uefau17.com

Inflamasi Adalah Peradangan, Pahami Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasinya - Hot

, Jakarta Inflamasi adalah respon alami dari sistem kekebalan tubuh saat terjadi suatu cedera atau serangan penyakit. Inflamasi adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh yang berperan dalam proses penyembuhan tubuh saat mengalami luka atau terserang penyakit.

Inflamasi adalah istilah yang menggambarkan peradangan pada bagian tubuh yang terinfeksi, dimana ketika inflamasi terjadi, terdapat banyak sel sistem kekebalan tubuh yang terlibat, yang kemudian melepaskan berbagai zat yang dikenal sebagai mediator inflamasi.

Meskipun inflamasi adalah respons sistem kekebalan tubuh, namun pada kasus khusus tubuh dapat keliru mendeteksi infeksi penyakit dan luka. Kondisi ini kemudian membuat sel-sel inflamasi menyerang jaringan sendiri dan kemudian dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis.

Untuk lebih mengenal inflamasi yang terjadi pada tubuh, berikut ini rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (16/11/2022) tentang pengertian inflamasi, penyebab inflamasi, gejala inflamasi dan cara mengatasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengenal Inflamasi

Inflamasi adalah peradangan. Ketika tubuh mengaktifkan sistem kekebalan, ia mengirimkan sel-sel peradangan. Sel-sel ini menyerang bakteri atau menyembuhkan jaringan yang rusak. Jika tubuh anda mengirimkan sel inflamasi saat anda tidak sakit atau terluka, anda mungkin mengalami peradangan kronis. 

Ketika tubuh anda menghadapi agen penyebab (seperti virus, bakteri, atau bahan kimia beracun) atau menderita cedera, sistem kekebalan tubuh anda akan aktif. Sistem kekebalan anda mengirimkan respons pertamanya: sel radang dan sitokin (zat yang merangsang lebih banyak sel radang).

Sel-sel ini memulai respons inflamasi untuk menjebak bakteri dan agen penyerang lainnya atau mulai menyembuhkan jaringan yang terluka. Hasilnya bisa berupa nyeri, bengkak, memar atau kemerahan. Tapi peradangan juga mempengaruhi sistem tubuh yang tidak bisa anda lihat.

Inflamasi terjadi pada setiap orang, apakah anda menyadarinya atau tidak. Sistem kekebalan anda menciptakan peradangan untuk melindungi tubuh dari infeksi, cedera, atau penyakit. Ada banyak hal yang tidak dapat anda sembuhkan tanpa peradangan. Namun, inflamasi juga adalah gejala dari banyak penyakit kronis, seperti radang sendi.

Inflamasi diklasifikasikan menjadi dua jenis, yaitu:

- Inflamasi akut : biasanya terjadi dalam waktu singkat (namun seringkali parah). Seringkali sembuh dalam dua minggu atau kurang. Gejala muncul dengan cepat. Jenis ini mengembalikan tubuh anda ke kondisi sebelum cedera atau sakit.

- Inflamasi kronis : adalah bentuk peradangan yang lebih lambat dan umumnya tidak terlalu parah. Ini biasanya berlangsung lebih lama dari enam minggu. Itu dapat terjadi bahkan ketika tidak ada cedera, dan tidak selalu berakhir ketika penyakit atau cedera sembuh. Peradangan kronis telah dikaitkan dengan gangguan autoimun dan bahkan stres berkepanjangan.

3 dari 6 halaman

Gejala Inflamasi

Gejala spesifik yang anda miliki bergantung pada bagian tubuh mana yang mengalami peradangan dan apa penyebabnya. Peradangan jangka panjang dapat menyebabkan sejumlah gejala dan mempengaruhi tubuh anda dengan berbagai cara. 

Secara umum gejala dari Inflamasi terdiri dari panas, rasa sakit, kemerahan, pembengkakan dan kehilangan fungsi pada area yang mengalami Inflamasi. Namun jika dirinci berdasarkan jenisnya, Inflamasi memiliki gejala yang sedikit berbeda. Lantas apa saja gejala Inflamasi akut dan kronis?

Inflamasi akut dapat menyebabkan:

- Kulit memerah di lokasi cedera.

- Sakit atau nyeri.

- Bengkak.

- Panas.

Sedangkan gejala Inflamasi kronis mungkin lebih sulit dikenali daripada gejala peradangan akut. Tanda-tanda peradangan kronis dapat meliputi:

- Sakit perut.

- Nyeri dada.

- Kelelahan. (contoh: lupus sistemik)

- Demam. (contoh: tuberkulosis)

- Nyeri sendi atau kaku. (contoh: artritis reumatoid)

- Luka mulut. (contoh: infeksi HIV)

- Ruam kulit. (contoh: psoriasis)

4 dari 6 halaman

Penyebab Inflamasi

Banyak faktor yang dapat menyebabkan peradangan, seperti:

- Kondisi kronis dan akut

- Obat-obatan tertentu

- Paparan iritasi atau bahan asing yang tidak dapat dihilangkan dengan mudah.

Selain 3 penyebab diatas, ada juga jenis makanan tertentu yang dapat menyebabkan atau memperparah peradangan pada penderita gangguan autoimun. Makanan ini meliputi:

- Gula

- Karbohidrat olahan

- Alkohol

- Daging olahan

- Lemak trans

Saat peradangan terjadi, bahan kimia dari sel darah putih tubuh anda masuk ke darah atau jaringan anda untuk melindungi tubuh anda dari penyerang. Ini meningkatkan aliran darah ke area cedera atau infeksi. Ini dapat menyebabkan kemerahan dan kehangatan. Beberapa bahan kimia menyebabkan cairan bocor ke jaringan anda, mengakibatkan pembengkakan. 

Proses perlindungan ini dapat memicu saraf dan menyebabkan rasa sakit. Jumlah sel darah putih yang lebih tinggi dan hal-hal yang dibuatnya di dalam persendian anda menyebabkan iritasi, pembengkakan pada lapisan sendi, dan hilangnya tulang rawan (bantalan di ujung tulang) seiring waktu.

5 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Inflamasi Secara Alami

Terkadang, untuk mengatasi Inflamasi anda bisa mencoba beberapa cara sederhana seperti mengubah pola makan anda. Dengan menghindari gula, lemak trans, dan makanan olahan, anda juga dapat memulai gaya hidup sehat dengan menghindari penyebab Inflamasi.

Namun jika tubuh mengalami Inflamasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, seperti mengonsumsi makanan yang telah terbukti dapat melawan peradangan atau Inflamasi. Makanan anti Inflamasi diantaranya adalah:

- Beri dan ceri

- Ikan berlemak, seperti salmon atau mackerel

- Brokoli

- Alpukat

- Teh hijau

- Jamur, seperti portobello dan shiitake

- Rempah-rempah, seperti kunyit, jahe dan cengkeh

- Tomat

Selain konsumsi makanan-makanan diatas, langkah selanjutnya yang dapat membantu mengurangi Inflamasi adalah dengan melakukan hal-hal berikut ini:

- Minumlah suplemen. Dokter anda dapat membantu anda memutuskan mana yang terbaik dan teraman untuk anda.

- Gunakan terapi panas atau dingin untuk cedera fisik guna mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman.

- Berolahraga lebih sering.

- Kelola dan kurangi tingkat stres anda. 

- Berhenti merokok dan menghindari asap rokok.

- Mengobati dan mengelola kondisi yang sudah ada sebelumnya.

6 dari 6 halaman

Cara Mengatasi Inflamasi Secara Medis

Jika peradangan anda disebabkan oleh kondisi autoimun yang mendasarinya, pilihan perawatan medis akan bervariasi sesuai dengan penyebab yang mendasari sehingga berkonsultasi dengan layanan kesehatan sangat disarankan. Untuk gejala umum peradangan, dokter anda mungkin merekomendasikan beberapa pilihan:

1. NSAID dan aspirin

Obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID) biasanya merupakan garis pertahanan pertama dalam mengobati nyeri dan peradangan jangka pendek. Sebagian besar dapat dibeli tanpa resep. NSAID umum meliputi:

- Aspirin

- Ibuprofen 

- Naproksen

NSAID bisa sangat efektif untuk peradangan, tetapi ada beberapa interaksi dan efek samping yang terjadi, terutama dengan penggunaan jangka panjang. Pastikan untuk memberi tahu dokter anda tentang obat lain yang anda minum dan jika anda memiliki efek samping saat menggunakan NSAID.

2. Kortikosteroid

Kortikosteroid adalah jenis steroid yang biasa digunakan untuk mengobati pembengkakan dan peradangan serta reaksi alergi. Kortikosteroid biasanya datang sebagai semprotan hidung atau tablet oral. Tindak lanjuti dengan dokter anda saat mengambil kortikosteroid. Penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan efek samping, dan interaksi tertentu dapat terjadi .

3. Analgesik topikal dan krim lainnya

Analgesik topikal biasanya digunakan untuk nyeri akut atau kronis. Mereka mungkin memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada rekan oral. Krim dan produk topikal dapat mengandung obat yang berbeda. Beberapa hanya resep, jadi sebaiknya dapatkan saran dari dokter anda. Ini terutama terjadi jika anda mengobati peradangan jangka panjang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat