uefau17.com

Apa yang Dimaksud dengan Wawasan Nusantara? Pahami Fungsi dan Hakikatnya - Hot

, Jakarta Apa yang dimaksud dengan wawasan Nusantara merupakan pertanyaan yang kerap ada dalam pelajaran kewarganegaraan di sekolah. Namun, pertanyaan tersebut juga sering dibicarakan oleh masyarakat luas. 

Apa yang dimaksud dengan wawasan Nusantara adalah sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai dirinya dan lingkungannya yang dikaitkan dengan potensi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. 

Dengan mengetahui apa yang dimaksud dengan wawasan Nusantara, maka anda akan lebih cinta Tanah Air dan menumbuhkan jiwa nasionalisme. Wawasan Nusantara menjadi pengetahuan yang harus dimiliki setiap warga negara.

Agar lebih paham, berikut ulas mengenai apa yang dimaksud dengan wawasan Nusantara beserta fungsi dan hakikatnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Wawasan Nusantara

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, apa yang dimaksud dengan wawasan Nusantara adalah pandangan atau anggapan bahwa Nusantara adalah kepulauan yang merupakan satu kesatuan, termasuk semua laut dan selatnya.

Secara etimologis, wawasan Nusantara berasal dari kata wawas (Jawa) yang berarti pandangan, tinjauan atau penglihatan indrawi. Sehingga, wawasan artinya pandangan, tinjauan, penglihatan, tanggap indrawi. Sedangkan Nusantara dari kata nusa dan antara. Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. Antara artinya menunjukkan letak antara dua unsur. Sehingga, Nusantara artinya kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yakni benua Asia dan Australia dan dua samudra yakni Samudra Hindia dan Pasifik.

Sedangkan menurut Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenkeu), apa yang dimaksud dengan wawasan Nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah Nusantara yang menjiwai kehidupan bangsa dalam mencapau tujuan dan cita-cita nasionalnya.

Dengan demikian, wawasan Nusantara berperan untuk membimbing bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan kehidupannya serta sebagai rambu-rambu dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Selain itu, wawasan Nusantara sebagai cara pandang juga mengajarkan bagaimana pentingnya membina persatuan dan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan bangsa dan negara dalam mencapai tujuan dan cita-citanya.

3 dari 7 halaman

Makna Wawasan Nusantara Menurut Ahli

Menurut Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1998, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dalam dokumen ketetapan MPR tahun 1999 mengenai wawasan nusantara, makna wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Menurut kelompok kerja LEMHANAS atau Lembaga Pertahanan Nasiona pada tahun 1999, makna wawasan nusantara yaitu suatu cara pandang serta sikap bangsa indonesia mengenai diri serta lingkungan yang beragam serta bernilai startegis dengan mengutamakan persatuan serta juga kesatuan bangsa dan juga kesatuan wilayah di dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa serta bernegara untuk dapat mencapai tujuan nasional.

Makna wawasan nusantara menurut W. Usman adalah sebagai cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam.

e. Samsul Wahidin

Dalam buku berjudul Pendidikan Pancasila dan Kewarganeraan (PPKn) SMA/MA yang diterbitkan oleh Gramedia Widiasarana Indonesia, menjelaskan bahwa wawasan nusantara menurut Samsl Wahidin adalah cara pandang, cara memahami, cara menghayati, cara bersikap, bertindak, berpikir dan bertingkah laku bagi bangsa Indonesia sebagai hasil interaksi proses-proses psikologis, sosiokultural dalam arti yang luas dengan aspek-aspek asta gatra.

4 dari 7 halaman

Tujuan Wawasan Nusantara

a. Tujuan Wawasan Nusantara Nasional

Tujuan nasional dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam UUD 1945 tersebut dijelaskan tujuan kemerdekaan Indonesia ialah untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, serta mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial.

b. Tujuan Wawasan Nusantara Keluar

Tujuan wawasan nusantara Indonesia keluar adalah menjamin kepentingan nasional dalam era globalisasi yang makin mendunia maupun kehidupan dalam negeri. Kemudian turut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, keadilan sosial, serta kerja sama dan sikap saling hormat menghormati.

Artinya, bangsa Indonesia harus terus-menerus mengamankan dan menjaga kepentingan nasionalnya dalam kehidupan internasionalnya dalam semua aspek kehidupan, baik politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan demi tercapainya tujuan nasional sesuai tertera dalam UUD 1945.

c. Tujuan Wawasan Nusantara ke Dalam

Tujuan wawasan nusantara ke dalam adalah menjamin persatuan dan kesatuan di segenap aspek kehidupan nasional, baik aspek alamiah maupun aspek sosial. Bangsa Indonesia harus meningkatkan kepekaannya dan berusaha untuk mencegah dan mengatasi sedini mungkin faktor-faktor penyebab timbulnya disintregasi bangsa dan terus-menerus mengupayakan dan terjaganya persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan.

5 dari 7 halaman

Fungsi Wawasan Nusantara

Berikut ini terdapat beberapa fungsi wawasan Nusantara bagi negara, yaitu:

  1. Wawasan nusantara sebagai konsepsi ketahanan nasional, yaitu wawasan nusantara dijadikan konsep dalam pembangunan nasional, pertahanan keamanan, dan kewilayahan.
  2. Wawasan nusantara sebagai wawasan pembangunan mempunyai cakupan kesatuan politik, kesatuan ekonomi, kesatuan sosial dan ekonomi, kesatuan sosial dan politik, serta kesatuan pertahanan dan keamanan.
  3. Wawasan nusantara sebagai wawasan pertahanan dan keamanaan negara merupakan pandangan geopolitik Indonesia dalam lingkup Tanah Air Indonesia sebagai satu kesatuan yang meliputi seluruh wilayah dan segenap kekuatan negara.
  4. Wawasan nusantara sebagai wawasan kewilayahan, sehingga berfungsi dalam pembatasan negara agar tidak terjadi sengketa dengan negara tetangga.
6 dari 7 halaman

Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan Nusantara merupakan keutuhan dan kesatuan wilayah nasional. GBNH menyebutkan bahwa hakikat Wawasan Nusantara diwujudkan dengan menyatakan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Sedangkan dalam buku Wawasan Nusantara (2020) karya Sri Widayanti, menjelaskan bahwa hakikat wawasan nusantara bangsa Indonesia adalah penjabaran dari falsafah, pandangan hidup, ideologi Bangsa Indonesia yakni Pancasila yang didasari oleh pengalaman sejarah, kondisi geografi, sosial budaya bangsa Indonesia.

Dengan begitu, hakikat wawasan Nusantara adalah keutuhan Nusantara, dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam lingkup Nusantara demi kepentingan nasional. Hal tersebut berarti bahwa setiap warga bangsa dan aparatur negara harus berpikir, bersikap, dan bertindak secara utuh menyeluruh demi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

7 dari 7 halaman

Kedudukan Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa. Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan. Wawasan nasional merupakan visi bangsa yang bersangkutan dalam menuju masa depan. Visi bangsa Indonesia sesuai dengan konsep wawasan Nusantara adalah menjadi bangsa yang satu dengan wilayah yang satu dan utuh.

Selain itu, kedudukan wawasan Nusantara menjadi sangat penting dalam mewujudkan tujuan nasional. Wawasan nusantara menjadi sebuah wawasan nasional bagi bangsa Indonesia, dan merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia supaya tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mewujudkan cita-cita serta tujuan nasional. Adanya kedudukan wawasan nusantara menjadi landasan visional untuk menyelenggarakan kehidupan nasional dalam berbangsa dan bernegara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat