uefau17.com

11 Juni 2002: Ajang Pencarian Bakat Menyanyi American Idol Tayang Perdana - Global

, Jakarta - Sejarah mencatat sebuah serial televisi ajang pencarian bakat menyanyi "American Idol" pertama kali dirilis hari ini 22 tahun silam. Mengutip dari American Idol Fandom, Senin (10/6/2024), diketahui bahwa acara tersebut berlangsung mulai 11 Juni 2002 dan berlanjut hingga 4 September 2002.

Saat itu American Idol dibawakan oleh Ryan Seacrest dan Brian Dunkleman.

Pertama kali disiarkan di saluran televisi Fox, American Idol diadopsi dari acara televisi Inggris, Pop Idol, ciptaan eksekutif musik dan televisi Simon Fuller.

Situs Britannica menyebut kedua tayangan tersebut memiliki konsep acara yang sama, di mana juri melakukan perjalanan ke seluruh negeri untuk mencari penyanyi paling berbakat.

Dalam versi AS, serangkaian audisi mempersempit finalis menjadi beberapa kandidat teratas, yang bersaing satu sama lain di studio yang berlokasi di Hollywood.

Awalnya, kontestan harus berusia antara 16 dan 24 tahun. Namun, aturan usia kemudian diubah menjadi 15 hingga 28 tahun.

Setelah tayang terakhir pada tahun 2016, acara tersebut sempat jeda selama dua tahun dan kembali disiarkan pada tahun 2018 di saluran televisi ABC.

Dalam audisi awal, American Idol biasanya menayangkan kontestan dengan suara yang cenderung buta nada dan tidak bisa bernyanyi di depan para juri. Namun ketika kandidatnya semakin sedikit, pertunjukan menjadi semakin seru di mana semakin banyak kontestan berbakat yang ditampilkan.

Para peserta ajang pencarian bakat biasanya akan menyanyikan lagu-lagu terkenal dengan tema yang berbeda setiap minggunya. Biasanya, bintang tamu selebriti juga akan mengisi acara tersebut secara rutin.

Di tahap akhir kontes, penonton di rumah akan diberi kesempatan untuk memberi dukungan kepada jagoan mereka melalui panggilan telepon, pesan teks atau situs web acara tersebut untuk menentukan pemenangnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelly Clarkson Berhasil Menangkan Musim Pertama

Tayangan final disiarkan di hadapan penonton studio langsung selama delapan minggu, di mana setiap finalis membawakan satu atau lebih lagu yang dipilih dari tema mingguan.

American Idol musim pertama berhasil dimenangkan oleh Kelly Clarkson, wanita kelahiran Fort Worth, 24 April 1982. Saat masih mengikuti ajang tersebut, ia masih berusia 20 tahun. 

Saat audisi, Clarkson mengikuti audisi di Dallas dengan membawakan lagu "At Last" milik Etta James dan "Express Yourself" milik Madonna. Selama perjalanannya di American Idol, ia membawakan "Respect" karya Aretha Franklin dan "Save the Best for Last" karya Vanessa Williams di Hollywood.

Kelly Clarkson dinyatakan sebagai pemenang melawan Justin Guarini, dengan perolehan suara 58 persen dari 15,5 juta suara. 

3 dari 3 halaman

Peristiwa Penting Lainnya

Dilansir History, selain tayangan perdana American Idol, berikut adalah sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada tanggal 11 Juni:

  • 1509: Raja Inggris Henry VIII menikahi istri pertamanya, Catherine dari Aragon
  • 1788: Penjelajah Rusia Izmailov tiba di Teluk Yakutat, Alaska
  • 1963: Universitas Alabama melakukan desegregasi
  • 1979: Aktor John Wayne meninggal dunia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat