uefau17.com

Kepribadian Adalah Keseluruhan Perilaku Individu, Ini Penjelasan Lengkapnya - Hot

, Jakarta Kepribadian adalah faset kompleks yang membentuk esensi setiap individu, menjadi inti yang membedakan satu manusia dengan yang lainnya. Melalui kehidupan sehari-hari, kepribadian adalah suatu hal yang dapat tercermin dalam perilaku, sikap, dan interaksi sosial. Kepribadian bukanlah entitas statis, melainkan dinamis dan terus berkembang seiring waktu. 

Dalam setiap interaksi sosial, kepribadian menjadi kunci utama yang membentuk hubungan antarindividu. Kepribadian adalah cermin jiwa yang tercermin melalui cara berbicara, bertindak, dan merespon lingkungan sekitar. Apakah seseorang cenderung introvert atau ekstrovert, apakah mereka lebih cenderung analitis atau kreatif, semua itu mencerminkan kekayaan ragam kepribadian yang ada. 

Oleh karena itu, pengetahuan mendalam tentang kepribadian dapat menjadi pondasi yang kokoh untuk membangun komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang harmonis.

Untuk itu, berikut ini telah rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (17/11/2023). Pengertian, teori, karakteristik, tipe dan dampak kepribadian.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pengertian Kepribadian

Kepribadian menggambarkan pola unik pemikiran, perasaan, dan perilaku yang membedakan seseorang dengan orang lain. Sebagai produk biologi dan lingkungan, ia tetap konsisten sepanjang hidup.

Contoh kepribadian dapat ditemukan pada cara kita menggambarkan sifat orang lain. Misalnya, "Dia murah hati, perhatian, dan sedikit perfeksionis", atau "Mereka setia dan protektif terhadap temannya".

Kata kepribadian dalam bahasa Inggris personality berasal dari kata Latin persona, yang mengacu pada topeng teater yang dikenakan oleh pemain untuk memainkan peran atau menyamarkan identitasnya.

Meskipun terdapat banyak definisi tentang kepribadian, sebagian besar berfokus pada pola perilaku dan karakteristik yang dapat membantu memprediksi dan menjelaskan perilaku seseorang.

Penjelasan mengenai kepribadian dapat berfokus pada berbagai pengaruh, mulai dari pengaruh genetik hingga peran lingkungan dan pengalaman dalam membentuk kepribadian seseorang.

 

 

3 dari 6 halaman

Apa saja teori kepribadian?

Ada sejumlah teori kepribadian yang mengeksplorasi perkembangan dan ekspresi kepribadian manusia.

Tidak ada teori kepribadian tunggal yang benar. Ada berbagai cara berbeda dalam memandang dan meneliti apa itu kepribadian. Teori umum meliputi:

1. Teori psikodinamik

Teori kepribadian psikodinamik didasarkan pada Sigmund Freud, khususnya gagasan bahwa diri Anda melibatkan tiga aspek: id, ego, dan superego.

Freud juga berteori bahwa pengalaman masa kanak-kanak memiliki dampak besar pada perkembangan kepribadian Anda dan kemungkinan hidup dengan kondisi kesehatan mental.

Belakangan, penelitian Carl Jung dan Erik Erikson membangun dan menantang aspek-aspek tertentu dari teori Freud. Karya Jung dan Erikson memberikan kontribusi besar terhadap teori kepribadian psikodinamik.

2. Teori sifat

Teori sifat berfokus pada gagasan bahwa kita semua memiliki ciri-ciri kepribadian yang sama, namun berada pada titik spektrum yang berbeda. Teori sifat yang terkenal adalah teori lima faktor, juga dikenal sebagai 5 Besar , yang dikemukakan oleh Donald W. Fiske .

Fiske mengusulkan bahwa kepribadian manusia melibatkan lima ciri:

  • Keramahan
  • Kehati-hatian
  • Ekstraversi
  • Neurotisisme
  • Keterbukaan terhadap pengalaman

Setiap orang mengalami sifat-sifat ini pada tingkat tertentu. Misalnya, Anda mungkin memiliki sifat ekstrovert yang tinggi, tetapi neurotisismenya rendah, sedangkan saudara Anda mungkin sebaliknya.

3. Teori biologi

Teori biologis tentang kepribadian berfokus pada faktor fisiologis yang mempengaruhi kepribadian Anda. Teori-teori ini menyatakan bahwa karakteristik fisik, seperti struktur otak, dapat menentukan bagaimana kepribadian berkembang.

4. Teori perilaku

Teori behavioris mempelajari bagaimana kepribadian Anda dibentuk oleh penghargaan dan hukuman dari lingkungan Anda.

Diberi penghargaan atas perilaku tertentu dan dihukum atas perilaku lain dapat mengkondisikan Anda untuk berperilaku dan berpikir dengan cara tertentu.

6. Teori humanistik

Teori kepribadian humanistik menyatakan bahwa persepsi diri Anda, dengan kata lain, siapa diri Anda dan Anda dapat menentukan kepribadian Anda.

Teori humanistik dikemukakan oleh Abraham Maslow (yang menciptakan hierarki kebutuhan Maslow). Maslow mengemukakan bahwa kepribadian Anda adalah hasil dari terpenuhinya atau tidak kebutuhan paling mendasar Anda.

Teori humanistik lainnya dikemukakan oleh Carl Rogers, yang menyatakan bahwa Anda didorong oleh kebutuhan Anda akan aktualisasi diri. Kepribadian Anda kemudian ditentukan oleh upaya Anda untuk mencapai pertumbuhan dan peningkatan pribadi.

4 dari 6 halaman

Karakteristik Kepribadian

Apa sebenarnya yang membentuk suatu kepribadian? Ciri-ciri dan pola pikir serta emosi memainkan peranan penting, demikian pula ciri-ciri dasar kepribadian berikut:

  1. Konsistensi : Secara umum terdapat keteraturan dan keteraturan yang dapat dikenali dalam perilaku. Pada dasarnya, orang bertindak dengan cara yang sama atau serupa dalam berbagai situasi.
  2. Baik psikologis maupun fisiologis : Kepribadian adalah konstruksi psikologis, namun penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga dipengaruhi oleh proses dan kebutuhan biologis.
  3. Mempengaruhi perilaku dan tindakan : Kepribadian tidak hanya memengaruhi cara kita bergerak dan merespons lingkungan kita, namun juga menyebabkan kita bertindak dengan cara tertentu.
  4. Berbagai ekspresi : Kepribadian ditampilkan lebih dari sekedar perilaku. Hal ini juga dapat dilihat dalam pikiran, perasaan, hubungan dekat, dan interaksi sosial lainnya.
5 dari 6 halaman

Tipe Kepribadian

Teori tipe menyatakan bahwa ada sejumlah tipe kepribadian yang terkait dengan pengaruh biologis.

Sebuah teori menyatakan ada empat tipe kepribadian. Mereka:

  • Tipe A : Perfeksionis, tidak sabaran, kompetitif, terobsesi pada pekerjaan, berorientasi pada prestasi, agresif, stres
  • Tipe B : Stres rendah, mudah marah , fleksibel, kreatif, mudah beradaptasi terhadap perubahan, sabar, cenderung menunda-nunda
  • Tipe C : Sangat teliti, perfeksionis, kesulitan mengungkapkan emosi (positif dan negatif)
  • Tipe D : Khawatir, sedih, mudah tersinggung, pesimis, self-talk negatif, menghindari situasi sosial, kurang percaya diri, takut ditolak, tampak murung, putus asa

Ada teori populer lainnya tentang tipe kepribadian seperti teori Myers-Briggs. Indikator Tipe Kepribadian Myers -Briggs mengidentifikasi kepribadian berdasarkan posisi seseorang dalam empat kontinum: introversi-ekstraversi, intuisi penginderaan, pemikiran-perasaan, dan penilaian-persepsi.

Setelah mengikuti tes kepribadian Myers-Briggs, Anda diberikan salah satu dari 16 tipe kepribadian. Contoh tipe kepribadian tersebut adalah: 

  • ISTJ : Introvert, merasakan, berpikir, dan menilai. Orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang logis dan terorganisir; mereka juga cenderung menghakimi.
  • INFP : Introvert, intuitif, perasaan, dan persepsi. Mereka cenderung idealis dan peka terhadap perasaannya.
  • ESTJ : Ekstrovert, merasakan, berpikir, dan menilai. Mereka cenderung tegas dan peduli dengan kepatuhan terhadap aturan.
  • ENFJ : Ekstrover, intuitif, perasaan, dan penilaian. Mereka dikenal sebagai "pemberi" karena sikapnya yang hangat dan setia; mereka mungkin juga terlalu protektif.
6 dari 6 halaman

Dampak Kepribadian

Penelitian tentang kepribadian dapat menghasilkan wawasan menarik tentang bagaimana kepribadian berkembang dan berubah sepanjang hidup. Penelitian ini juga dapat mempunyai penerapan praktis yang penting di dunia nyata.

Misalnya, orang dapat menggunakan penilaian kepribadian (disebut juga tes kepribadian atau kuis kepribadian) untuk mempelajari lebih lanjut tentang diri mereka sendiri serta kekuatan, kelemahan, dan preferensi unik mereka. Beberapa penilaian mungkin melihat peringkat seseorang berdasarkan ciri-ciri tertentu, seperti apakah mereka memiliki sifat ekstroversi, kesadaran, atau keterbukaan yang tinggi.

Penilaian lain mungkin mengukur bagaimana aspek tertentu dari kepribadian berubah seiring waktu. Beberapa penilaian memberikan wawasan kepada orang-orang tentang bagaimana kepribadian mereka memengaruhi banyak bidang kehidupan mereka, termasuk karier, hubungan, pertumbuhan pribadi, dan banyak lagi.

Memahami tipe kepribadian Anda dapat membantu Anda menentukan karier apa yang mungkin Anda nikmati, seberapa baik kinerja Anda dalam peran pekerjaan tertentu, atau seberapa efektif suatu bentuk psikoterapi bagi Anda. 

Tipe kepribadian juga dapat berdampak pada kesehatan Anda, termasuk seberapa sering Anda mengunjungi dokter dan cara Anda mengatasi stres. Para peneliti telah menemukan bahwa karakteristik kepribadian tertentu mungkin terkait dengan penyakit dan perilaku kesehatan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat