uefau17.com

Kondisi Terkini Prabowo Setelah Operasi Kaki Berisiko Tinggi, Begini Kisahnya - Hot

, Jakarta - Masyarakat Indonesia banyak yang mencari tahu kabar terkini Presiden terpilih periode 2024-2029 sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto setelah operasi kaki kirinya. Operasi ini dilakukan di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Nasional (RSPPN) Soedirman, Jakarta, pada akhir Juni 2024.

Cedera yang dialami Prabowo telah berkepanjangan selama hampir 40 tahun dan akhirnya ditangani dengan serius.

BACA JUGA: Jokowi Jenguk Prabowo Usai Operasi Kaki, 27 Jadwal Perjalanan Kereta Api Diubah
BACA JUGA: VIDEO: Presiden Terpilih, Prabowo Subianto Sukses Jalani Operasi Cedera Kaki

Kondisi terkini Prabowo setelah operasi kaki cukup memuaskan. Prabowo mengatakan bahwa operasi yang dijalaninya berjalan dengan baik dan berhasil. "Saya ucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT atas keberhasilan tindakan operasi besar yang dilakukan kepada saya," ujar Prabowo dalam keterangannya, Minggu (30/6/2024) malam.

Prabowo operasi kaki disebut sempat memiliki risiko yang cukup besar, bahkan bisa mempertaruhkan nyawanya. Namun, Prabowo yakin dengan kemampuan tim medis yang menanganinya.

"Saya yakinkan diri bahwa semua ini untuk Negara dan Bangsa, saya juga yakin tim dokter dan seluruh tenaga medis yang menanganinya pun handal dan profesional," ungkap Prabowo dalam unggahan di akun Instagramnya.

Berikut ulas kondisi penyebab Prabowo operasi kaki dan kondisi terkininya, Rabu (3/7/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prabowo Operasi Kaki Juni 2024

Prabowo telah menjalani operasi kaki pada akhir Juni 2024 di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Nasional (RSPPN) Soedirman, Jakarta. Operasi ini dilakukan untuk menyembuhkan cedera berkepanjangan yang telah dialaminya selama hampir 40 tahun terakhir.

Rumah sakit tersebut baru diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama Prabowo pada 19 Februari 2024.

Mantan Danjen Kopassus ini melakukan operasi besar di RSPPN Soedirman yang berlokasi di kawasan Bintaro, Jakarta Selatan. Operasi ini ditangani langsung oleh Brigjen TNI (Purn) dr. Robert Hutauruk bersama tim medis yang terdiri dari Kolonel dr. Sunaryo, dr. Siska Widyati, dan dr. Thomas. Mereka bekerja keras untuk memastikan operasi berjalan lancar dan aman.

Sosok Dokter yang Operasi Kaki Prabowo

Dr. dr. Robert Hutauruk memiliki pengalaman luas di bidang medis, khususnya sebagai dokter spesialis dan traumatologi. Sebelum bertugas di Rumah Sakit Pusat Pertahanan Nasional (RSPPN) Soedirman, Jakarta, dr. Robert telah bekerja di beberapa rumah sakit ternama, termasuk RS Pondok Indah dan RS Dustira.

Dr. Robert juga memiliki latar belakang militer yang kuat, sebagaimana lansir dari berbagai sumber. Ia merupakan purnawirawan Angkatan Darat dengan pangkat Brigjen TNI (Purn) dan pernah bertugas di Kopassus pertama kali pada tahun 1985.

Pengalaman ini memberikan dr. Robert pemahaman mendalam tentang kebutuhan medis prajurit dan trauma yang sering dialami di medan perang. Pengalamannya ini menjadi aset berharga dalam menangani kasus-kasus kompleks seperti cedera yang dialami Prabowo.

Selain dr. Robert, tim medis yang menangani Prabowo juga termasuk dr. Sunaryo Kusumo, MKes, SpOT(K). Dr. Sunaryo menjabat sebagai Kepala Bidang Rehabilitasi Medik di Pusat Rehabilitasi Kementerian Pertahanan. Sebagai Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP), dr. Sunaryo memiliki peran kunci dalam proses pemulihan Prabowo setelah operasi.

Keahliannya dalam bedah ortopedi dan traumatologi, yang diperoleh dari Universitas Airlangga, menjadikannya pilihan tepat untuk menangani kasus cedera Prabowo.

Kolaborasi antara dr. Robert dan dr. Sunaryo memastikan bahwa operasi kaki Prabowo mendapatkan perawatan terbaik.

Prabowo Operasi Kaki yang Berisiko Besar

Prabowo menyadari bahwa tindakan medis yang akan dijalaninya memiliki risiko besar. "Saya yakinkan diri bahwa semua ini untuk Negara dan Bangsa, saya juga yakin tim dokter dan seluruh tenaga medis yang menanganinya pun handal dan profesional," tulis Prabowo dalam unggahan di akun Instagramnya.

Operasi ini bertujuan untuk mengatasi cedera pada kaki kirinya yang dialami akibat dua kali kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI pada tahun 80-an. Menurut Prabowo, operasi tersebut akhirnya berjalan dengan baik dan tanpa komplikasi.

3 dari 3 halaman

Ini Penyebab Prabowo Operasi Kaki

Prabowo mengungkapkan bahwa cedera yang dialaminya disebabkan oleh dua kali kecelakaan terjun payung saat masih aktif sebagai prajurit TNI pada tahun 80-an.

"Seperti sudah diketahui banyak pihak, saya pernah mengalami dua kali kecelakaan terjun payung saat bertugas di TNI pada tahun 80-an di kaki kiri saya, cedera ini selama ini masih saya rasakan," katanya. Cedera Prabowo menyebabkan rasa sakit berkepanjangan yang akhirnya harus diatasi dengan operasi.

Kondisi Terkini Prabowo Setelah Operasi Kaki

Setelah operasi, Prabowo terlihat beraktivitas kembali dan bahkan menghadiri upacara HUT ke-78 Bhayangkara di Monas, Jakarta, pada Senin (1/7/2024).

Prabowo hadir dengan mengenakan setelan jas warna abu-abu dan berdiri tegap berjejer dengan Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Listyo Sigit, dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Kehadirannya menunjukkan bahwa kondisi kakinya sudah membaik.

Apel HUT Bhayangkara ini dibuka oleh Presiden Jokowi dan dihadiri oleh masyarakat, para menteri Kabinet Indonesia Maju, duta besar negara-negara sahabat, Panglima TNI, beserta jajaran sampai purnawirawan Polri. Prabowo berdiri dengan sikap tegap dan memberikan hormat, diiringi tepuk tangan dari hadirin pada kesempatan itu. Hal ini menegaskan bahwa Prabowo operasi kaki telah berhasil dan ia bisa kembali menjalankan tugasnya.

Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka juga menyampaikan kesan positifnya setelah bertemu dengan Prabowo pascaoperasi.

"Kemarin baru ketemu, kemarin malam saya ke rumahnya. Beliau dalam keadaan sehat, beliau siap bekerja lagi di tengah masa rehat," ujar Gibran di Pasar Nangka, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2024). Menurutnya, kondisi Prabowo semakin membaik dan siap untuk kembali beraktivitas.

Prabowo sendiri juga mengumumkan kesuksesan operasinya melalui Instagram pribadinya. "Insyaallah dengan kondisi sehat walafiat ke depan saya semakin siap untuk berbakti dan mengabdi untuk negara dan rakyat Indonesia. Terima kasih kepada seluruh masyarakat atas doa dan dukungannya," tulis Prabowo. Hal ini menunjukkan semangat dan komitmen Prabowo untuk terus berkontribusi bagi bangsa.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat