uefau17.com

Lafal Doa dan 5 Adab Minum Air Zamzam yang Dicontohkan Rasulullah SAW - Islami

, Jakarta - Sebentar lagi jemaah haji akan kembali ke tanah air. Kloter awal jemaah haji akan tiba di kampung halaman pada awal Juli 2023 ini.

Ada beberapa oleh-oleh khas haji yang ditunggu. Di antaranya, air Zamzam, kurma, surban, tasbih, dan pernak pernik khas padang pasir.

Dari beragam oleh-oleh tersebut, paling banyak ditunggu sepertinya adalah air Zamzam. Air Zamzam ditunggu karena keyakinan mengenai keutamaan, manfaat air Zamzam dan khasiatnya yang telah banyak diriwayatkan.

Banyak riwayat yang menyebutkan keutamaan dan manfaat air Zamzam. Di antaranya, terdapat dalam hadis yang mengenai pengampunan dosa, tertunaikan hajatnya, kesembuhan dari penyakit dan lain sebagainya.

Karena keutamaannya itu, maka sebaiknya ketika akan minum air Zamzam, didahului dengan doa. Lebih jauh lagi, adab minum mestinya juga sesuai dengan yang dicontohkan Rasulullah SAW.

Berikut ini adalah doa minum air Zamzam dan adab minum yang dianjurkan Rasulullah SAW.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Minum Air Zamzam

Mengutip laman nu.or.id via kanal Islami , dalam Kitab Fatawa Asy-Syabkah Al-Islamiyyah halaman 1413.

Sesungguhnya Ibnu Abbas ketika minum air Zamzam, dia membaca doa (riwayat Daruqutni):

ٱَللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً وَاسِعاً، وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang halal, dan amal yang diterima.” (HR. Ibnu Majah)

Doa Minum Air Zamzam Sesuai Hajat atau Obat

Bahkan secara khusus Imam Muhyiddin Abi Zakaria Yahya ibn Syaraf An-Nawawi Al-Dimasyqi atau yang dikenal dengan Imam An-Nawawi membuat fasal (sub bab) menjelaskan mengenai meminum air zamzam dalam kitabnya Al-Adzkar halaman 332.

Para Ulama berkata, maka disunahkan bagi seseorang yang minum air zamzam untuk tujuan agar mendapat ampunan, obat dari penyakit dan semacamnya agar membaca doa:

اللَّهُمَّ إنَّهُ بَلَغَنِي أنَّ رَسُولَ الله صلى الله عليه وسلم قال: " ماءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ " اللَّهُمَّ وإني أشْرَبُهُ لِتَغْفِرَ لي وَلِتَفْعَلَ بي كَذَا وكَذَا، فاغْفِرْ لي أوِ افْعَلْ

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya sampai kepadaku bahwa Rasulullah SAW telah bersabda, Air Zamzam itu (sesuai) untuk (niatan ketika) diminum, ya Allah sesungguhnya aku meminumnya agar engkau mengampuniku, dan engkau melakukan untukku ini (hajat), maka ampunilah aku dan lakukan ini untukku.

Atau bisa membaca doa

اللَّهُمَّ إني أشْرَبُهُ مُسْتَشْفِياً بِهِ فَاشْفِني

Artinya: Ya Allah sesungguhnya aku meminum air zamazam sebagai obat, maka sembuhkanlah aku.

Dari beberapa penjelasan di atas, sungguh begitu dahsyat manfaat air zamzam ini, maka jangan lupa mintalah kepada Allah SWT agar mendapat ampunannya, dan minta segala hajat yang kita maksudkan ketika meminumnya, insyaallah dikabulkan.

3 dari 4 halaman

Adab Minum dalam Islam

Setelah mengetahui doa minum air Zamzam, maka akan lebih afdhal jika cara minumnya pun seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Namun, hal ini tidak hanya berlaku untuk minum air Zamzam, melainkan air secara umum.

1. Sebelum minum membaca basmalah

Dalam Islam sendiri telah diajarkan bahwa ketika akan memulai sesuatu hendaknya dengan membaca bismillah. Termasuk sebelum kita minum air, harus mengawalinya dengan doa atau kalimat Allah. Seperti dalam hadis dijelaskan, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Ketika mulai minum pertama baca Bismillah," (HR. Tirmidzi).

2. Menggunakan tangan kanan

Dalam sebuah hadis Rasulullah bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ , فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan jika akan minum hendaknya juga minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR. Muslim).

Seperti dijelaskan dalam hadis ai atas disunahkan makan dan minum menggunakan tangan kanan. Sebab jika menggunakan tangan kiri, maka sama dengan mengikuti perbuatan setan.

Bahkan jika seseorang kidal atau selalu menggunakan tangan kiri, maka tetap dianjurkan untuk menggunakan tangan kanannya. 

4 dari 4 halaman

3. Tidak Minum Sambil Berdiri

Minum sambil berdiri merupakan salah satu larangan yang mungkin sudah diketahui oleh kebanyakan muslim. Adab minum dalam Islam yang satu ini disebutkan dalam sebuah hadis, yang artinya:

“Janganlah seorang di antara kalian minum dengan berdiri, apabila ia lupa, maka muntahkanlah.”(HR. Muslim).

Oleh karena itu, sebaiknya selalu minum dalam keadaan duduk. Dalam segi kesehatan pun, minum sambil berdiri dapat mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh. Hal ini karena air yang masuk akan tersebar ke dinding perut dan mengakibatkan kerusakan sistem pencernaan.

4. Minum dalam Tiga Tegukan

Banyak orang yang minum sekali tandas atau langsung habis dalam sekali teguk. Padahal, Rasulullah SAW mengajarkan untuk minum dengan tiga kali nafas dengan jeda di setiap teguknya.

Pertama, beliau membaca basmallah kemudian membaca hamdallah. Lantas, menjauhkan gelas dari mulutnya. Hal itu pun diulangi pada tegukan kedua dan ketiga. 

Minum dalam tiga tegukan itu mengandung manfaat kesehatan. Cara tersebut dapat memperkecil tekanan pada jantung dan air dapat terserap dengan lebih baik di dalam tubuh.

5. Membaca Hamdalah

Adab minum dalam Islam yang terakhir adalah membaca hamdalah. Sama dengan membaca basmalah di awal, kita juga harus membaca hamdalah dan bersyukur saat sudah minum. Hal ini merujuk pada hadis berikut, di mana Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya Allah Ta'ala menyukai kepada hamba-Nya yang mengucapkan tahmid sesudah makan dan minum." (HR. Muslim).

Tim Rembulan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat