uefau17.com

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Dimulai, Sinovac Tetap Diberikan kepada Masyarakat Lain - Health

, Jakarta Vaksin Sinovac menjadi vaksin COVID-19 utama yang digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Persetujuan penggunaan vaksin Sinovac untuk anak di bawah 12 tahun sudah dikeluarkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Walau begitu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menekankan, kelompok sasaran masyarakat lain saat ini masih dapat menerima vaksin Sinovac, baik dosis pertama maupun dosis dua. Syaratnya, ketersediaan vaksin disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

"Sejauh ini, jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi anak-anak usia 6 sampai dengan 11 tahun, yaitu Sinovac," jelas Wiku menjawab pertanyaan Health di Media Center, IS Plaza, Jakarta pada Selasa, 14 Desember 2021.

"Namun, perlu ditekankan, bahwa penggunaan vaksin Sinovac yang telah tersedia di gudang daerah akan tetap diberikan kepada masyarakat sesuai ketersediaan di masing-masing daerah."

Pada prinsipnya, penambahan penyuntikan vaksinasi anak ke kelompok usia 6- 11 tahun adalah upaya Pemerintah memperluas pembentukan antibodi di populasi dengan urgensi terdapat kenaikan jumlah kasus COVID-19 pada anak-anak.

"Hal ini termasuk kondisi yang saat ini terjadi di beberapa negara yang mengalami transmisi komunitas varian Omicron," imbuh Wiku.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dorong Penggunaan Merek Vaksin COVID-19 Lain

Untuk penyuntikan awal anak usia 6-11 tahun, Kementerian Kesehatan sudah menyiapkan 6,4 juta dosis vaksin Sinovac. Jumlah sasaran anak yang mencapai 26,7 juta anak usia 6-11 tahun membutuhkan 58 juta dosis vaksin. (Selengkapnya: 58 Juta Dosis Vaksin Sinovac untuk Vaksinasi Anak 6-11 Tahun)

Menilik ketersediaan vaksin Sinovac tersebut, Pemerintah turut mendorong penggunaan merek vaksin COVID-19 lain yang tersedia, seperti AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna untuk kelompok remaja dan dewasa.

"Saat ini, stok beberapa merek vaksin dalam negeri dengan total sekitar 100 juta dosis akan terus dioptimalkan penggunaannya demi menjamin pencapaian target vaksinasi," terang Wiku Adisasmito.

Di sisi lain, Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, vaksin Sinovac akan mulai khusus digunakan untuk vaksinasi anak 6-11 tahun mulai tahun 2022.

"Sinovac mulai tahun depan, hanya akan digunakan untuk (penyuntikan) dosis anak. Ini menjadi catatan sehingga untuk vaksin non-Sinovac akan diprioritaskan untuk sasaran, selain anak usia 6 sampai 11 tahun," kata Maxi dalam Sosialisasi Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun secara virtual, Minggu (12/12/2021).

3 dari 3 halaman

Infografis Syarat Daerah Gelar Vaksinasi Covid-19 Anak Usia 6-11 Tahun

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat