uefau17.com

3 Penyebab Rambut Rontok, Bisa Juga karena Masalah Kesehatan - Health

, Jakarta - Sebagai wanita, hubungan dengan rambut bisa menjadi sangat lekat. Rambut bisa menjadi bentuk identitas dan kebanggaan, entah mungkin karena sedang bergaya rambut berombak atau poni lurus.

Itu sebabnya ketika menyadari bahwa rambut menipis dapat menyebabkan ketakutan. Sebenarnya, apa penyebab rambut rontok? Dokter mengungkapkan ada beberapa alasan yang sangat umum mengapa hal ini bisa terjadi.

Dilansir dari Women's Health, ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok atau menipis:

1. Trauma

Trauma bisa bersifat fisik seperti menjalani operasi atau mengalami kecelakaan mobil. Bisa juga trauma bersifat emosional, seperti kehilangan seseorang yang dicintai atau hubungan yang penuh tekanan. 

"Anda bisa mengalami kerontokan rambut 'kejutan', yang juga dikenal sebagai telogen effluvium, yang bersifat self-limited dan akan hilang dengan sendirinya, namun bisa bertahan hingga enam bulan," jelas Deanne Mraz Robinson, M.D., asisten profesor klinis dermatologi. di Rumah Sakit Yale New Haven.

Apa yang Harus Dilakukan: Selain mencoba mengelola stres, perbanyak konsumsimakanan kaya vitamin B yang terdiri dari biji-bijian, protein, dan sayuran berdaun hijau gelap, yang semuanya membantu memerangi kerontokan rambut, kata dokter kulit Kota New York, Marina Peredo, M.D. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Hairstyling Berlebihan pada Rambut

Apakah kamu pernah memutihkan rambut? Mencatok setiap hari? Gonta-ganti warna cat rambut? Jika demikian, itu mungkin terlalu berlebihan untuk rambutmu, seperti disampaikan Peredo.

Bahkan menarik, menyentuh, dan memutar-mutar helai rambut secara berlebihan pakai jari dapat menyebabkan ketegangan yang berujung pada kerontokan rambut.

“Mengepang kuat serta kuncir kuda yang ditarik ke belakang yang dikenakan terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dan helai rambut, menyebabkan kerapuhan dan kerusakan yang terlihat seperti penipisan,” tambah  Peredo.

Yang Harus Dilakukan: Jangan terlalu memaksakan kehendak terhadap rambutmu. Rawat rambut dengan baik, serta pilihlah sampo dan kondisioner lembut bebas sulfat.

 

3 dari 3 halaman

3. Masalah Medis

3. Masalah Hormonal atau Medis

“Rambut yang menipis secara tiba-tiba bisa menjadi gejala anemia (jumlah sel darah merah yang rendah), masalah hormonal terutama yang berhubungan dengan kejadian seperti kehamilan, atau kelainan tiroid, yang semuanya sangat umum terjadi pada wanita,” kata Peredo.

Yang Harus Dilakukan: Jika mencurigai ada faktor hormonal atau medis yang berperan, temui dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan darah.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat