uefau17.com

3 Amalan Sunnah yang Dianjurkan bagi Jamaah Haji saat Pulang Kampung, Jangan Terlewat - Islami

, Jakarta - Diperkirakan jadwal kepulangan haji kloter pertama akan dimulai pada Sabtu, 22 Juni 2024. Proses pemulangan jamaah haji dilakukan secara bertahap disusul gelombang berikutnya.

Menjalankan ibadah haji harus sesuai dengan aturannya serta diharapkan dapat mewujudkan substansinya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat disebut haji mabrur.

Sebuah hadis riwayat Ahmad menyebutkan, “Tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali surga.” Demikianlah keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepada orang yang beribadah haji dengan baik dan sempurna.

Namun, bagi para jamaah haji yang akan pulang dari Tanah Suci menuju kampung halaman hendaknya tidak melewatkan beberapa hal yang disunnahkan oleh syariat.

Mengutip dari berbagai sumber, setidaknya ada tiga amalan sunnah yang dianjurkan dilakukan bagi jamaah yang baru pulang melaksanakan haji. Semoga menjadikan diri semakin taat dan bertakwa kepada Allah SWT.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membawa Oleh-Oleh untuk Keluarga di Kampung Halaman

Hal ini sebagaimana yang disebutkan dalam kitab Hasyiyatul Qalyubi wa Umairah:

يندب أن يحج الرجل بأهله وأن يحمل هدية معه وأن يأتي إذا عاد من سفر ولو قصيرة بهدية لأهله، وأن يرسل لهم من يخبرهم بقدومه إن لم يعلموا به وأن لا يطرقهم ليلا، وأن يقصد أقرب مسجد فيصلي فيه ركعتين سنة القدوم، وأن يصنع أهله له وليمة تسمى النقيعة، وأن يتلقوه كغيرهم، وأن يقال له إن كان حاجا أو معتمرا: تقبل الله حجك أو عمرتك وغفر ذنبك وأخلف عليك نفقتك. 

Artinya: “Seseorang haji bersama keluarganya dianjurkan dan membawa hadiah saat pulangnya. Apabila pulang dari perjalanan, meskipun perjalanan yang tidak terlalu jauh, ia dianjurkan membawa hadiah untuk keluarganya, dan mengutus orang untuk memberi kabar kepada keluarganya bila mereka belum mengetahui kedatangannya. Sebaiknya, jangan mendatangi mereka (sampai di rumah) pada waktu tengah malam".

Bukan hanya sekedar tradisi, ternyata anjuran ini juga menjadi sunnah dan mendapat ganjaran pahala jika dilakukan dengan ikhlas atas ridha Allah SWT. Selain menjadi amalan, membawakan oleh-oleh tentunya dapat menyenangkan hati sanak saudara di tanah air dan menjadi pahala tersendiri bagi si pemberi kendati hanya satu biji kurma.

Anjuran ini tidak hanya berlaku bagi jemaah haji, tapi siapapun yang usai melakukan perjalanan disunnahkan membawa buah tangan untuk anak, istri, dan saudaranya.

3 dari 4 halaman

2. Melaksanakan Sholat Sunnah Dua Rakaat

Pada saat sampai di kampung halaman, jemaah haji disunahkan melaksanakan sholat dua rakaat di masjid atau mushola terdekat.

Sholat sunnah dua rakaat bisa dilakukan dengan niat sholat qudum untuk jemaah haji yang telah menjalani safar kembali di tanah air.

Sholat ini juga menjadi kebiasaan Rasulullah SAW sepulang safar di masjid terdekat di Madinah yang hadisnya tertuang sebagai berikut:

"Dulu kami bersama Nabi shallallahu'alaihi wasallam dalam suatu safar. Tatkala kami tiba di Madinah, Rasulullah berkata kepadaku, "Masuklah masjid kemudian sholatlah dua rakaat" (HR. Bukhari).

4 dari 4 halaman

3. Mengadakan Naqi’ah

Naqi'ah yaitu perhelatan yang ditujukan untuk menyambut kedatangan orang yang baru tiba dari perjalanan jauh.

Biaya pengadaan selamatan ini bisa saja dari pihak keluarga, masyarakat, atau orang yang baru pulang haji. 

Setelah selamatan, orang yang menyambut kedatangan jemaah haji dianjurkan menjabat tangan dan mendoakan jamaah haji.

Agar haji dan umrah mereka diterima oleh Allah SWT, dosanya diampuni Allah SWT, dan biaya perjalanan yang dikeluarkannya diganti oleh Allah SWT.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat