uefau17.com

10 Doa Pagi Hari Islam untuk Memohon Kemudahan, Perlindungan, dan Terhindar dari Kejahatan - Hot

, Jakarta Doa pagi hari Islam adalah salah satu cara bagi umat Muslim untuk memohon rahmat dan berkah dari Allah SWT serta memulai hari dengan kesadaran spiritual. Pagi dianggap sebagai waktu yang baik untuk membangun semangat dan pikiran positif. Setiap pagi, umat Muslim berharap menerima berkah dari Allah SWT untuk mengawali hari dengan baik.

Doa pagi hari Islam memiliki banyak manfaat, termasuk memberikan ketenangan jiwa, menguatkan ikatan spiritual dengan Allah, dan membawa berkah dalam setiap aspek kehidupan. Islam mengajarkan bahwa pentingnya menjalin hubungan yang erat dengan Allah dalam setiap aspek kehidupan, termasuk di pagi hari.

Pentingnya doa pagi hari Islam tercermin dalam keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan di pagi hari. Dalam Islam, saat bangun tidur di pagi hari adalah waktu yang istimewa untuk berdoa dan memohon keberkahan serta perlindungan Allah SWT.

Doa pagi hari Islam dapat dibaca setelah menjalankan sholat subuh, dan tujuannya adalah untuk memohon berkah, rizki, dan ridho Allah. Keyakinan umat Muslim adalah bahwa jika Allah memberikan ridho-Nya, maka segala urusan dan rezeki dalam kehidupan akan dipermudah.

Dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (13/9/2023), berikut kumpulan doa pagi hari Islam, yang bisa kta amalkan setiap hari agar diberi kelancaran di setiap aspek kehidupan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Doa Pagi Hari Islam agar Senantiasa Dilancarkan

Doa pagi hari Islam adalah sebuah tindakan spiritual yang umat Muslim lakukan setiap pagi sebelum memulai aktivitas mereka. Doa ini memiliki tujuan utama yaitu memohon perlindungan dan bimbingan dari Allah SWT untuk mengawali hari dengan baik. Beberapa doa pagi yang umumnya dibaca oleh umat Muslim mencerminkan kesadaran akan ketergantungan kepada Allah dan harapan agar segala urusan dalam hari tersebut dimudahkan oleh-Nya.

Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa yang dianjurkan untuk dibaca setiap pagi. Begini bacaan doanya:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Artinya: “Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali,” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Selain dapat membaca doa tersebut, agar segala urusan dilancarkan dan dimudahkan, kita juga diperkenankan membaca doa pagi hari Islam, yang terdapat dalam Al-Quran surah Thaha ayat 25 hingga 28.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbis rahlii shadrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani yafqahu qaulii.

Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, agar mereka mengerti perkataanku."

Doa Pagi Hari Islam agar Dimudahkan dalam Mencari Rezeki Halal

Rezeki halal adalah rizki yang diperoleh secara sah sesuai dengan ajaran agama, yang akan membawa berkah, kedamaian, dan keberkahan dalam kehidupan. Mencari rezeki halal juga merupakan kewajiban bagi umat Muslim, yang akan mendatangkan kebaikan dan menjauhkan dari dosa dan akibat buruk yang dapat muncul jika mencari rezeki dengan cara yang tidak sah atau haram.

Setiap memulai pekerjaan di pagi hari untuk mencari rezeki halal, sebagai Muslim kita disunahkan membaca doa agar diberikan kelancaran. Berikut bacaan doanya:

اَللّهُمَّ ارْزُقْنِيْ رِزْقًا حَلاَلاً طَيِّباً, وَاسْتَعْمِلْنِيْ طَيِّباً. اَللّهُمَّ اجْعَلْ اَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّيْ وَانْقِطَاعِ عُمْرِيْ. اَللّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ, وَاَغِْننِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ رِزْقًا وَاسِعًا نَافِعًا. اَللّهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ نَعِيْمًا مُقِيْمًا, اَلَّذِيْ لاَ يَحُوْلُ وَلاَ يَزُوْلُ.

Allahummarzuqnii rizqan halaalan thayyiban, wasta'milnii thayyiban. Allahummaj'al ausa'a rizqika 'alayya 'inda kibari sinnii wanqithaa'i 'umrii. Allahummakfinii bihalaalika 'an haraamika wa aghninii bifadhlika 'amman siwaaka. Allahumma innii as-aluka rizqan waasi'an naafi'an. Allahumma innii as-aluka na'iimaan muqiiman, alladzii laa yahuulu wa laa yazuulu

Artinya: "Ya Allah, berilah padaku rezki yang halal dan baik, serta pakaikanlah padaku segala perbuatan yang baik. Ya Tuhanku, jadikanlah oleh-Mu rezekiku itu paling luas ketika tuaku dan ketika lemahku. Ya Allah, cukupkanlah bagiku segala rezki-Mu yang halal daripada yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu dari yang lainnya. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu rezki yang luas dan berguna. Ya Allah, aku mohonkan pada-Mu nikmat yang kekal yang tidak putus-putus dan tidak akan hilang."

3 dari 6 halaman

Doa Pagi Hari Islam agar Diberi Petunjuk

Memohon petunjuk dan bimbingan dari Allah SWT sebelum mengawali hari adalah penting karena itu adalah tindakan kesadaran akan ketergantungan kepada Allah sebagai Pencipta. Dengan berdoa, kita mencari arahan-Nya dalam menjalani hari, meminta agar tindakan dan keputusan kita sesuai dengan kehendak-Nya, dan memohon perlindungan dari godaan dan kesalahan. Ini membantu kita menjalani hari dengan kesadaran spiritual, menjauhi keputusan yang salah, dan mencari berkah dalam setiap langkah kehidupan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa pagi hari Islam untuk memohon petunjuk jalan yang lurus. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

Rabbanaa aatinaa minladunka rahmataw-wahayyi lanaa min amrinaa rosyada.

Artinya: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”

Doa Pagi Hari Islam agar Diringankan Cobaan dan Beban Hidup

Mengajukan permohonan kepada Allah agar cobaan dan beban hidup diringankan adalah tindakan yang sangat diperbolehkan dalam Islam. Ini mencerminkan kesadaran umat Muslim bahwa Allah adalah Penyelamat dan Penolong dalam menghadapi cobaan hidup.

Memohon agar diringankan beban juga menunjukkan tawakal kepada Allah dan keyakinan bahwa Dia Maha Kuasa untuk mengubah keadaan. Dengan doa ini, umat Muslim berharap agar Allah memberikan kemudahan dalam menghadapi cobaan dan memberikan kekuatan untuk menjalani kehidupan dengan lebih baik.

Berikut adalah bacaan doa pagi hari Islam, untuk memohon diringankan beban,yang tertuang dalam Al-Quran surah Al-Baqarah ayat 286:

رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ ࣖ

Rabbana laa tuaa-khidzna innasiina au akhtho'na, rabbana wala tahmil 'alaina ishran kama hamaltahu 'alalladziina min qablina, rabbana wala tuhammilna ma la thooqatalanabih, wa'fu'anna waghfirlana warhamna, anta maulana fansurna 'alal qaumilkaafiriin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.”

4 dari 6 halaman

Doa Pagi Hari Islam agar Diberi Petunjuk sebelum Mengambil Keputusan

Memohon petunjuk Allah sebelum mengambil keputusan penting karena itu membantu kita membuat pilihan yang bijaksana dan sesuai dengan kehendak-Nya. Ini mencerminkan ketergantungan kepada Allah sebagai Pencipta yang Maha Bijaksana dan Maha Mengetahui. Dengan memohon petunjuk-Nya, kita berusaha menghindari kesalahan dan mencari jalan yang benar, yang dapat membawa berkah dan kesuksesan dalam kehidupan.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus memohon kepada Allah dengan membaca doa pagi hari Islam agar diberi kebijaksanaan dalam mengambil keputusan. Berikut bacaan doanya sebagaimana telah tertuang dalam Al-Quran surah Al-A'raf ayat 89:

رَبَّنَا افْتَحْ بَيْنَنَا وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالْحَقِّ وَاَنْتَ خَيْرُ الْفَاتِحِيْنَ

Rabbanaftah bainanaa wa baina qauminaa bilhaqqi wa anta khairul faatihiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah keputusan antara kami dan kaum kami dengan hak (adil). Engkaulah pemberi keputusan terbaik.”

Doa Pagi Hari Islam agar Senantiasa dalam Perlindungan Allah

Memohon perlindungan kepada Allah SWT setiap pagi hari penting karena itu adalah tindakan untuk melindungi diri dari bahaya, godaan, dan kesulitan yang mungkin kita hadapi dalam menjalani hari. Ini juga mencerminkan ketergantungan kepada Allah sebagai Pelindung yang Maha Kuasa dan kesadaran bahwa kita butuh-Nya dalam setiap langkah kehidupan. Dengan berdoa, kita mencari perlindungan dan keberkahan-Nya untuk mengawali hari dengan baik dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan keselamatan.

Oleh karena itu penting bagi kita sebagai Muslim untuk mengamalkan doa pagi hari Islam agar senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Berikut bunyi doanya yang dapat kamu baca setiap harinya:

Allahumma innii as-aluka min khairi hadzal amali wa khairi maa fiihi, wa'audzubika min syarri haadzal amali wasyarri maa fiihi innaka 'alaakulli syaiin qadiir

Artinya: "Ya Allah, aku memohon pada-Mu kebaikan pekerjaan ini dan segala kebaikan yang ada di dalamnya, dan aku berlindung padaMu daripada keburukan pekerjaan ini dan segala keburukan yang ada di dalamnya. Sesungguhnya di atas segala sesuatu itu Engkaulah yang maha berkuasa menentukannya."

5 dari 6 halaman

Doa Pagi Hari Islam agar Senantiasa dalam Kebaikan dan Terhindar dari Kejahatan

Membaca doa di pagi hari penting karena itu adalah cara untuk memohon perlindungan dan berkah dari Allah SWT. Dengan berdoa, kita berharap agar selalu berada dalam kebaikan, terhindar dari kejahatan, dan mendapatkan bimbingan-Nya dalam menjalani hari. Ini menciptakan kesadaran spiritual dan membantu kita menjaga integritas moral serta keselamatan dalam tindakan sehari-hari.

Oleh karena itu penting bagi kita untuk membaca doa pagi hari Islam agar senantiasa dalam kebaikan dan terhindar dari kejahatan. Adapun bacaan doanya adalah sebagai berikut:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ المُلْكُ لِلَّهِ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وَحْدَهُ لا شَرِيكَ له، له المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهو علَى كُلِّ شيءٍ قَدِيرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ ما بَعْدَهَا، وَأَعُوذُ بكَ مِن شَرِّ ما في هذِه اللَّيْلَةِ وَشَرِّ ما بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِنَ الكَسَلِ وَسُوءِ الكِبَرِ، رَبِّ أَعُوذُ بكَ مِن عَذَابٍ في النَّارِ وَعَذَابٍ في القَبْرِ

Ashbahnaa wa ashbahal mulku lillah walhamdulillah, laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodir. Rabbi as-aluka khoiro maa fii hadzal yaum wa khoiro maa ba’dahu, wa a’udzu bika min syarri maa fii hadzal yaum wa syarri maa ba’dahu. Rabbi a’udzu bika minal kasali wa su-il kibar. Robbi a’udzu bika min ‘adzabin fin naari wa ‘adzabin fil qobri.

Artinya: “Kami telah memasuki waktu pagi dan kerajaan hanya milik Allah, segala puji bagi Allah. Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Hanya milik Allah kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhanku, aku mohon kepada-Mu kebaikan di hari ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan hari ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Rabbku, aku berlindung kepada-Mu dari siksaan di neraka dan siksaan di alam kubur.”

6 dari 6 halaman

Doa Pagi Hari Islam agar Dilindungi dari Godaan Setan

Memohon perlindungan dari godaan setan penting karena setan adalah musuh dalam ajaran Islam yang berupaya menggoda manusia agar melakukan perbuatan dosa dan kesalahan. Dengan memohon perlindungan, kita berusaha menjauhkan diri dari pengaruh negatif setan dan menjaga kesucian hati serta iman. Ini adalah upaya untuk tetap berada di jalan yang benar, menjalani kehidupan sesuai dengan ajaran agama, dan menjauhi segala bentuk godaan yang dapat merusak moral dan spiritual kita.

Adapun bacaan doa pagi hari Islam agar senantiasa dalam perlindungan Allah SWT dari godaan setan adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ فَاطِرَ السَمَوَاتِ وَالأَرْضِ، عَالِمَ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ رَبَّ كُلِّ شَيْءٍ وَمَلِيْكَهُ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ نَفْسِيْ وَشَرِّ الشَّيْطَانِ وَشِرْكِهِ

Allāhumma fāthiras smāwāti wal ardhi, ‘ālimal ghaibi was syahādah, rabba kulli syai’in wa malīkah, asyhadi an lā ilāha illā anta. A‘ūdzu bika min syarri nafsī wa syarris syathāni wa syirkih.

Artinya: “Tuhanku, pencipta langit dan bumi, yang mengetahui hal yang ghaib dan nyata, tuhan dan penguasa segala sesuatu. Aku bersaksi tiada tuhan selain Kau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan nafsuku, kejahatan setan dan sekutunya,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Doa Pagi Hari Islam agar Dihindarkan dari Kemudharatan

Mengamalkan doa pagi hari dalam Islam penting karena itu adalah cara untuk memohon perlindungan dari Allah SWT agar terhindar dari kemudharatan dalam menjalani hari. Ini mencerminkan kesadaran akan ketergantungan kepada Allah sebagai pelindung yang Maha Kuasa dan mengingatkan kita untuk memulai hari dengan kesadaran spiritual serta perlindungan-Nya dalam aktivitas sehari-hari.

Berikut bacaan doa pagi hari Islam agar dihindarkan dari mudharat. Doa ini dibaca sebanyak 3 kali setiap pagi.

بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ

Bismillāhil ladzī lā yadhurru ma‘as mihī syai’un fil ardhi wa lā fis samā’i wa huas samī‘ul ‘alīm.

Artinya: "Dengan nama Allah, Dzat yang apa pun di bumi dan di langit tidak mudharat dengan asma-Nya. Dia Maha Mendengar dan Maha Mengetahui,” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat