uefau17.com

6 Fakta Menarik Paus Beluga Si Kepala Melon - Global

, Jakarta - Paus beluga (Delphinapterus leucas) merupakan salah satu hewan yang berkomunikasi dengan cara yang unik. Tidak seperti paus yang mengandalkan suara, paus beluga berkomunikasi dengan mengubah bentuk dahinya.

Tak hanya berkomunikasi dengan cara yang unik, paus beluga juga dikenal sebagai hewan yang ramah dan pintar. Melansir laman Beluga Whale Sanctuary pada Rabu (12/06/2024), berikut fakta menarik paus beluga.

1. Si Kepala Melon

Bulatan di dahi paus beluga merupakan organ berlemak yang membantu proses ekolokasi. Proses ekolokasi digunakan hewan untuk menemukan dan mengidentifikasi objek.

Dengan menggunakan otot dan jaringan ikat, paus beluga dapat menjulurkan melon ke depan hingga menonjol di atas bibir seperti paruh topi, meratakannya, mengangkat secara vertikal untuk membuat topi, dan menggoyangkannya seperti jeli.

Cara kerja ekolokasi paus beluga adalah dengan memantulkan gelombang suara ke air. Gelombang ini nantinya akan memantul dan kembali ke beluga dalam bentuk gema.

Gelombang ini memiliki kecepatan fantastis, yakni sekitar 1,6 km per detik. Dengan sistem ekolokasi ini, beluga dapat menentukan ukuran, bentuk, kecepatan dan jarak objek di dalam air.

Hal ini yang membantu paus beluga dalam bernavigasi dan berkomunikasi.

2. Kenari Laut

Tak hanya dijuluki sebagai kepala melon, beluga juga dikenal sebagai kenari laut. Hal ini disebabkan beluga memiliki rentang vokal yang kaya dan beragam.

Diketahui, setidaknya ada 11 suara beluga yang berbeda. Suara-suara itu digunakan untuk ekolokasi ketika menavigasi perairan serta sebagai bentuk komunikasi antar beluga.

Ada 11 jenis suara ini dipakai pada kondisi yang berbeda-beda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerabat Paus Bertanduk

3. Kerabat Paus Bertanduk

Paus beluga memiliki relasi dekat dengan paus bertanduk penghuni lautan arktik. Mereka berada pada family yang sama, yakni Monodontidae.

Selain tinggal di lautan yang sama, mereka juga diketahui sebagai hewan yang sangat sosial. Bahkan, beluga dan paus bertanduk tertangkap sedang berbaur dan berenang bersama.

4. Rakus

Paus beluga memangsa ikan, cumi-cumi, gurita, siput dan krill, sejenis udang berukuran kecil. Ikan favorit mereka adalah herring, cod, smelt, dan flounder.

Paus beluga merupakan pemangsa yang rakus karena bisa memakan lebih dari 100 jenis hewan laut. Jumlah makanan yang dikonsumsi beluga cukup banyak, yakni sekitar 2,5 hingga 3 persen dari berat tubuh atau 18,2 sampai 27,2 Kg per hari.

 

3 dari 3 halaman

Pintar dan Ramah

5. Pintar dan Ramah

paus beluga menjadi salah satu hewan air yang mudah untuk dilatih. Mereka bisa meniupkan gelembung air, menari, menganggukkan kepala, menangkap bola hingga melompat melewati lingkaran.

Paus beluga membuat gelembung air tidak hanya untuk bermain-main, namun juga menandakan ikatan sosial. Paus ini juga tidak takut pada manusia.

Di alam liar, paus jenis ini kerap terlihat berenang secara berkelompok.

6. Perenang Lamban

Paus beluga dapat berenang terbalik namun lamban. Mereka biasanya berenang dengan kecepatan 3 hingga 9 km per jam.

Paus beluga memiliki kecepatan renang maksimal hingga 22 km per jam, yang dapat bertahan hingga 15 menit saja.

(Tifani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat