uefau17.com

Cara Keluar Grup WA Tanpa Diketahui Anggota Lain, Mudah Dipraktikkan - Hot

, Jakarta Terkadang, Anda mungkin ingin meninggalkan grup WhatsApp tanpa menarik perhatian. Mungkin karena terlalu banyak notifikasi atau konten yang tidak relevan. Untuk itu anda perlu mengetahui cara keluar grup WA tanpa diketahui anggota lain. 

Salah satu cara keluar grup WA tanpa diketahui anggota lain adalah dengan menggunakan fitur yang ada pada aplikasi pesan tersebut. Dengan fitur baru ini hanya grup admin yang mengetahui jika Anda keluar dari grup chat tersebut.

Agar lebih paham, berikut ulas mengenai cara keluar grup WA tanpa diketahui anggota lain yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/6/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Cara Keluar Grup WA Hanya Diketahui Admin

Ketika pengguna akan meninggalkan grup, WhatsApp akan menampilkan pesan pop-up yang menyatakan bahwa 'Hanya admin grup yang akan diberi tahu bahwa Anda keluar dari grup'. Untuk menggunakan fitur ini, kalian hanya tinggal melakukan update WhatsApp Android ke versi paling baru. Ketika opsi keluar dari grup, maka tidak akan ada notifikasi yang muncul di grup WhatsApp yang menyatakan Anda sudah meninggalkan grup tersebut. Hanya admin grup tersebut yang tahu. Berikut ini langkah-langkah keluar grup WA tanpa ada yang mengetahui, yakni:

  1. Buka grup WhatsApp yang diinginkan.
  2. Di ruang obrolan grup, tekan ikon titik tiga di pojok kanan atas aplikasi.
  3. Klik opsi "More/Lainnya".
  4. Klik "Exit group/Keluar dari grup".
3 dari 7 halaman

2. Cara Keluar Grup WA dengan Mengganti Profil

Langkah selanjutnya adalah mengganti nama dan foto profil WhatsApp Anda. Meskipun metode ini mungkin masih terdeteksi oleh anggota lain yang telah menyimpan kontak Anda, ini bisa menjadi solusi sementara untuk mengurangi kecurigaan.

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda.
  2. Kemudian, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih 'Settings' dari daftar menu yang muncul.
  4. Setelah itu, ganti nama profil Anda dengan nama yang berbeda dan hapus foto profil Anda.
  5. Masuk ke grup WhatsApp yang ingin Anda tinggalkan.
  6. Klik lagi ikon tiga titik di sudut kanan atas, pilih 'More', lalu pilih 'Exit group'.

Dengan mengganti nama dan foto profil, anggota grup mungkin tidak segera mengenali bahwa Anda telah keluar, terutama jika mereka tidak terlalu memperhatikan detail.

4 dari 7 halaman

3. Cara Keluar Grup WA dengan Report Group

Cara berikutnya adalah dengan melaporkan grup tersebut. Metode ini lebih drastis dan memiliki risiko tersendiri.

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke grup WhatsApp yang ingin Anda tinggalkan.
  2. Kemudian, klik ikon tiga titik di sudut kanan atas layar, pilih 'More', lalu pilih 'Report'.
  3. Terakhir, centang opsi 'Exit group and delete chat', kemudian klik 'Report'. Maka kamu akan keluar dari grup secara otomatis tanpa ada yang tahu.

Dengan melaporkan grup, Anda akan keluar dari grup tersebut tanpa pemberitahuan kepada anggota lain. Namun, perlu diingat bahwa jika WhatsApp menemukan adanya pelanggaran, grup tersebut bisa dihapus, yang dapat mengganggu aktivitas anggota lainnya.

5 dari 7 halaman

4. Cara Keluar Grup WA dengan Delete Account

Cara keluar dari grup WA tanpa diketahui yang berikutnya adalah dengan menggunakan delete account. Dengan demikian, nomor kamu seakan tidak pernah terdaftar di WhatsApp. Semua grup yang kamu ikuti akan hilang. Kamu bisa masuk lagi ke grup yang kamu inginkan dengan chat ke admin masing-masing grup. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  1. Langkah yang pertama adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp dan masuk ke 'Settings' melalui ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  2. Pilih 'Account' dan kemudian pilih 'Delete account'.
  3. Anda akan melihat pemberitahuan tentang apa yang akan terjadi jika Anda menghapus akun.
  4. Kemudian, klik 'Delete account' untuk mengonfirmasi.

Sebelum melakukan langkah ini, pertimbangkan dengan baik dampaknya. Menghapus akun akan menghapus semua riwayat obrolan dan data yang telah dicadangkan di cloud. Meski Anda akan keluar dari semua grup, riwayat obrolan dan file yang telah Anda bagikan tetap akan ada di grup tersebut.

6 dari 7 halaman

5. Cara Keluar Grup WA dengan Mengganti Nomor

Cara terakhir adalah dengan mengganti nomor WhatsApp Anda dengan nomor baru. Kamu bisa membeli nomor baru khusus untuk melakukan cara keluar grup. Berikut langkah-langkahnya, yakni:

  1. Langkah pertama adalah dengan membuka aplikasi WhatsApp dan masuk ke 'Settings' melalui ikon tiga titik di sudut kanan atas.
  2. Pilih 'Account' dan kemudian pilih 'Change Number'.
  3. Kemudian, masukkan nomor lama Anda dan nomor baru yang akan Anda gunakan, lalu klik 'Done'.

Dengan mengganti nomor, nomor lama Anda tidak lagi terdaftar di grup manapun. Namun, grup akan menerima notifikasi bahwa nomor Anda telah berubah. Pastikan nomor lama tidak aktif untuk menghindari gangguan lebih lanjut. Jika ingin kembali ke grup tertentu, Anda bisa menghubungi admin untuk memasukkan nomor lama Anda kembali dan mengeluarkan nomor baru.

7 dari 7 halaman

Cara Membuat WhatsApp Community

Selain fitur grup, ternyata WA juga memiliki itur baru yang bisa dirasakan oleh pengguna WA yakni WhatsApp Community. WhatsApp Community adalah grup WhatsApp raksasa. Fitur ini memungkinkan pengguna menyatukan berbagai grup WA yang berbeda-beda dalam satu wadah. Komunitas dapat digunakan bagi orang dengan ketertarikan yang sama untuk bisa saling terhubung.

Fitur ini cocok untuk berbagai kelompok, dari sekolah, perumahan, atau apartemen, kantor dan sebagainya. Satu komunitas bisa menampung hingga mencapai 50 grup WA sekaligus dengan 5.000 anggota. Sebagian pengguna Indonesia melaporkan sudah bisa menggunakan fitur ini di ponselnya. Berikut adalah cara membuat WhatsApp Community, yakni:

  1. Langkah pertama adalah dengan klik ikon komunitas yang ada di WhatsApp.
  2. Masukkan nama komunitas, deskripsi dan foto.
  3. Setelah itu, anda bisa membuat grup atau tambahkan grup yang sudah ada.
  4. Terakhir, dengan grup tersebut anda dapat membuat grup pengumuman secara default.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat