uefau17.com

Kenali Ramsay Hunt Syndrome, Kelumpuhan Wajah yang Didera Justin Bieber - Health

, Jakarta Penyanyi Justin Bieber menderita Ramsay Hunt Syndrome yang menyebabkan kelumpuhan pada satu sisi wajahnya. Hal itu disampaikan Bieber dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram pribadinya.

Justin Bieber menjelaskan menderita Ramsay Hunt Syndrome, yang membuatnya tidak dapat menggerakkan separuh wajahnya. Akibatnya, ia tak dapat tampil ke atas panggung sehingga membatalkan sejumlah konser di Amerika Serikat (AS), seperti Washington DC dan New York. 

Ramsay Hunt Syndrome atau dikenal dengan herpes zoster oticus terjadi ketika herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda. Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom ini dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome oleh virus serupa yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf. Bertahun-tahun kemudian, virus ini dapat aktif kembali. Ketika itu terjadi, virus dapat memengaruhi saraf wajah.

Pengobatan sindrom Ramsay Hunt yang segera dapat mengurangi risiko komplikasi, kelemahan otot wajah permanen dan ketulian. Mengutip Mayo Clinic, Sabtu (11/6/2022), ada dua tanda dan gejala utama sindrom Ramsay Hunt, antara lain:

  • Ruam merah yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan di dalam dan sekitar satu telinga
  • Kelumpuhan wajah pada sisi yang sama dengan telinga yang terkena

Biasanya ruam dan kelumpuhan wajah terjadi secara bersamaan. Terkadang, satu bisa terjadi sebelum yang lain. Di lain waktu, ruam tidak pernah terjadi.

Seseorang yang terkena sindrom Ramsay Hunt mungkin juga mengalami sakit telinga, gangguan pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), kesulitan menutup satu mata, sensasi berputar atau bergerak (vertigo), Perubahan persepsi rasa atau hilangnya rasa, serta mulut dan mata kering.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Menderita Cacar Air

Penyebab Ramsay Hunt Syndrome seperti yang dialami Justin Bieber terjadi pada orang yang pernah menderita cacar air. Setelah sembuh dari cacar air, virus tetap berada di tubuh - terkadang aktif kembali di tahun-tahun berikutnya menyebabkan herpes zoster, ruam yang menyakitkan dengan lepuh berisi cairan.

Sindrom Ramsay Hunt adalah herpes zoster yang memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga Anda. Ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan wajah satu sisi dan gangguan pendengaran.

Faktor risiko Sindrom Ramsay Hunt dapat terjadi pada siapa saja yang pernah menderita cacar air dan lebih sering terjadi pada orang dewasa yang lebih tua, biasanya memengaruhi orang yang lebih tua dari 60 tahun. Sindrom Ramsay Hunt jarang terjadi pada anak-anak.

Sindrom Ramsay Hunt tidak menular. Namun, reaktivasi virus varicella-zoster dapat menyebabkan cacar air pada orang yang belum pernah menderita cacar air atau telah divaksinasi. Infeksi bisa serius bagi orang yang memiliki masalah sistem kekebalan.

Ketika terkena sindrom, hindari kontak fisik dengan siapapun yang belum pernah menderita cacar air atau yang belum pernah mendapatkan vaksin cacar air. Hindari juga berkontak dengan siapapun yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah bayi baru lahir dan juga wanita hamil.

3 dari 4 halaman

Komplikasi Ramsay Hunt Syndrome

Komplikasi Ramsay Hunt Syndrome, antara lain:

  • Kehilangan pendengaran permanen dan kelemahan wajah. Bagi kebanyakan orang, gangguan pendengaran dan kelumpuhan wajah yang terkait dengan Sindrom Ramsay Hunt bersifat sementara. Namun, itu bisa menjadi permanen.
  • Kerusakan mata. Kelemahan wajah yang disebabkan oleh sindrom Ramsay Hunt dapat membuat Anda sulit untuk menutup kelopak mata. Ketika ini terjadi, kornea, yang melindungi mata Anda, bisa menjadi rusak. Kerusakan ini dapat menyebabkan sakit mata dan penglihatan kabur.
  • Neuralgia pascaherpes. Kondisi menyakitkan ini terjadi ketika infeksi herpes zoster merusak serabut saraf. Pesan yang dikirim oleh serabut saraf ini menjadi bingung dan berlebihan, mengakibatkan rasa sakit yang mungkin berlangsung lama setelah tanda dan gejala lain dari sindrom Ramsay Hunt memudar.

Untuk pencegahan Ramsay Hunt Syndrome, anak-anak sekarang secara rutin divaksinasi cacar air, yang sangat mengurangi kemungkinan terinfeksi virus cacar air. Vaksin herpes zoster untuk orang berusia 50 tahun atau lebih juga dianjurkan.

4 dari 4 halaman

Hancur Hati Batalkan Konser

Dalam unggahan video di Instagram pada Jumat, 10 Juni 2022, Justin Bieber menjelaskan bahwa ia menderita Ramsay Hunt Syndrome, yang membuatnya tidak dapat menggerakkan separuh wajahnya dan tidak dapat tampil ke atas panggung.

"Dari virus inilah yang menyerang saraf di telinga dan saraf wajah saya dan menyebabkan wajah saya lumpuh," katanya dalam video.

"Seperti yang Anda lihat, mata ini tidak berkedip. Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya ini, lubang hidung ini tidak akan bergerak. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya."

Beberapa hari sebelumnya, penyanyi berkebangsaan Kanada ini juga mengunggah kesedihan atas penyakit yang dideritanya.

"Saya tak percaya harus berkata begini. Saya sudah melakukan banyak hal agar sembuh dari penyakitku. Namun, sakitku ini malah makin parah," ungkap Justin Bieber melalui Instagram Stories.

Ungkapan perasaan di dalam hatinya yang hancur, diungkapkan suami Hailey Baldwin itu pada keterangan yang sama. Ia mengatakan bahwa perintah menunda konser demi kesehatan datang dari dokter pribadinya.

"Hancur hati saya karena terpaksa menunda sejumlah konser ke depannya (atas perintah dokter)," lanjut Bieber.

"Untuk seluruh penggemar, saya sangat cinta kalian dan aku akan beristirahat agar cepat membaik."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat