uefau17.com

Gandeng Desainer Lokal, Uniqlo Luncurkan Koleksi Batik untuk Dijual di Indonesia dan Malaysia - Lifestyle

, Jakarta - Uniqlo kembali melansir lini koleksi batik bertajuk Uniqlo Batik Motif 2021 Spring/Summer Collection. Koleksi tersebut didesain oleh Bai Soemarlono, desainer Indonesia sekaligus co-founder Populo Batik dan ohmmbybai.

Dalam rilis yang diterima , Kamis, 15 April 2021, koleksi tersebut bermisi menggeser stigma batik dari pakaian formal ke arah aksesibel dan versatile. Melalui pendekatan modern, desainnya dinilai mampu merepresentasikan bentangan warisan budaya Indonesia pada setiap potongan dengan insipirasi dari kondisi dunia saat ini.

Koleksi batik tersebut terbagi atas koleksi batik pria dan wanita. Selain dipasarkan di Indonesia sejak 12 April 2021, koleksi tersebut juga dihadirkan di Malaysia.

"Semua motif batik dipilih dan dirancang dengan makna serta nilai semangat yang positif, karena koleksi ini juga diluncurkan dengan pandangan ke depan pascapandemi," kata Bai Soemarlono.

Menurut Bai, semua motif batik dalam koleksi tersebut dapat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari. Walau begitu, setiap motif mengandung pesan dan hal baik bagi kehidupan manusia.

Dimulai dengan koleksi pria yang terdiri dari enam kemeja bernuansa warna tanah. Salah satunya menampilkan motif tales atau ketela, yaitu motif batik berbentuk tanaman bernutrisi dengan daun lebar yang menyerupai bentuk hati. Motif batik ini bisa diartikan sebagai harapan, pembaruan, dan kebangkitan, sekaligus simbol dari cinta.

Terdapat juga motif Swastika yang dalam bahasa Sansekerta berarti kesejahteraan yang kondusif. Oleh Hinduisme, motif tersebut menjadi simbol kemakmuran, keberuntungan yang baik, keilahian,dan spiritualitas.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koleksi Wanita

Selain kedua motif itu, terdapat empat motif lainnya di kemeja pria, yakni parang, kubus, sisik ikan, dan bunga lotus. Masing-masing mengandung pesan kebijaksanaan. Keseluruhan motif yang dirangkai dalam ukuran mikro ,menjadi pangkal dari pesona tiga dimensi dan menampilkan gaya baru dalam berbatik.

Sementara, pada lini wanita, Bai Soemarlono mendedikasikan motif batik Kawung untuk tiga model blus berpotongan longgar dengan detail lengan bervolume. Motif Kawung melambangkan alam semesta dan digunakan sebagai pola milik raja yang kemudian dijadikan kiasan dari keadilan dan kebijaksanaan di balik makna dari kekuasaan.

Opsi blus elegan dari UNIQLO Batik Motif 2021Spring/Summer Collection designed by Bai Soemarlono menyeimbangkan antara impresi feminin dan kesederhanaan dari pemilihan fabrikasi katun yang dibuat dalam siluet kaku beraksen drape. Blus tersebut tersedia dalam tiga variasi warna, yaitu oranye, biru, dan krem.

3 dari 3 halaman

Batik-Batik Dunia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat