uefau17.com

Doa Mohon Perlindungan dari Kejahatan Semua Makhluk, Termasuk Jin, Binatang, dan Manusia - Hot

, Jakarta Sebagai orang yang beriman, tentu hanya kepada Allah SWT saja kita meminta pertolongan, termasuk perlindungan dari berbagai ancaman. Oleh karena itu ketika sedang merasa terancam atau merasa tidak aman, penting bagi kita untuk memohon pertolongan kepada Allah SWT dengan membaca doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk.

Sebab, ancaman bisa datang dari mana saja. Bahkan perbuatan jahat tidak hanya bisa dilakukan oleh makhluk dari golongan manusia. Perbuatan jahat juga bisa dilakukan oleh makhluk dari golongan jin. Oleh karena itulah kita wajib tahu sejumlah dari bacaan doa mohon perlindungani kejahatan semua makhluk.

Bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk, bisa saja berbeda-beda tergantung dari makhluk jenis apa kita ingin dilindungi. Bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk dari golongan manusia, jin, hewan, bisa jadi berbeda satu sama lain.

Dengan kata lain, ada beberapa bacaan mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk. Berikut adalah sejumlah bacaan mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (16/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Mohon Perlindungan dari Setan

Salah satu hal yang penting untuk kita minta kepada Allah adalah perlindungan dari setan. Sebab setan akan memberi bisikan-bisikan yang membuat umat manusia berada dalam kesesatan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk dari golongan setan.

Setidaknya ada tiga bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk dari golongan setan, yakni sebagai berikut:

1. Mohon Perlindungan dari Godaan

أَعُوْذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir-rojiim.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.”([1])

2. Surat Al-Mu'minun ayat 97-98

رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِينِ وَأَعُوذُ بِكَ رَبِّ أَنْ يَحْضُرُونِ

Robbi a’uudzu bika min hamazaatisy-syayaathiin, wa a’uudzu bika robbi an yah-dhuruun.

“Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan syaitan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku”. (QS. Al-Mu’minun: 97-98)

3. Mohon Perlindungan agar Tidak Disesatkan ketika Mati

وَأَعُوذُ بِكَ أَن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيطَانُ عِندَ المَوتِ

wa'audzu bika 'an yatakhabbatani alshshaytan 'inda almaut

Artinya: “Aku berlindung kepada-Mu agar tidak disesatkan setan ketika kematian”.

3 dari 5 halaman

Doa Mohon Perlindungan dari Orang Jahat

Selain setan dari golongan jin, sesama manusia bahkan sering menjadi ancaman bagi manusia lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon perlindungan dari Allah SWT dengan membaca membaca doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk dari golongan manusia.

Berikut adalah sejumlah bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk dari golongan setan:

1. Doa Minta Perlindungan dari Fitnah

رَبَّنَا لَا تَجْعَلْنَا فِتْنَةً لِّلْقَوْمِ الظّٰلِمِيْنَ

Rabbana la taj'alna fitnatan lil qoumidh-dholimin.

Artinya: "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi kaum yang zalim."

2. Doa Minta Perlindungan dari Orang Zalim

رَّبِّ ٱغْفِرْ لِى وَلِوَٰلِدَىَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَٱلْمُؤْمِنَٰتِ وَلَا تَزِدِ ٱلظَّٰلِمِينَ إِلَّا تَبَارًۢا

Rabbighfir lī wa liwālidayya wa liman dakhala baitiya mu'minaw wa lil-mu'minīna wal-mu'mināt, wa lā tazidiẓ-ẓālimīna illā tabārā

Artinya: “Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan" (QS. Nuh: 28).

Selain membaca doa tersebut, memohon perlindungan dari orang zalim juga bisa dilakukan dengan membaca doa berikut:

رَبِّ نَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ

Rabbi najjini minal qaumidhalimin.

Artinya: "Ya Tuhanku, selamatkanlah aku dari orang-orang yang zalim." (QS al-Qashash: 21).

4 dari 5 halaman

Doa Perlindungan dari Sihir dan Santet

Sihir dan santet merupakan hal yang digunakan untuk niat buruk, biasanya untuk mencelakai orang lain. Bahkan, sempat ada upaya untuk mencelakai Nabi Muhammad SAW dengan menggunakan sihir. Jika Nabi Muhammad SAW saja bisa terkena sihir, lalu bagaimana dengan manusia biasa seperti kita?

Oleh karena itulah kita perlu memohon perlindungan dari Allah SWT dari sihir dan santet. Adapun bacaan doa memohon perlindungan dari sihir dan santet adalah sebagaiu berikut:

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk).” (HR. Bukhari, no. 3371).

5 dari 5 halaman

Doa Mohon Perlindungan dari Binatang

Selain dari manusia dan jin, makhluk yang sering memberikan ancaman pada manusia adalah binatang. Apalagi banyak jenis binatang yang memiliki kemampuan untuk mencelakakan manusia. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dengan membaca membaca doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk dari golongan hewan atau binatang.

Adapun bacaan mohon perlindungan dari ancaman binatang adalah sebagai berikut:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

A’udzu bikalimatillahittammati min syarri maa khalaq

Artinya: Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakanNya.

Imam Ahmad dan Imam An-Nasa’i meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda, barangsiapa membaca doa ini pada sore hari sebanyak tiga kali, tidak berbahaya baginya sengatan (binatang berbisa) pada malam itu.

Selain itu, sebagian ulama mengatakan, apabila bertemu dengan binatang buas, seperti ular maupun kalajengking, hendaknya membaca Surat Ash Shaffaat Ayat 79:

سَلٰمٌ عَلٰى نُوْحٍ فِى الْعٰلَمِيْنَ

Salamun ‘ala Nuhin fil ‘alamin.

Artinya: “ Kesejahteraan dilimpahkan atas Nuh di seluruh alam.”

Sebagian ulama menuturkan, hewan-hewan telah mengambil perjanjian dengan Nabi Nuh ‘Alaihis Salam untuk tidak merugikan dan mengganggu siapa pun ketika mereka naik Bahtera Nabi Nuh ‘Alaihis Salam.

Demikian adalah sejumlah bacaan doa mohon perlindungan dari kejahatan semua makhluk, baik dari golongan binatang, jin, dan manusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat