uefau17.com

5 Cara Efektif Hilangkan Lemak di Wajah - Health

, Jakarta - Lemak yang terkandung di tubuh tak hanya tampak di bagian tertentu tubuh saja, melainkan juga di wajah. 

Lemak yang tampak di wajah seringkali mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri seseorang. Semisal dagu dan pipi jadi tampak lebih berisi. Kondisi ini sendiri terjadi sebagai akibat dari bertambahnya lemak pada seluruh bagian tubuh Anda.

Ada beragam cara menghilangkan lemak di wajah yang bisa dilakukan.

Salah satu cara paling efektif menghilangkan lemak di wajah yaitu dengan memperbaiki pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, saran Personal Trainer (PT) Carly Yue.

"Biasanya Anda akan menghilangkan lemak dari wajah terlebih dahulu," ucap Yue, dikutip dari Good to Know.

Para ahli lainnya juga menyarankan cara-cara berikut untuk menghilangkan lemak wajah dengan mudah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tetap terhidrasi

Pelatih Kebugaran & Nutrisi Lucy Locket Loves menjelaskan, bahwa salah satu dari banyak manfaat air minum adalah dapat membantu penurunan berat badan.

“Pastikan Anda sangat terhidrasi dan minum cukup air. Ini karena air memainkan peran penting dalam penurunan berat badan dan melacak asupan air Anda."

Sebuah studi oleh Departemen Manajemen Kesehatan, Universitas Jeonju menyebutkan, meminum air putih sebelum makan dapat membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan secara signifikan menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi selama makan.

2. Perhatikan diet Anda

Pelatih dan duta kebugaran Stuart Pilkington mengatakan bahwa diet harus menjadi prioritas nomor satu dalam hal penurunan berat badan. Kondisi kulit dapat mengubah penampilan kulit, sehingga Anda perlu makan makanan yang akan membantu kulit Anda.

"Perbaikan tubuh Anda dari dalam ke luar dan hanya diet kaya nutrisi dan mineral yang dapat mengurangi noda, pembengkakan dan kelebihan air, yang semuanya memberikan tampilan wajah yang lebih besar. Fokus pada sayuran hijau dan lemak sehat seperti alpukat, almond, dan kenari.”

3 dari 5 halaman

3. Olahraga kardio

Jay Justice, pelatih pribadi di KJ Nutrition & Fitness menunjukkan, “Menurunkan berat badan di wajah Anda adalah sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan tanpa melihat perubahan di seluruh tubuh Anda."

Latihan kardio sangat bagus untuk membakar lemak jadi melakukan ini Anda pasti akan melihat perubahannya.

“Namun, begitu Anda mengakhiri sesi kardio, pembakaran lemak juga berakhir. Untuk terus membakar lemak setelah berolahraga, Anda perlu melakukan beberapa sesi dengan beban. Dengan membangun massa otot, Anda secara alami meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh Anda berdetak lebih cepat, membakar kalori lebih cepat.”

4. Membatasi konsumsi alkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat memicu penumpukan lemak di wajah. Alkohol merupakan minuman yang tinggi kalori, namun rendah nutrisi.

Maka dari itu,Yue menyarankan untuk membatasi konsumsi alkohol agar tubuh tidak menerima asupan kalori secara berlebihan. Asupan kalori yang berlebih dapat mengakibatkan penambahan berat badan dan penumpukan lemak.

4 dari 5 halaman

5. Latihan wajah

John O Neill, pelatih pribadi di gym Club Vitae, menunjukkan bahwa dengan begitu banyak otot di wajah Anda (wajah manusia biasanya memiliki 43 otot), latihan tertentu sebenarnya dapat membantu Anda mengencangkan.

Beberapa latihan yang paling populer adalah menggembungkan pipi dan mendorong udara dari satu sisi ke sisi lain, mengerutkan bibir secara bergantian, dan menahan senyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik setiap kali.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa melakukan latihan otot wajah dua kali sehari selama 8 minggu meningkatkan ketebalan otot dan meningkatkan peremajaan wajah.

Reporter: Lianna Leticia

5 dari 5 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat