uefau17.com

Statement adalah Pernyataan, Ketahui Bedanya dengan Kalimat Non-statements - Hot

, Jakarta Statement adalah kata yang cukup sering muncul dalam percakapan sehari-hari. Sebenarnya kata statement adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti pernyataan.

Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pernyataan artinya adalah hal menyatakan; tindakan menyatakan, permakluman; pemberitahuan.

Dengan kata lain, dapat dipahami bahwa statement adalah serangkaian maksud yang diwujudkan melalui serangkaian kata-kata. Sementara itu menurut Cambridge Dictionary, statement adalah sesuatu yang dikatakan atau ditulis seseorang secara resmi, atau tindakan yang dilakukan untuk menyatakan pendapat.

Untuk memahami lebih dalam apa yang dimaksud dengan statement, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Definisi Statement

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, statement adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, statement adalah pernyataan.

Menurut Cambridge Dictionary, statement adalah sesuatu yang dikatakan atau ditulis seseorang secara resmi, atau tindakan yang dilakukan untuk menyatakan pendapat.

Sementara itu seperti dikutip dari Future Learn, statement adalah adalah jenis kalimat yang benar atau salah. Dengan kata lain, statement adalah suatu kalimat yang informasi di dalamnya bisa dinilai benar atau salah.

Sebagai contoh, pernyataan "Kereta api selalu terlambat" dapat dikatakan memiliki informasi benar atau salah. Statement tersebut bisa dikatakan jika yang dijelaskan adalah kasusnya, yaitu jika memang benar bahwa kereta api selalu terlambat.

Namun statement tersebut bisa dikatakan salah, sebab kadang kereta datang tepat waktu, dan terkadang lebih awal. Seseorang mungkin dengan tidak sabar mengeluh bahwa kereta selalu terlambat untuk mengungkapkan kekesalan mereka dengan sistem kereta, tetapi sebenarnya apa yang mereka katakan itu salah.

Secara sederhana, statement adalah suatu ungkapan dalam bentuk kalimat, yang mengungkapkan sesuatu yang benar atau salah. Untuk mengetahui apakah suatu kalimat termasuk statement atau tidak, dapat ditanggapi dengan jawaban "benar" atau "salah."

Kembali pada contoh kalimat, "Kereta api selalu terlambat." Kalimat itu tidak aneh jika ditanggapi dengan jawaban, "benar" atau "salah."

3 dari 5 halaman

Kalimat Non-statements

Ada pula bentuk-bentuk kalimat yang tidak bisa dinilai benar atau salah. Kalimat yang tidak bisa dinilai benar atau salah disebut sebagai non-statements.

Sebagai contoh adalah kalimat, "Selamat datang di Indonesia!" Kalimat tersebut tentu akan sangat aneh jika dinilai benar atau salah. Bahkan jika ada seseorang yang mengatakan ucapan selamat datang seperti itu, dan kemudian kita menjawabnya dengan "salah," tentu akan terdengar sangat aneh.

Kalimat lain yang tidak bisa disebut sebagai statement adalah pertanyaan. Sebagai contoh, "Bagaimana saya berhenti merokok?"

Kalimat tersebut tidak menyatakan sesuatu yang benar atau salah.

Adapun kalimat yang termasuk dalam kalimat non-statements antara lain adalah kalimat tanya dan kalimat perintah. Sebab dua jenis kalimat tersebut tidak mengungkapkan sesuatu yang benar atau salah.

4 dari 5 halaman

Kalimat Ambigu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, statement adalah kalimat yang mengungkapkan sesuatu yang benar atau salah. Intinya, statement bahwa itu adalah jenis hal yang bisa benar atau salah.

Meski demikian, ada beberapa kasus yang membingungkan tentang statement. Sebab suatu kalimat bisa saja dapat memiliki dua makna yang berbeda. Hal itu disebut sebagai kalimat ambigu. Untuk lebih jelasnya simak contoh kalimat berikut,

"Budi menyapa semua orang dengan senyuman."

Kalimat tersebut dapat menggambarkan dua kondisi yang berbeda, yakni sebagai berikut:

1. Budi tersenyum dan kemudian dia menyapa semua orang. Dalam hal ini, memang benar dia menyapa semua orang dengan senyuman – senyumannya.

2. Mungkin ada orang yang tersenyum dan orang yang tidak tersenyum, dan John hanya menyapa mereka yang tersenyum.

Intinya, statement adalah jenis kalimat yang mengungkapkan sesuatu yang benar atau salah. Hal itu ditandai apakah kalimat tersebut bisa ditanggapi dengan jawaban "benar" atau "salah."

Sedangkan kalimat ambigu adalah kalimat yang dapat menggambarkan dua kondisi yang berbeda. Dengan kata lain, kalimat ambigu adalah kalimat yang mengandung dua statement atau lebih, yang berbeda.

Sedangkan kalimat tanya dan kalimat perintah tidak termasuk statement karena dua jenis kalimat tersebut tidak mengungkapkan sesuatu yang benar atau salah. Namun terkadang orang menggunakannya secara retoris untuk mengungkapkan pernyataan.

5 dari 5 halaman

Sinonim Statement

Dalam bahasa Inggris, kata statement memiliki relasi makna sinonimi dengan beberapa kata. Adapun sinonim dari statement antara lain adalah,

  1. Account, yakni laporan atau deskripsi dari suatu peristiwa atau pengalaman.
  2. Affidavit, yakni pernyataan tertulis yang dikukuhkan dengan sumpah atau janji, untuk digunakan sebagai bukti di pengadilan.
  3. Allegation, klaim atau pernyataan bahwa seseorang telah melakukan sesuatu yang ilegal atau salah, biasanya dibuat tanpa bukti.
  4. Announcement, yakni pernyataan publik dan biasanya formal tentang fakta, kejadian, atau niat.
  5. Assurance, yakni pernyataan positif yang dimaksudkan untuk memberikan kepercayaan; sebuah janji.
  6. Charge, yakni tuduhan, biasanya tuduhan yang dibuat secara resmi terhadap seorang tahanan yang dibawa ke pengadilan.
  7. Comment, yakni pernyataan lisan atau tertulis mengungkapkan pendapat atau reaksi.
  8. Description, yakni representasi lisan atau tertulis atau laporan tentang orang, objek, atau peristiwa.
  9. Explanation, yakni pernyataan atau laporan yang membuat sesuatu yang jelas.
  10. Presentation, yakni pidato atau pembicaraan di mana produk, ide, atau karya baru ditampilkan dan dijelaskan kepada audiens.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat