uefau17.com

5 Amalan Sunnah yang Bisa Bikin Wanita Makin Cantik, Tertarik Mencoba? - Islami

, Jakarta - Memiliki paras nan cantik tentunya menjadi dambaan bagi setiap wanita. Namun kecantikan tidaklah selalu perihal wajah ataupun fisik.

Sebab kecantikan sejati berasal dari kebaikan hati. Dari hatilah semuanya akan memancarkan kecantikan.

Salah satu upaya untuk menjaga hati bagi seorang muslimah adalah dengan menjalankan amal ibadah. Dengan ibadah niscaya membuat diri selalu terjaga dalam bertindak dan perilaku.

Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan baik wajib maupun sunnah. Beberapa di antaranya dapat membuat wanita semakin terlihat cantik.

Tak hanya omongan belaka, hal ini juga telah terbukti secara ilmiah. Sehingga kecantikan yang dimaksud tidak hanya tampak dari luar saja, namun juga akan terpancar dari dalam diri.

Apa sajakah ibadah tersebut? Berikut ulasan selengkapnya mengutip dari laman dream.co.id.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Ibadah yang Dapat Mempercantik Diri

1. Wudhu

Ibadah pertama yang bisa membuat wanita semakin cantik adalah berwudhu. Ibadah ini bertujuan untuk mensucikan diri dari hadas kecil. Ketika akan sholat, maka laki-laki atau perempuan harus melaksanakan ibadah wudhu terlebih dahulu.

Bukankah Nabi Muhammad juga pernah menjelaskan bahwa pada hari kiamat nanti Ia bisa mengenali umatnya karena ada bekas wudhu. 

"Sejatinya umatku pada hari kiamat akan datang dalam kondisi wajah dan ujung-ujung tangan dan kakinya bersinar pertanda mereka berwudhu semasa hidupnya di dunia“ (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Sholat Tahajud

Sholat juga bisa menambah kecantikan para muslimah. Terlebih sholat tahajud yang dilakukan pada malam hari ketika banyak orang memilih untuk tidur.  Rasulullah SAW mengatakan bahwa sholat tahajud dapat membuat wajah menjadi lebih berseri-seri.

"Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas." (HR. Bukhari dan Muslim).

"Barangsiapa banyak mengerjakan sholat di malam hari, wajahnya akan berseri di pagi hari". (HR. Ibnu Majah)Advertisement

3 dari 3 halaman

3. Puasa

Wanita di luar sana melakukan diet ketat demi bisa mendapatkan tubuh ideal. Tidak jarang kegiatan ini justru menimbulkan penyakit. Daripada diet namun tidak bernilai ibadah, sebagai muslimah sebaiknya mencoba cara diet yang bernilai ibadah berikut ini. Ya, dengan berpuasa kita tidak hanya menahan diri dari lapar, namun juga dari nafsu dan syahwat, amarah dan mengendalikan emosi.

4. Zakat dan Sedekah

Zakat dan sedekah sama dengan mengeluarkan harta kita untuk orang lain. Hal ini menghindarkan muslimah dari kecintaannya terhadap duniawi. 

Bagi mereka yang cinta dunia akan lebih mudah stres memikirkan apa yang dapat terus dibeli, bagaimana menyimpan uang agar menjadi banyak, memikirkan barang-barang milik tetangga yang harganya lebih mahal.

5. Dzikir

Dzikir adalah kegiatan mengingat Allah SWT dengan lafaz. Tidak dipungkiri bahwa ibadah ini akan memunculkan ketenangan jiwa. Hal ini pun sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Bahwa hanya dengan mengingat Allah hati akan terasa tentram.

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram". (QS. Ar-Ra’d : 28)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat