uefau17.com

Kecelakaan Tabrakan Kereta Kargo dan Penumpang di India, 8 Orang Tewas - Global

, Kolkata - Kecelakaan kereta terjadi di India dan menewaskan sejumlah orang.

Laporan CNN mengutip seorang pejabat polisi setempat menyebut, setidaknya delapan orang tewas setelah sebuah kereta kargo bertabrakan dengan kereta penumpang di India timur pada hari Senin (17/6/2024). Seorang pejabat tinggi kemudian memerintahkan tanggap darurat besar-besaran.

"Kanchenjunga Express, yang beroperasi antara Kota Kolkata dan Silchar di negara bagian Assam timur laut, ditabrak oleh kereta barang di selatan Kota Siliguri," menurut Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee.

Tim bencana telah bergegas ke lokasi kecelakaan kereta, yang terletak di bawah kaki bukit yang mengarah ke Darjeeling, tujuan wisata pegunungan populer yang terkenal dengan perkebunan teh dan pemandangan Himalaya yang menakjubkan.

Gambar dan rekaman video media lokal dari tempat kejadian menunjukkan setidaknya satu gerbong kereta berada di sisi lainnya, sebagian hancur menjadi kumpulan logam yang terpelintir. Gerbong lain terlihat naik ke udara dengan sudut curam di atas gerbong mesin.

"Lima penumpang tewas dan 25-30 orang luka-luka dalam kecelakaan itu," kata Inspektur Polisi Darjeeling Abhishek Roy kepada wartawan dari lokasi kecelakaan. "Situasinya serius. Insiden itu terjadi ketika kereta barang menabrak Kanchenjunga Express."

"Cedera tersebut tidak fatal," kata Roy, seraya menambahkan bahwa para penumpang dipindahkan ke New Jalpaiguri, yang merupakan kota terdekat dan persimpangan kereta api terbesar di timur laut India.

Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee menulis di X bahwa "dokter, ambulans, dan tim bencana telah dilarikan ke lokasi untuk penyelamatan, pemulihan, dan bantuan medis."

"Aksi untuk menangani situasi seperti perang telah dimulai,” tambah Ketua Menteri Benggala Barat Mamata Banerjee.

Gambar langsung dari lokasi tabrakan kereta yang disiarkan langsung oleh saluran berita lokal TV 9 menunjukkan orang-orang berkumpul di luar gerbong, beberapa di antaranya merekam dengan ponsel mereka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Setahun Setelah Kecelakaan Kereta Terburuk

Kecelakaan itu terjadi lebih dari setahun setelah India mengalami salah satu bencana kereta api terburuk dalam sejarah negara itu, ketika lebih dari 280 orang tewas dalam kecelakaan tiga arah yang melibatkan dua kereta penumpang dan sebuah kereta barang di negara bagian Odisha timur.

Insiden itu mengejutkan negara tersebut, sehingga memicu kembali seruan kepada pihak berwenang untuk menghadapi masalah keselamatan dalam sistem kereta api yang mengangkut lebih dari 13 juta penumpang setiap hari.

Jaringan kereta api India yang luas, salah satu yang terbesar di dunia, dibangun lebih dari 160 tahun yang lalu di bawah pemerintahan kolonial Inggris. Saat ini, perusahaan ini menjalankan sekitar 11.000 kereta setiap hari melalui jalur sepanjang 67.000 mil di negara dengan populasi terpadat di dunia.

Namun infrastruktur yang rusak sering disebut-sebut sebagai penyebab kemacetan jadwal dan banyak kecelakaan kereta api. Meskipun statistik pemerintah menunjukkan bahwa kecelakaan dan penggelinciran kereta telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, tragisnya hal ini masih sering terjadi.

 

3 dari 4 halaman

16.000 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kereta Api di India

Lebih dari 16.000 orang tewas dalam hampir 18.000 kecelakaan kereta api di seluruh negeri pada tahun 2021, menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional. Sebagian besar kecelakaan kereta api disebabkan oleh jatuh dari kereta api dan tabrakan antara kereta api dan orang-orang di lintasan. Tabrakan antar kereta lebih jarang terjadi.

Meningkatkan infrastruktur transportasi India adalah prioritas utama Perdana Menteri Narendra Modi dalam upayanya menciptakan perekonomian senilai $5 triliun pada tahun 2025. Pemerintahannya tahun lalu meningkatkan belanja modal untuk bandara, pembangunan jalan raya dan proyek infrastruktur lainnya menjadi $122 miliar, atau 1,7%. dari PDB-nya.

Sebagian besar pengeluaran tersebut ditargetkan untuk memperkenalkan lebih banyak kereta berkecepatan tinggi ke jalur kereta api yang terkenal lambat di India.

4 dari 4 halaman

Kereta yang Kecelakaan Kerap Digunakan Turis

Laporan Associated Press (AP) menyebut bahwa Kanchanjunga Express yang terlibat kecelakaan adalah kereta harian yang menghubungkan negara bagian Benggala Barat dengan kota-kota lain di timur laut. Kereta ini sering digunakan oleh wisatawan yang melakukan perjalanan ke stasiun bukit Darjeeling, yang populer pada saat ini ketika beberapa kota di India sedang terik panas.

Lebih dari 12 juta orang menaiki 14.000 kereta api melintasi India setiap hari, menempuh jalur sepanjang 64.000 kilometer (40.000 mil). Meskipun ada upaya pemerintah untuk meningkatkan keselamatan kereta api, beberapa ratus kecelakaan terjadi setiap tahunnya di jalur kereta api India. Sebagian besar disebabkan oleh kesalahan manusia atau peralatan sinyal yang ketinggalan jaman.

Tahun 2023 lalu, kecelakaan kereta api di India timur menewaskan lebih dari 280 orang dan merupakan salah satu kecelakaan kereta api paling mematikan di negara itu dalam beberapa dekade terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat