uefau17.com

10 Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Obati Rematik - Hot

, Jakarta Manfaat daun kemuning untuk kesehatan tubuh penting diketahui oleh masyarakat. Daun kemuning merupakan tumbuhan yang berasal dari famili Rutaceae. Tanaman ini biasa tumbuh liar menyemak belukar, di tepi hutan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar.

Daun yang memiliki nama Latin Murraya Paniculata ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Mulai dari mengobati rematik hingga sakit gigi. Selain itu, daun kemuning juga bisa digunakan sebagai insektisida alami.

Daun kemuning memiliki ciri-ciri yakni daunnya majemuk dengan anak daun 4-7 selebaran, memiliki permukaan daun yang cukup licin, ujung serta pangkal daun yang runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, serta berwarna hijau sepanjang musim. Tumbuhan eksotis ini memiliki bunga berwarna putih dan buah berwarna putih yang apabila berumur tua akan menjadi berwarna merah.

Berikut ulas mengenai manfaat daun kemuning untuk kesehatan tubuh yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/11/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Daun Kemuning

Daun kemuning memiliki nama Latin yakni Murraya Paniculata. Tanaman ini biasa tumbuh liar menyemak belukar, di tepi hutan, atau ditanam sebagai tanaman hias dan tanaman pagar.  Ia berbunga sepanjang tahun. Berbentuk semak atau pohon kecil, bercabang banyak, batangnya keras dan beralur.

Daun kemuning memiliki ciri-ciri yakni daunnya majemuk dengan anak daun 4-7 selebaran, memiliki permukaan daun yang cukup licin, ujung serta pangkal daun yang runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, serta berwarna hijau sepanjang musim. Tumbuhan eksotis ini memiliki bunga berwarna putih dan buah berwarna putih yang apabila berumur tua akan menjadi berwarna merah.

Daun kemuning juga dikenal sebagai orange jasmine karena bagian daunnya mirip daun jeruk dan bagian bunganya hampir sama dengan bunga melati. Selain tampaknya yang indah menyerupai semak-semak, bunga kemuning dapat mengeluarkan bau yang khas.

3 dari 4 halaman

Kandungan Tumbuhan Kemuning

Perlu anda ketahui bahwa semua bagian dari tumbuhan kemuning memiliki kandungannya masing-masing. Daun kemuning mengandung cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, β-caryophyllene, geraniol, carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, paniculatin, tannin, dan coumurrayin. 

Sedangkan untuk kulit batang kemuning mengandung mexotioin, 5-7-dimethoxy-8 (2,3-dihydroxyisopentyl) coumarin. Sementara untuk bunga kemuning mengandung scopoletin, dan buahnya mengandung semi-α-carotenone.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Kemuning untuk Kesehatan Tubuh

1. Bisa Mengobati Rematik

Dikutip dari laman Health Benefit, dengan berbagai kandungan yang dimiliki daun kemuning mampu menyembuhkan penyakit rematik. Pasalnya, beberapa senyawa kimia yang ada di dalam daun kemuning secara aktif mampu meredakan gejala rematik. Cara menggunakan daun rematik sebagai obat rematik adalah dengan merebus akar kemuning bersama air, kemudian minum air rebusan tersebut secara rutin dan teratur sampai rematik hilang.

2. Mengobati Sakit Gigi

Selain digunakan sebagai obat untuk penyakit rematik, daun kemuning juga bermanfaat untuk mengobati sakit gigi. Sakit gigi merupakan penyakit yang sering dialami oleh banyak orang. Cara mendapatkan manfaatnya cukup mudah, tumbuk selembar daun kemuning untuk diambil airnya, lalu panaskan dan oleskan pada gigi yang sakit.

3. Mencerahkan Kulit

Manfaat daun kemuning berikutnya yaitu dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit. Sudah sejak dahulu, tanaman ini digunakan untuk perawatan kulit. Cara mendapatkan manfaatnya sangat mudah, cuci daun kemuning sampai bersih, kemudian tumbuk, dan lulurkan bahan tersebut pada kulit sebelum tidur.

4. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun kemuning lainnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Kandungan senyawa pada daun kemuning mampu menghambat proses penuaan dini dan mengangkat sel-sel mati kulit. Minum air rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur sebelum tidur.

5. Pemeliharaan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kemuning dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dan memiliki efek positif pada tekanan darah. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat daun kemuning yang lainnya yakni dapat mengatasi batu ginjal. Kandungan senyawa aktif pada daun kemuning dipercaya mampu mencegah gejala batu ginjal. Caranya cukup mudah, minum rebusan daun kemuning secara rutin dan teratur. Selain bisa mengatasi batu ginjal, kandungan ini juga mampu melancarkan peredaran darah dan penyakit kronis lainnya.

7. Mengatasi Peradangan

Manfaat daun kemuning yang selanjutnya yakni dapat mengatasi paradangan. Hal ini karena daun kemuning memiliki kandungan zat aktif yang dipercaya efektif mampu meredakan gejala peradangan. Selain itu, daun kemuning juga berperan penting untuk mengobati luka terbuka.

Cara mendapatkan manfaatnya, Anda hanya perlu merebus beberapa lembar daun kemuning, lalu konsumsi secara teratur. Sedangkan bagi Anda yang ingin merawat luka terbuka, bisa menumbuk daun kemuning hingga halus dan tempelkan pada luka yang terbuka.

8. Pemeliharaan Kesehatan Pencernaan

Daun kemuning memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat bermanfaat untuk kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, daun kemuning dapat digunakan sebagai bahan untuk merangsang nafsu makan.

9. Pemeliharaan Kesehatan Mata

Daun kemuning mengandung karotenoid, seperti beta-karoten, yang dapat berkontribusi pada kesehatan mata. Beta-karoten diketahui bermanfaat untuk mata dan dapat diubah menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan yang sehat.

10. Antioksidan

Daun kemuning mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang bisa membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidatif stres.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat