uefau17.com

11 Cara Mengobati Eksim Berulang, Pakai Bahan Alami - Hot

, Jakarta Eksim merupakan kondisi ketika kulit seseorang kering, gatal, meradang, merah, bersisik, pecah-pecah, hingga bergelembung dan bernanah. Kondisi seperti ini jelas membuat penderitanya tak merasa nyaman, karena bisa terus terjadi berulang. Coba praktikkan cara mengobati eksim berulang untuk meredakannya.

Eksim berulang biasanya terjadi di area tangan, kaki, lipatan paha, hingga telinga. Penyebabnya juga beragam, mulai dari bahan kimia, sabun, suhu, dan kain. Jika terus dibiarkan, penderita eksim berulang bisa sampai mengalami asma, demam, dan alergi makanan. Jadi, memang penting memulai cara mengobati eksim berulang ini.

Cara mengobati eksim berulang ini mengandalkan bahan-bahan alami. Selain lebih aman tanpa bahan kimia, bahan ini pun mudah ditemukan dan didapatkan. Mulai dari minyak kelapa, lidah buaya, probiotik, kunyit, dan lain sebagainya. Cara ini bisa membantu meredakan peradangan dan cegah infeksi yang bisa datang berulang.

Berikut ulas cara mengobati eksim berulang dari berbagai sumber, Kamis (27/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa diandalkan sebagai cara mengobati eksim berulang. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa bersifat anti jamur, anti bakteri, antimikroba, dan antioksidan.

Kemampuan antibakteri minyak kelapa dapat mengurangi bakteri staphylococcus pada kulit, sehingga ampuh mencegah infeksi. Ini penting bagi penderita eksim karena bercak-bercak kulit yang meradang bisa pecah dan keluar, sehingga bakteri bisa masuk.

Minyak kelapa juga mengandung asam lemak sehat yang dapat menambah kelembapan pada kulit. Termasuk memberikan efek sejuk dan membantu melembabkan kulit kering karena eksim.

3 dari 7 halaman

Lidah Buaya dan Probiotik

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal memiliki sifat mendinginkan dan menenangkan kulit. Tak heran jika kemudian cara mengobati eksim berulang bisa mengandalkannya. Menurut sebuah penelitian, gel dari lidah buaya ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba.

Efek antibakteri dan antimikroba ini dapat mencegah infeksi kulit, menenangkan ruam dan mempercepat penyembuhan. Zat anti inflamasi pada lidah buaya dapat membantu menenangkan rasa gatal sekaligus sensasi terbakar pada kulit eksim.

Probiotik

Probiotik merupakan jenis bakteri baik yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Termasuk ampuh kurangi peradangan sebagai respon alergi. Jadi, memang probiotik cocok dijadikan sebagai cara mengobati eksim berulang.

Manfaat probiotik sebagai obat eksim tradisional dibuktikan dalam penelitian oleh American Journal of Clinical Dermatology. Probiotik terutama jenis Lactobacillus rhamnosus dapat mencegah dan mengobati gejala eksim. Bakteri baik ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi yogurt.

4 dari 7 halaman

Madu dan Kunyit

Madu

Madu juga cocok dijadikan cara mengobati eksim berulang. Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri alami. Madu pun sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu sebagai obat tradisional.

Sifat antiinflamasi dan antibakterinya dapat melawan infeksi. Kemudian meredakan luka kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Manfaat ini hanya bisa didapat dari madu murni.

Kunyit

Cara mengobati eksim berulang selanjutnya bisa mengandalkan kunyit. Hal ini dipengaruhi kandungan antioksidan kunyit. Terdapat pula kandungan kurkumin dan bahan aktif dalam kunyit.

Kemudian sifat anti-inflamasi dan bakterisida yang dapat membantu mengobati peradangan dan gatal kulit.

Campurkan satu setengah sendok teh kunyit dengan susu secukupnya. Campurkan untuk dijadikan krim oles kulit. Oleskan krim pada kulit eksim sebanyak dua kali sehari sampai kemerahan dan gatal hilang.

Selain itu, bisa juga meminum satu setengah sendok teh kunyit pada air mendidih dan aduk selama 10 menit. Tunggu hingga dingin terlebih dahulu supaya bisa mulai meminumnya. Jika tidak, cobalah membilas area eksim dengan ramuan ini.

5 dari 7 halaman

Tea Tree Oil dan Oatmeal

Tea Tree Oil

Tea tree oil bisa diandalkan sebagai cara mengobati eksim berulang. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan zinc oksida, clobetasone butyrate, dan ichthammol. Peradangan eksim bisa diredakan dengan mengoleskannya.

Meski begitu, jangan menggunakan tea tree oil murni langsung kepada kulit eksim. Hal ini untuk mengantisipasi tea tree oil murni yang justru dapat mengeringkan kulit. Hingga dapat memicu eksim datang kembali atau semakin parah.

Cobalah campurkan tea tree oil dengan minyak pelarut atsiri. Misalnya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak biji bunga matahari. Campurkan 1-2 tetes tea tree oil dengan 12 tetes minyak pelarut. Untuk hasil maksimal, oleskan secara berkala.

Oatmeal

Oatmeal selain nikmat dikonsumsi, juga bisa diandalkan sebagai cara mengobati eksim berulang. Hal ini disebabkan karena oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi, yang dapat meredakan gatal akibat eksim.

Cara menggunakannya, siapkan selembar kain tipis bersih serta oatmeal kering. Tuang 3 sendok oatmeal ke dalam kain, lalu ikat oatmeal di dalam kain menyerupai bundel kecil.

Lalu, tampung air yang akan digunakan mandi, masukkan bundel kain yang berisi oatmeal ke dalam bak mandi yang telah diisi air. Rendam selama kurang lebih 15 menit.

Selanjutnya, angkat bundel oatmeal, lalu gosok ke bagian tubuh yang terkena eksim. Kamu juga bisa membilas badanmu dengan air bak mandi tersebut. Lakukan secara rutin agar gatal eksim dapat segera reda.

6 dari 7 halaman

Garam Himalaya

Cara mengobati eksim berulang dengan bahan alami selanjutnya mengandalkan garam himalaya. Garam ini bisa dimanfaatkan dan diterapkan ketika mandi. Hal ini sudah diakui National Association of Eczema. Mereka mengatakan bahwa garam himalaya dapat menjadi obat herbal alternatif untuk eksim.

Kandungan natrium dalam garam dapat menarik limbah keluar dari pori-pori kulit. Pada saat yang sama, natrium bisa bersifat menyerap air untuk menjaga kelembapan kulit. Sehingga, area kulit eksim yang cenderung berisisik dapat terasa lebih lembap dan kenyal.

Campurkan 230 gram garam ke dalam bak mandi yang berisi air kira-kira 12 liter. Disarankan untuk berendan di dalam air garam selama 10 menit agar mineral garam terserap sempurna oleh kulit. Jangan gunakan air panas karena dapat memperparah eksim.

7 dari 7 halaman

Perawatan Kulit Eksim

Cegah Kulit Kering

Kamu bisa menggunakan sabun bayi dan mengoleskan pelembab pada kulit, hindari sepatu atau kaus kaki yang meningkatkan kelembaban pada kulit dan yang paling penting hindari untuk menggaruk.

Kurangi Stres

Penyakit kulit ini bisa menjadi tanda kamu sedang berada dalam suasana hati yang buruk atau gangguan depresi lainnya. Oleh karena itu, mengobati eksim salah satunya mengurangi stres yang dirasakan.

Mandi Teratur

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Annals of Allergy, Asma dan Imunologi 13 November mengungkapkan bahwa pasien eksim harus mandi secara teratur. Karena, banyak pasien eksim yang menghindari mandi karena khawatir akan mengeringkan kulit mereka.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat