uefau17.com

Michelle Yeoh Cetak Sejarah, Wanita Asia Pertama yang Bawa Pulang Piala Oscar Kategori Aktris Terbaik - Health

, Jakarta Rasa haru dan bangga mengiringi Michelle Yeoh saat naik ke panggung Oscar. Wanita yang sukses memainkan perannya dalam Everything Everywhere All at Once ini telah menjadi wanita Asia pertama yang memenangkan Oscar.

Michelle Yeoh membawa pulang Piala Oscar 2023 untuk kategori aktris terbaik. Lewat kemenangan itu, Michelle Yeoh mencetak sejarah karena untuk pertama kalinya dalam 95 tahun, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memberikan piala Oscar pada seorang wanita Asia.

Tepuk tangan begitu meriah diterima Michelle Yeoh saat berjalan ke podium. Wanita kelahiran Malaysia tersebut mengacungkan piala Oscar dan mengungkapkan bahwa kemenangannya merupakan harapan dan kemungkinan.

"Untuk semua anak laki-laki dan perempuan yang terlihat seperti saya dan menonton malam ini, ini adalah mercusuar harapan dan kemungkinan," ujar Michelle Yeoh mengutip NPR dan Variety, Senin (13/3/2023).

"Ini adalah bukti kalau mimpi bisa jadi kenyataan. Dan, untuk para wanita, jangan biarkan siapapun memberitahumu bahwa kamu sudah melewati masa jayamu. Jangan pernah menyerah," dia menegaskan.

Piala Oscar 2023 Michelle Yeoh

Michelle Yeoh mengaku mendedikasikan kemenangannya dalam Oscar untuk sang ibu dan seluruh ibu di dunia, yang dia sebut sebagai pahlawan super.

"Mereka benar-benar pahlawan super, dan tanpa mereka, tidak seorang pun dari kita akan berada di sini malam ini," kata Michelle Yeoh.

Dahulu, Michelle Yeoh lahir di Malaysia dan menjadi bintang perfilman Hong Kong. Dia memainkan peran dalam film-film seperti Crouching Tiger, Hidden Dragon, Memoirs of a Geisha, Tomorrow Never Dies dan Crazy Rich Asians, hingga Everything Everywhere All at Once.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nominasi dan Kemenangan Pertama Michelle Yeoh di Oscar 2023

Tahun ini merupakan pertama kalinya Michelle Yeoh masuk dalam nominasi Oscar. Dalam kesempatan yang sama pula, kemenangan Michelle Yeoh tercapai.

Beberapa waktu lalu, Michelle Yeoh sempat berbincang dengan Alisa Chang. Michelle Yeoh mengungkapkan bahwa dia melihat budaya dimana orang Asia akhirnya dapat mengeluarkan suara yang lebih besar di Hollywood dan masyarakat.

"Kita hanya perlu mengguncang perahu dan berkata, lihatlah kami. Beri kami kesempatan, karena coba tebak? Kami ada di masyarakat Anda. Kami adalah bagian dari masyarakat dan sangat sangat merupakan bagian yang rumit dari seluruh komunitas ini. Ini adalah satu-satunya cara kami mendapatkan lebih banyak peluang," ujar Michelle Yeoh.

Sebelum Oscar, karya Michelle Yeoh di Everything Everywhere All at Once memang telah mengumpulkan banyak penghargaan, termasuk Golden Globe, Independent Spirit Award, beberapa Penghargaan Kritikus Film lokal, Penghargaan SAG, dan nominasi untuk Penghargaan Pilihan Kritikus dan Penghargaan BAFTA.

3 dari 4 halaman

Michelle Yeoh Ucap Terima Kasih untuk Sutradara dan Kru

Michelle Yeoh turut menggunakan kesempatan itu untuk sutradara film Everything Everywhere All at Once, Daniel Kwan dan Daniel Scheinert. Menurutnya, ia tidak akan berdiri di sana tanpa keduanya.

"Saya tidak akan berdiri di sini malam ini tanpa duo Daniel, tanpa pemain, dan kru yang luar biasa, dan semua orang yang terlibat dengan Everything Everywhere All at Once," kata Michelle Yeoh.

"Juga, keluarga besar saya di Hong Kong, tempat saya memulai karier. Terima kasih telah membiarkan saya berdiri di pundak Anda," tambahnya.

Everything Everywhere All at Once tayang perdana hampir setahun yang lalu. Film tersebut menjadi hits dan komersial. Bahkan, film yang dibintangi oleh Michelle Yeoh satu ini menghasilkan lebih dari $100 juta secara global.

4 dari 4 halaman

Warganet Ikut Berbahagia Sambut Kemenangan Michelle Yeoh

Kemenangan Michelle Yeoh disambut baik oleh begitu banyak warganet. Tak sedikit yang ikut bangga, merasa haru atas kemenangan tersebut. Banyak yang menilai Michelle Yeoh layak memenangkan itu.

"Omg, Michelle Yeoh wanita Asia pertama yang berhasil menang best actress di Oscar. Keren banget," tulis akun @z***s.

"Gak tau aku rasanya cuma mau nangis kayak aduh artis legendaris di Asia aka Michelle Yeoh menang Oscar," kata akun @i***s.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat