uefau17.com

Muncul Kasus Antraks di Gunungkidul, Ketua MPR Bamsoet Minta Pencegahan dan Pengendaliannya Terus Dilakukan - Health

, Jakarta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengonfirmasi tiga orang meninggal dunia akibat antraks di Gunungkidul, Yogyakarta. Sementara itu, ada pula 93 orang lainnya yang dinyatakan positif antraks.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada beberapa poin penting yang diminta oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet). Pertama, berkaitan dengan penyelidikan epidemiologi terkait awal mula penularan kasus suspek antraks.

Bamsoet meminta pemerintah melalui Kemenkes, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) bersama para pakar untuk terus melakukan penyelidikan epidemiologi terkait awal mula penularan kasus suspek antraks.

"Di samping bersama Dinas Kesehatan untuk bergerak cepat melakukan upaya mitigasi dan isolasi wilayah di daerah-daerah yang memiliki kasus antraks, dengan menurunkan Tim Kesehatan Hewan ke lokasi," ujar Bamsoet melalui keterangan pada Health , Kamis (6/7/2023).

"Sehingga diharapkan, kasus antraks yang terjadi khususnya pada hewan ternak sapi tidak meluas ke daerah lainnya," sambungnya.

Pencegahan dan Pengendalian Antraks

Bamsoet mengungkapkan bahwa pihaknya meminta agar Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk terus melakukan tindakan pencegahan serta pengendalian antraks sesuai standar penanganannya.

Serta, menggencarkan sosialisasi serta edukasi kepada masyarakat, utamanya kepada petani dan peternak terkait penyakit antraks yang dapat ditularkan melalui hewan ternak.

Di Indonesia sendiri, kasus antraks sudah mulai muncul sejak tahun 1880-an. Dari tahun ke tahun, antraks bermunculan pada beberapa provinsi berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sosialisasi dan Edukasi Soal Antraks

Lebih lanjut Bamsoet mengungkapkan bahwa sosialisasi dan edukasi pada masyarakat dapat mencakup beberapa hal.

"Baik mulai dari gejala, cara penularannya, hingga risiko akibat terinfeksi antraks. Sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih aware dan menghindari faktor-faktor yang dapat menularkan," kata Bamsoet.

Begitupun perihal pemantauan situasi penyebaran bakteri antraks. Bamsoet menyebut jikalau Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan perlu memantau situasi penyebaran bakteri antraks dengan terus melakukan mitigasi dan pencegahan.

"Di samping memastikan vaksinasi di daerah yang endemis antraks dilakukan secara rutin juga memperketat pengawasan lalu lintas ternak," ujar Bamsoet.

3 dari 3 halaman

Pentingnya Beri Imbauan pada Masyarakat soal Antraks

Dalam kesempatan yang sama, Bamsoet pun meminta agar pemerintah memberikan imbauan pada masyarakat agar bisa selalu waspada.

"Memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai risiko penularan utamanya di daerah endemis antraks," kata Bamsoet.

"Serta agar tidak mudah tergiur membeli daging murah terlebih pasca Idul Adha. Mengingat, bakteri antraks menular melalui kontak maupun konsumsi hewan atau daging sapi yang sakit," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat