uefau17.com

11 Ciri-Ciri Makhluk Hidup yang Wajib Diketahui, Simak Definisi dan Klasifikasinya - Hot

, Jakarta Ciri-ciri makhluk hidup berguna untuk mempertahankan diri dan memenuhi kebutuhan hidupnya. Mahkluk hidup dapat ditemukan di setiap jenis habitat di Bumi. Meskipun semua organisme ini sangat berbeda satu sama lain, mereka semua memiliki dua kesamaan yaitu diturunkan dari satu leluhur dan mereka semua hidup.

Makhluk gidup terdairi dari hewan, tumbuhan, manusia hingga bakteri dan sejenisnya. Secara umum, makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki ciri-ciri kehidupan untuk berevolusi atau mengalami perkembangan bentuk hidup.

Terlalu banyak organisme di bumi membuat kebanyakan orang kebingungan menentukan sesuatu sebagai makhluk hidup atau benda mati. Untuk itu, perlu mengetahui ciri-ciri makhluk hidup supaya dapat membedakan antara makhluk hidup dan benda mati.

Berikut ini terdapat penjelasan mengenai ciri-ciri makhluk hidup, beserta definisi dan klasifikasinya yang telah dirangkum oleh dari berbagai sumber, Jumat (25/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Makhluk Hidup

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian makhluk hidup adalah makhluk bernyawa. Sedangkan, menurut Sri Winarsih, pengertian makhluk hidup adalah makhluk yang dapat berkembang biak (bereproduksi) atau memproduksi dirinya sendiri. Reproduksi memungkinkan jenis-jenis makhluk hidup tetap ada dan tidak punah.

Sementara itu, menurut Kimball, pengertian makhluk hidup adalah segala sesuatu yang memiliki ciri-ciri yakni bersifat rumit, responsif, berevolusi, mengadakan metabolisme, serta melakukan proses reproduksi.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Berikut ini terdapat 11 ciri-ciri makhluk hidup yang bisa anda pahami, atara lain:

1. Ciri-ciri makhluk hidup yang pertama adalah dapat bergerak. seperti halnya manusia dan hewan yang dapat bergerak bebas atau berpindah tempat. Untuk bergerak, manusia dan hewan memerlukan sarana untuk bergerak yang disebut alat gerak. 

2. Ciri-ciri mahkluk hidup yang lainnya adalah membutuhkan nutrisi atau makan. Hal ini digunakan untuk bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang.

3. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah bernapas. Alat pernapasan setiap makhluk hidup berbeda-beda, tergantung dengan lingkungan hidupnya.

4. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah peka terhadap rangsangan. Rangsangan yang dimaksud adalah berkaitan dengan lingkungan sekitar. Mulai dari rangsangan cahaya, panas, dingin, bau, sentuhan, gravitasi, rasa, dan lain-lain.

5. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah tumbuh dan berkembang. Ciri-ciri makhluk hidup ini pun berlaku untuk segala makhluk yang hidup di dunia. Manusia, hewan laut, darat, udara, dan tumbuhan. Semua makhluk ini mengalami fase dilahirkan dan berkembang menjadi dewasa. Makhluk hidup yang sudah dewasa kemudian akan memperbanyak dirinya dengan bereproduksi. Di sinilah fase tumbuh dan berkembang akan dimulai kembali.

6. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah mengeluarkan zat sisa yang disebut dengan ekskresi. Ekskresi ini sangat diperlukan karena zat sisa bersifat racun, sehingga kalau tidak dikeluarkan akan mengganggu kinerja tubuh.

7. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah berkembang biak. Tujuan dari berkembang biak atau reproduksi adalah untuk melestarikan jenisnya, dari individu berkembang menjadi banyak individu. 

8. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah beradaptasi. Kemampuan beradaptasi inilah yang akan membuat makhluk hidup bertahan hidup di lingkungannya.

9. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah melakukan metabolisme. Hal ini hanya dilakukan oleh manusia. Tubuh manusia akan selalu mengalami reaksi kimia. Reaksi kimia inilah yang disebut metabolisme.

10. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah memerlukan suhu lingkungan tertentu. Suhu lingkungan tersebut  disesuaikan dengan kebutuhan tubuhnya.

11. Ciri-ciri makhluk hidup yang berikutnya adalah regulasi. Regulasi adalah sebuah proses pengaturan keserasian dalam tubuh organisme yang diatur oleh syaraf dan juga hormon.

4 dari 4 halaman

Klasifikasi Makhluk Hidup

Ada tingkatan klasifikassi mkhluk hidup terdiri dari tujuh tingkatan, yaitu:

1. Domian

Domain adalah tingkat teratas dalam sistem klasifikasi makhluk hidup. Dalam sebuah domain, terdapat jumlah makhluk hidup yang paling banyak karena takson ini memang berada di tingkatan paling atas sehingga klasifikasinya juga paling luas. Pada tingkatan domain, perbedaan pada makhluk hidup dilakukan berdasarkan jenis selnya saja, yaitu Bacteria, Archaea, dan Eukarya.

2. Kingdom

Tingkatan tertinggi pada klasifikasi makhluk hidup. Binatang diklasifikasikan kingdom animalia, sedangkan tumbuhan masuk dalam tumbuhan kingdom plantae.

3. Filum atau divisi

Filum berarti keluarga besar. Ciri-ciri kingdom akan dikelompokkan menjadi beberapa filum. Beberapa contohnya filum arthopoda dengan ciri-ciri memiliki kaki tebal dan kuku yang keras. Filum spermatophyta atau tumbuhan berbiji.

4. Kelas

Tingkatan di bawah filum. Jika tumbuhan atau hewan memiliki filum yang sama maka akan dimasukkan dalam kelas yang sama. Tumbuhan dikenal dengan dua kelas, yaitu biji berkeping satu dan biji berkeping dua. Sedangkan hewan tentu memiliki banyak kelas, salah satunya kelas mamalia.

5. Ordo

Berada di bawah kelas. Penamaan ordo tumbuhan biasanya ditambai kata -ales di bagian belakang. Jika pada hewan tidak ada ciri tertentu.

6. Famili atau keluarga

Biasanya terdapat suatu kelompok yang berkerabat serta memiliki beberapa kesamaan ciri. Pada tumbuhan nama famili akan berakhiran -aceae. Sedangkan pada hewan berakhiran -idae. Contohnya Rosaceae atau keluarga mawar dan Falidae atau keluarga kucing.

7. Genus

Nama ini diambil dari makhluk hidup atau berbagai kata. Nama genus diawali dengan huruf capital.

7. Spesies atau jenis

Menjadi satuan dasar untuk sistem klasifikasi. Spesies merupakan tingkatan terendah dalam sistem klasifikasi. Spesies merupakan makhluk hidup yang melakukan reproduksi dengan sesamanya untuk menghasilkan keturunan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat