uefau17.com

5 Cara Merawat Rambut Gondrong, Mudah dan Sederhana - Hot

, Jakarta Cara merawat rambut gondrong tentunya tidak semudah merawat rambut laki-laki yang biasanya pendek. Apalagi tidak seperti perempuan yang kebanyakan sudah terbiasa dengan rambut panjang, para lelaki kebanyakan dan lebih sering memotong rambutnya pendek.

Namun, rambut gondrong menjadi gaya yang cukup digandrugi saat ini. Tentunya pria berambut panjang yang bisa merawat rambutnya dengan baik akan memiliki penampilan yang luar biasa. Bila ingin mendapatkan rambut gondrong yang sehat, tentunya kamu harus memahami cara merawatnya.

Cara merawat rambut gondrong tidak begitu sulit. Asalkan kamu memperhatikan perawatannya dengan baik setiap harinya, maka rambut gondrong kamu akan tetap sehat. Namun, jika kamu tidak merawatnya, tentunya akan banyak permasalah yang akan terjadi pada rambut.  

Berikut rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/11/2019) tentang cara merawat rambut gondrong.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Keramas Secara Teratur dengan Cara yang Benar

Cara merawat rambut gondrong yang paling penting adalah keramas secara teratur. Kamu mungkin bisa saja keramas sekali seminggu saat rambut pendek, namun jika rambut kamu sudah melebihi batas telinga, kamu harus melakukan keramas setidaknya setiap hari bagi rambut berminyak, atau dua hari sekali untuk rambut kering.

Pemilihan sampo dan conditioner yang tepat juga akan mempengaruhi kesehatan rambut nantinya. Kamu harus melakukan keramas dengan benar, yaitu dengan meratakan sampo dengan benar ketika keramas, dan pijat-pijat kulit kepala agar aliran darah lancar. Setelah itu, bilas sampe bersih rambut kamu dan jangan sampai menyisakan sampo di rambut karena itu akan menyebabkan ketombe dan masalah lainnya.

Kunci merawat rambut panjang tetap sehat adalah menjaganya tetap terhidrasi. Namun, bila rambut panjang kamu termasuk yang cenderung kering, kamu bisa menggunakan sampo yang juga bertindak sebagai conditioner, yang bisa menghidrasi kulit kepala kering dan memperbaiki rambut yang rusak.

3 dari 6 halaman

Gunakan Peralatan yang Tepat

Cara merawat rambut gondrong selanjutnya adalah dengan menggunakan peralatan yang tepat. Bila tidak menggunakan peralatan yang tepat untuk merawatnya, maka tidak akan menghasilkan perubahan jadi lebih baik.

Kamu harus menggunakan peralatan yang tepat dan bagus seperti sisir bergigi lebar dan sikat berkualitas dengan bulu alami. Selain itu, jika kamu mengikat rambut, jangan gunakan karet gelang karena bisa merusak rambut. Sebagai gantinya kamu bisa menggunakan gelang berlapis kain.

4 dari 6 halaman

Jangan Menggosok Rambut dengan Handuk dan Menggunakan Hairdryer Saat Mengeringkan

Mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk adalah penyebab terbesar rambut gondrong kamu rusak. Selain membuat rambut jadi kusut, rambut juga lebih berpotensi bercabang.

Bila menggunakan handuk, sebaiknya hilangkan dulu air yang ada di rambut dengan menggoyangkannya, setelah itu kamu bisa membelai rambut dengan perlahan, tidak dengan digosok.

Kamu bisa meletakkan handuk di kepala untuk kemudian di remas-remas secara perlahan agar handuk tersebut menyerap air yang ada di rambut. Dengan begitu, rambut akan lebih sehat dan aman dari berbagai masalah.

Selain itu, jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut (hairdryer), karena itu juga penyebab umum lainnya yang bisa merusak rambut. Menggunakan hair dryer terlalu sering juga akan membuat rambut kering, rusak, dan bercabang. Panas yang dikeluarkan oleh hair dryer akan berakibat buruk bagi kesehatan rambut. Jadi lebih baik mengeringkan rambut menggunakan handuk, tapi dengan cara yang benar.

5 dari 6 halaman

Longgarkan Ikat Rambut dan Topi

Selanjutnya, dalam merawat rambut gondrong, kamu juga harus memperhatikan penggunaan aksesoris kepala atau rambut. Bila kamu sering menggunakan topi atau mengikat rambut, jangan terlalu kencang memakainya dan biarkan saja longgar. Bila terlalu ketat atau rambut tertarik terlalu kencang, ini bisa menyebabkan kondisi yang disebut traction alopecia, yaitu rontoknya rambut karena kerusakan pada akar rambut.

6 dari 6 halaman

Potong Ujungnya Secara Teratur

Cara merawat rambut gondrong selanjutnya adalah dengan memotong ujungnya secara teratur. Setidaknya selama sekali dalam sebulan atau dua bulan kamu perlu memotong ujung rambut beberapa centimeter saja agar rambut tetap sehat. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada rambut bercabang yang malah membuat rambut jadi tidak sehat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat