uefau17.com

9 Manfaat Minyak Telon untuk Bayi, Menghangatkan Tubuh Hingga Meredakan Sakit Perut - Hot

, Jakarta Manfaat minyak telon untuk bayi perlu diketahui oleh setiap orang tua. Pasalnya, minyak telon memiliki beragam manfaat yang baik untuk bayi. Minyak telon tidak hanya berguna untuk menghangatkan tubuh, namun berguna bagi banyak hal lainnya.

Minyak telon adalah minyak yang terbuat dari campuran minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa. Minyak telon biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh serta mencegah masuk angin dan perut kembung.

Manfaat minyak telon untuk bayi bisa didapatkan dengan mengoleskannya secukupnya pada kulit. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter agar tidak terjadi masalah selama pemakaian minyak telon pada sang buah hati.

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/7/2023) tentang manfaat minyak telon untuk bayi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menghangatkan Tubuh

Manfaat minyak telon untuk bayi yang pertama yaitu untuk menghangatkan tubuhnya. Hal ini bisa didapatkan dari kandungan cineola di dalam minya kayu putih. Senyawa aktif cineola yang bisa memberikan kehangatan pada tubuh bayi dan mencegahnya dari kedinginan.

Penggunaan minyak telon untuk bayi sangat penting karena ia belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Jadi, orang tua dapat memberikan atau mengaplikasikan minyak telon pada tubuhnya untuk mengontrol suhu. Sensasi minyak kayu putih akan membuat bayi merasakan hangat di kulit.

2. Mengatasi gatal

Mengatasi rasa gatal dan mencegah gigitan nyamuk merupakan manfaat minyak telon untuk bayi berikutnya. Minyak kayu putih dapat mengusir nyamuk dari aroma yang dimilikinya. Selain itu, kandungan anetol di dalam minyak adas juga memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk.

Kandungan alami minyak telon juga dapat meredakan gatal-gatal pada kulit bayi akibat serangga atau nyamuk. Gatal akibat ruam alergi popok juga bisa diredakan dengan manfaat minyak telon untuk bayi.

3. Melembapkan kulit

Manfaat minyak telon untuk bayi selanjutnya adalah melembapkan kulitnya. Kulit bayi rentan mengalami kulit kering karena faktor suhu ruang atau kadar hidrasi tubuhnya yang rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, minyak kayu putih atau minyak telon adalah pilihan yang tepat.

Kandungan minyak kelapa dalam minyak telon bermanfaat untuk menutrisi dan melembapkan kulit bayi. Kandungan minyak kelapa ini juga membuat kulit bayi semakin lembut dan halus.

3 dari 4 halaman

4. Meredakan sakit perut

Manfaat minyak telon untuk bayi juga dapat meredakan sakit perut. Hal ini berkat kandungan minyak adas dalam minyak telon, yang dipercaya bisa meredakan iritasi atau rasa sakit di saluran cerna bayi, baik akibat perut kembung atau kolik.

Manfaat ini diduga berasal dari kandungan adas di dalamnya. Selain itu, minyak telon juga dapat mengatasi perut kembung pada bayi. Hal ini berkaitan dengan minyak kayu putih pada minyak telon dapat menghangatkan tubuh. Namun, bila sakit perut disertai diare atau muntah, kamu perlu segera membawa bayi ke dokter.

5. Meredakan hidung tersumbat

Minyak telon juga memiliki aroma yang dapat meringankan hidung tersumbat pada bayi. Manfaat minyak telon untuk bayi ini diduga berasal dari kandungan cineola dalam minyak kayu putih, yang dapat mengencerkan lendir dalam hidung sehingga mudah dikeluarkan.

6. Merangsang pertumbuhan rambut

Minyak telon mengandung minyak kelapa yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Minyak kelapa memang sering digunakan untuk perawatan rambut, tidak hanya untuk bayi namun juga untuk orang dewasa. Jadi, mManfaat minyak telon untuk bayi juga dapat merangsang pertumbuhan rambutnya.

4 dari 4 halaman

7. Menenangkan bayi saat dipijat

Manfaat minyak telon untuk bayi berikutnya yaitu membuatnya lebih tenang saat dipijat. Memijat bayi menggunakan minyak telon diketahui bisa membuat bayi lebih tenang dan rileks. Manfaat ini diduga berasal dari efek hangat yang diberikan dan aroma yang dikeluarkan dari minyak telon.

8. Meredakan gejala eksim pada bayi

Kandungan minyak kelapa yang terdapat di dalam minyak telon diketahui dapat menghidrasi kulit bayi dengan baik. Hal ini juga dapat mengatasi gejala eksim yang ditandai dengan ruam dan gatal.

9. Mengatasi masalah pernapasan

Minyak kayu putih yang terdapat pada minyak telon merupakan antivirus, antibakteri, antijamur, antimikroba dan dekongestan. Oleh karena itu, minyak telon sering digunakan sebagai bahan pembuatan obat, terutama terkait masalah pernapasan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat