uefau17.com

Terpilihnya Lilly Indiani Sebagai Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2023 Momen Bersejarah bagi Papua Pegunungan - Health

, Jakarta Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI tak akan lengkap tanpa kehadiran pembawa baki. Kali ini, Lilly Indiani Suparman Wenda yang terpilih menjadi pembawa baki di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Kehadiran Lilly Indiani dari tim Paskibraka Nasional 2023 sebagai pembawa baki merupakan momen yang begitu bersejarah. Sebab, 10 tahun terakhir, pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI tidak berasal dari Tanah Papua.

Hal menarik lainnya adalah Papua Pegunungan resmi menjadi provinsi pada akhir Juni 2022. Kali pertama mengirimkan wakilnya, siswa dari Papua Pegunungan langsung terpilih menjadi Paskibrakan Nasional yang membawa baki bendera merah putih dalam HUT RI ke 78 pada 17 Agustus 2023. 

Lilly Indiani Suparman Wenda merupakan siswi yang tengah menempuh pendidikan di SMAN 1 Wamena. Diketahui, Lilly Indiani yang menjadi perwakilan dari Provinsi Papua Pegunungan.

"Bertugas pagi adalah tim Indonesia Maju, dan yang bertugas sore adalah tim Indonesia Jaya. Untuk tim Indonesia Maju membawa bakinya adalah dari Papua pegunungan, saudari Lilly Wenda," ujar Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Rima Agristina melalui keterangan Sekretariat Presiden, Kamis 17 Agustus 2023.

Lilly Indiani Tak Mengira Akan Terpilih

Lilly Indiani mengungkapkan bahwa dirinya tidak menyangka akan terpilih sebagai pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka.

"Aku kira bukan aku yang bawa baki, karena yang lain banyak yang lebih daripada aku. Tapi, ternyata aku. Puji Tuhan. Enggak nyangka, sampai nangis," ujar Lilly.

"Senang banget. Bangga juga pembawa baki. Terus pengibaran lagi bawanya," sambung Lilly dengan senyum lebar.

Sebelumnya, pada Selasa, 15 Agustus 2023, tim Paskibraka Nasional 2023 dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ada sebanyak 76 orang dari masing-masing provinsi di Indonesia yang akan bertugas pada Upacara Peringatan HUT RI ke-78 di Istana Merdeka.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perwakilan Papua untuk Paskibraka Nasional 2023

Dalam kesempatan yang sama, Rima mengungkapkan bahwa dengan bertambah empat provinsi di Indonesia, maka tim Paskibraka Nasional 2023 jadi otomatis ikut bertambah empat pasang.

"Jadi karena ada tambahan empat provinsi, maka penambahan juga empat pasang dari Papua. Ini membuat semakin dinamis ya, dan semakin merepresentasikan Indonesia," kata Rima.

Rangkaian upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Halaman Istana Merdeka sendiri sudah dimulai sejak pukul 08.30 WIB.

3 dari 4 halaman

Pembawa Baki dari Paskibraka Nasional dari Tahun ke Tahun

Setiap tahunnya, ada pembawa baki yang berbeda-beda dari tiap provinsi. Pada 2022 lalu, pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI adalah I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi.

Saat menjalankan tugas, I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi menjadi perwakilan Paskibraka Nasional 2022 dari Bali. I Dewa sendiri berasal dari Kudus, Jawa Tengah dan berasal dari SMA Negeri 2 Kudus.

Sedangkan untuk Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada 2022 lalu yang berlangsung sore hari adalah Ayumi Putri Sasaki.

Ayumi diketahui berasal dari SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi.

4 dari 4 halaman

Nama Pembawa Baki untuk Upacara Peringatan HUT RI

Berikut daftar nama pembawa baki untuk Upacara Peringatan HUT RI dari tahun ke tahun selama lima tahun terakhir.

2023

  • Lilly Indiani Suparman Wenda (Papua Pegunungan)
  • Keyla Azzahrah Purnama (Sumatera Utara)

2022

  • I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi (Bali)
  • Ayumi Putri Sasaki (Jawa Timur)

2021

  • Ardelia Muthia Zahwa (Sumatera Utara)
  • Qyara Maharani Putri (Jawa Barat)

2020

  • Indrian Puspita Rahmadhani (Aceh)
  • Sylvia Kartika Putri (Sumatera Utara)

2019

  • Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi (Jawa Tengah)
  • Aisyah Rahmawati (Bengkulu)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat