uefau17.com

Kualitas Air Dapat Memengaruhi Kesehatan Rambut - Health

, Jakarta - Selain iklim, kelembapan, dan produk yang dipakai ternyata kualitas air yang  digunakan saat keramas memengaruhi kesehatan rambut

Jika kamu pernah memperhatikan betapa halus dan berkilaunya rambutmu ketika di daerah A, kamu mungkin akan bertanya-tanya: “Apakah air di daerah B buruk bagi rambutku?” Mari kita cari tahu.

Kualitas air tidak ditentukan hanya oleh kebersihan atau kemurniannya saja, tetapi ditentukan oleh sifat fisik, kimia, dan biologinya.

Banyak bangunan modern memiliki sistem penyaringan alami. Sehingga beberapa kota dan negara bagian memiliki air berkualitas baik seperti mengutip Beauty Hub, Jumat (15/9/2023).

Sementara itu, pada rumah dengan air yang mengandung kalsium dan magnesium atau disebut air sadah bisa memengaruhi kerja sampo. 

Salah satu cirinya, bisa dilihat ada tumpukan kerak pada ceret dan keran. Residu air sadah dapat menyebabkan masalah kulit kepala. 

Residu tersebut ini dapat menempel pada helai rambut bersama dengan minyak, kulit mati, dan penumpukan produk.

Air seperti ini juga dapat memperburuk kondisi seperti dermatitis seboroik, yang dapat menyebabkan gatal dan ketombe.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Paparan air sadah dapat melemahkan helai rambut

Selain itu, studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Trichology menemukan bahwa memaparkan sampel rambut ke air sadah selama tiga bulan mengakibatkan helai rambut melemah.

Namun, penelitian mencatat bahwa sampo dan kondisioner dapat mengurangi efek ini dengan mengangkat mineral dari batangnya.

Produk pembersih seperti sampo dan kondisioner dapat membantu membersihkan rambut dan kulit kepala dari residu jika digunakan terus-menerus.

 

 

 

 

3 dari 4 halaman

PH Air yang Baik untuk Kulit

Tingkat pH kulit kepala adalah 5,5 dan pH batang rambut adalah 3,5.

Air sadah bersifat basa dengan pH 8 atau 9. Penggunaan air seperti ini bisa mengakibatkan rambut rusak, kusut, dan rontok.

Tips 

Memang benar, kualitas air dapat memengaruhi rambut dan kulit kepala, namun ini merupakan masalah umum yang tidak dapat diatasi oleh kebanyakan orang.

Kamu dapat mencoba menggunakan sistem penyaringan seluruh rumah untuk mengubah kualitas air. 

Jika ini bukan pilihan bagimu, perawatan rambut yang konsisten dapat membantu.

 

4 dari 4 halaman

Gunakan Produk Sesuai Dengan Masalah Rambutmu

Gunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan rambutmu secara teratur.

Sampo anti ketombe untuk ketombe, kondisioner keratin untuk rambut kusut dan rusak, dan minyak rambut untuk rambut kering.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat