uefau17.com

Korban Meninggal Tabrakan Kereta di India Bertambah, Mendekati 300 Jiwa dan Lebih dari 850 Orang Terluka - Health

, Jakarta - Korban meninggal akibat tabrakan kereta di India nyaris menyentuh angka 300 jiwa. CBS News melaporkan setidaknya 288 orang meninggal dunia dan lebih dari 850 lainnya terluka dalam kecelakaan yang terjadi di Balasore, India, Jumat (2/6/2023).

Jumlah korban tewas diperkirakan akan meningkat karena dikhawatirkan ada banyak penumpang yang terjebak di dalam gerbong kereta yang hancur. Tim penyelamat memotong kompartemen besi, dan menggunakan anjing pelacak, untuk mencari korban selamat dan korban meninggal.

Pada Sabtu pagi, tentara India bergabung dengan Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF), polisi, dan tim penyelamat lainnya untuk mencari korban selamat tabrakan kereta api India.

"Kami tidak terlalu berharap untuk menyelamatkan siapa pun dalam keadaan hidup," kata Sudhanshu Sarangi, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Odisha kepada wartawan pada Sabtu pagi.

Kepala Sekretaris Odisha Pradeep Jena mengatakan lebih dari 200 ambulans dikerahkan, membawa korban luka ke rumah sakit.

CBS melaporkan, lonjakan korban tabrakan kereta yang linglung dan berdarah membanjiri rumah sakit lokal kecil yang tidak terbiasa dengan masuknya pasien trauma tinggi dalam jumlah besar.

Rekaman dari lokasi kecelakaan menunjukkan jenazah diletakkan berbaris di rel dan yang terluka dipindahkan ke rumah sakit, sementara tim penyelamat dengan putus asa memeriksa kompartemen kereta api yang terbalik dan campur aduk. Pemerintah negara bagian di India telah mengumumkan hari berkabung.  

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Evakuasi Masih Berlanjut

Pihak berwenang setempat mengatakan pada Sabtu (3/6) malam bahwa upaya pencarian telah dihentikan tetapi akan dilanjutkan pada Minggu.

“Masih berlangsung. Kami perlu mengangkat puing-puing dan melihat apa yang ada di bawahnya… Sebuah derek telah tiba, kami akan menarik gerbongnya satu per satu tetapi kami tidak memiliki banyak harapan untuk menemukan korban selamat,” kata kepala layanan pemadam kebakaran Odisha, Sudhanshu Sarangi, kepada saluran berita lokal, NDTV.

“Kami belum pernah melihat begitu banyak mayat sebelumnya. Menyedihkan tapi kami berusaha.”

Pemerintah di negara bagian yang berpenduduk sekitar 44 juta itu pun mengumumkan hari berkabung pada Sabtu.

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Tabrakan Kereta di India

Tabrakan mematikan itu terjadi setelah satu kereta penumpang bertabrakan dengan gerbong kereta penumpang yang sudah tergelincir dan terlempar ke jalur yang berlawanan, kata pihak berwenang India.

Kedua kereta kemudian tergelincir, dilansir CNN.

“Kecelakaan yang tidak menguntungkan terjadi antara Coromandel Express, kereta barang dan kereta penumpang lainnya di dekat stasiun kereta Bahanaga di distrik Balasore,” kata Jena.

“Sekitar pukul 7 malam, 12841 Coromandel Express, yang membentang antara Shalimar dan Chennai, di sekitar Balasore, 10 hingga 12 gerbongnya tergelincir dan terlempar ke jalur yang berlawanan. Setelah beberapa waktu, kereta lain, yang berjalan antara Yesvantpur dan Howrah, menabrak gerbong yang tergelincir itu, yang mengakibatkan tiga hingga empat gerbongnya tergelincir,” kata Juru Bicara Kereta Api Amitabh Sharma kepada wartawan.

Coromandel melakukan perjalanan melalui pantai timur India, antara ibu kota Benggala Barat Kolkata ke kota Chennai di India Selatan.

4 dari 4 halaman

Infrastruktur Menua dan Perawatan Buruk

Jaringan kereta api India yang luas memiliki infrastruktur yang menua dan perawatan yang buruk – faktor yang sering menyebabkan kecelakaan.

Korban tewas dari kecelakaan hari Jumat telah melampaui kecelakaan besar pada tahun 2016 - salah satu yang paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir - ketika lebih dari 140 orang tewas dalam penggelinciran di negara bagian Uttar Pradesh utara.

Pada tahun 2021, sekitar 16.431 orang tewas dalam hampir 18.000 kecelakaan kereta api di seluruh negeri.

“Mayoritas (67,7%) kasus kecelakaan kereta api dilaporkan (sebagai) 'Jatuh dari kereta / tabrakan dengan orang di jalurnya,” menurut laporan tahun 2021 oleh National Crime Records.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat