dan kesenian yang jadi unggulan.

Ada pula wisata Alamendah Arboretum Park, sebuah objek wisata dengan daya tarik Curug Awi Langit. Selain menikmati wisata alam, pelancong juga bisa berkemah dengan tiket sebesar Rp20 ribu untuk tiket masuk dan wisata curug. Jika wisatawan ingin berkemah, dikenakan tambahan biaya sebesar Rp10 ribu.

Berlanjut dengan atraksi "Perjalanan Segelas Kopi", sebuah atraksi melihat pengolahan kopi dengan harga mulai Rp205 ribu. Susunan acara dimulai dengan berkumpul di Balai Desa Alamendah, menuju lokasi kebun, trekking menuju kebun kopi, menanam kopi sambil menikmati aroma wanginya bungakopi dan memetik langsung buah kopi yang siap panen .

Berlanjut wisatawan menuju saung kopi, memilih dan mengolah hasil kopi dari biji menjadi segelas kopi, makan siang nasi liwet, menikmati secangkir kopi, general review, dan kunjungan acara selesai. Desa wisata ini juga menyediakan atraksi gowes Ngagoes Ulin Kalembur.

Aktivitas ini dibanderol mulai Rp125 ribu. Wisatawan dapat menikmati serunya berwisata keliling desa sambil gowes. Nantinya, wisatawan juga bisa menyusuri pemukiman, kebun, pemandangan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kegiatan

Desa Wisata Alamendah juga menghadirkan atraksi Bird Watching dengan harga mulai Rp500 ribu. Ini adalah kegiatan pengamatan terhadap spesies burung liar.

Pengamatan dilakukan dalam hutan dengan mata telanjang ataupun dengan bantuan teropong binokular pun monokular. Jenis kegiatan ini termasuk dalam kegiatan wisata minat khusus yang dapat bermanfaat lingkungan dan edukasi.

Ada pula produk Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Karang Taruna di Desa Wisata Alamendah berupa lampion. Produk ini dijual dengan harga mulai Rp25 ribu. Tersedia pula paket kuliner dengan harga Rp25 ribu.

3 dari 4 halaman

Oleh-Oleh

Industri rumahan selain menjadi tempat oleh-oleh Desa Wisata Alamendah dikembangkan untuk menjadi atraksi wisata edukasi bagi pengunjung. Kegiatan yang ditawarkan pada proses pengolahan oleh-oleh ini mulai dari melihat proses, belajar membuat, mencoba hasil, hingga mengemas produk.

Sementara, produk hasil UMKM Desa Wisata Alamendah meliputi keripik stroberi gorengan bayam, sale pisang. Masing-masing produk dijual seharga mulai Rp10 ribu.

Bagi pecinta kopi, ada pula kopi luwak dengan harga mulai dari Rp100 ribu. Tersedia pula kopi arabika dengan harga mulai dari Rp20 ribu.

4 dari 4 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat