uefau17.com

Anti Inflamasi adalah Obat yang dapat Mengurangi Peradangan, Kenali Manfaatnya - Hot

, Jakarta Anti inflamasi adalah istilah yang mungkin sudah tidak jarang kamu dengar. Namun, kebanyakan orang mungkin masih belum memahami artinya. Anti inflamasi ini berhubungan dengan sifat suatu obat atau makanan yang dapat mengurangi peradangan.

Anti inflamasi adalah istilah yang dikenal juga dengan sebutan anti peradangan. Anti inflamasi disebut juga sebagai penangkal peradangan, atau yang digunakan untuk mencegah atau mengurangi peradangan.

Jadi, anti inflamasi adalah penangkal inflamasi, di mana inflamasi sendiri merupakan bagian dari mekanisme pertahanan tubuh yang berperan dalam proses penyembuhan. Inflamasi ini terkadang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Untuk menyembuhkan dan mengatasi inflamasi, diperlukan agen anti inflamasi. 

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Rabu (5/7/2023) tentang anti inflamasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu Anti Inflamasi?

Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), anti inflamasi adalah bahan atau obat yang berfungsi mengurangi peradangan atau rasa sakit. Selain itu, makna lainnya dari anti inflamasi adalah zat yang dapat menghambat terjadinya inflamasi atau peradangan.

Mengutip cancer.gov, anti inflamasi adalah obat atau zat yang membantu mengurangi peradangan (kemerahan, bengkak, dan nyeri) pada tubuh. Agen anti inflamasi dapat memblokir zat tertentu dalam tubuh yang menyebabkan peradangan. Anti inflamasi adalah zat yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi.

Sementara itu, menurut vocabulary.com, anti inflamasi adalah obat yang dimaksudkan untuk mengurangi kondisi inflamasi atau peradangan pada tubuh. Obat anti inflamasi adalah sesuatu yang dapat mengobati, mencegah atau meringankan gejala penyakit. Sederhananya, anti inflamasi adalah sesuatu yang bersifat mengendalikan atau mengurangi inflamasi.

3 dari 5 halaman

Mengenal Obat Anti Inflamasi (NSAID) dan Manfaatnya

Obat anti inflamasi yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat adalah obat nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) atau obat anti inflamasi nonsteroid. Obat anti inflamasi nonsteroid adalah obat yang banyak digunakan untuk meredakan nyeri, mengurangi peradangan, dan menurunkan suhu tinggi. Menurut nhs.uk, obat ini sering digunakan untuk meredakan gejala sakit kepala, nyeri haid, keseleo dan tegang, pilek dan flu, virus corona (COVID-19), dan kondisi seperti artritis yang dapat menyebabkan nyeri jangka panjang. Meskipun obat anti inflamasi nonsteroid menjadi obat anti inflamasi yang umum digunakan, namun obat ini tidak selalu cocok untuk semua orang dan terkadang dapat menimbulkan efek samping.

Obat anti inflamasi nonsteroid bekerja dengan memblokir prostaglandin, yaitu zat yang membuat ujung saraf peka dan meningkatkan rasa sakit selama peradangan. Prostaglandin juga berperan dalam mengontrol suhu tubuh. Dengan menghambat efek prostaglandin, obat anti inflamasi nonsteroid membantu meredakan nyeri dan menurunkan demam. Obat anti inflamasi nonsteroid dapat bermanfaat dalam mengurangi berbagai jenis ketidaknyamanan, termasuk:

  1. sakit kepala
  2. sakit punggung
  3. nyeri otot
  4. peradangan dan kekakuan yang disebabkan oleh radang sendi dan kondisi peradangan lainnya
  5. sakit dan nyeri haid
  6. rasa sakit setelah operasi kecil
  7. keseleo atau cedera lainnya

Obat anti inflamasi nonsteroid sangat penting untuk mengelola gejala radang sendi, seperti nyeri sendi, pembengkakan, dan kekakuan. Obat anti inflamasi nonsteroid juga biasanya tidak mahal dan mudah diakses, sehingga sering menjadi obat pertama yang diresepkan untuk penderita radang sendi. Obat resep celecoxib (Celebrex) sering diresepkan untuk penanganan gejala radang sendi jangka panjang. Ini karena obat ini lebih mudah di perut daripada jenis obat anti inflamasi nonsteroid lainnya.

4 dari 5 halaman

Efek Samping Obat Anti Inflamasi (NSAID)

Setelah mengenali beberapa manfaat obat anti inflamasi atau NSAID, kamu juga perlu memahami risiko atau efek samping penggunaannya. Efek samping ini cenderung lebih mungkin terjadi jika kamu mengonsumsi dosis tinggi untuk waktu yang lama, atau kamu berusia lanjut atau dalam kesehatan yang buruk. NSAID yang dijual bebas umumnya memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada obat resep yang lebih kuat. Kemungkinan efek samping NSAID meliputi:

  1. Gangguan pencernaan – termasuk sakit perut, merasa mual dan diare
  2. Tukak lambung – ini dapat menyebabkan perdarahan internal dan anemia; obat tambahan untuk melindungi perut kemungkinan juga ikut diresepkan untuk membantu mengurangi risiko ini
  3. Sakit kepala
  4. Rasa ngantuk
  5. Pusing
  6. Reaksi alergi

Dalam kasus yang jarang terjadi, masalah dengan hati, ginjal atau jantung dan sirkulasi, seperti gagal jantung, serangan jantung, dan stroke. Jika kamu terganggu oleh efek samping yang ditimbulkan oleh obat ini, hentikan penggunaan obat dan segera berkonsultasi dengan dokter.

 

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Obat Anti Inflamasi (NSAID)

Obat Anti Inflamasi atau NSAID tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, supositoria (kapsul dimasukkan ke bagian bawah), krim, gel, hingga suntikan. Beberapa obat ini dapat dibeli tanpa resep dari apotek, sementara yang lain memerlukan resep. Jenis utama obat anti inflamasi nonsteroid antara lain:

  1. Ibuprofen
  2. Naproxen
  3. Diklofenak
  4. Celecoxib
  5. Asam mefenamat
  6. Etoricoxib
  7. Indometasin
  8. Aspirin untuk menghilangkan rasa sakit (aspirin dosis rendah biasanya tidak dianggap sebagai NSAID)

NSAID dapat dijual atau diresepkan dengan nama atau nama merek ini. Semuanya sama-sama efektif, namun kamu mungkin menemukan satu yang lebih cocok untukmu.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat