uefau17.com

Kelompok Pembelot Korea Utara Ancam Kirim Balon Pembawa 5.000 DVD Drakor ke Pyongyang - Global

, Seoul - Kelompok pembelot Korea Utara yang bermarkas di Seoul pada Senin (3/6/2024) mengatakan akan mengirim selebaran dan salinan digital lagu-lagu populer Korea Selatan melintasi perbatasan.

Aksi ini dilakukan sebagai bentuk balas dendam setelah Pyongyang mengirim balon-balon berisi sampah dan kotoran ke Korea Selatan.

Baca Juga

Korea Utara mengirim ratusan balon minggu lalu, mengancam akan mengirim lebih banyak lagi jika balon-balon yang membawa selebaran Korea Selatan memasuki wilayahnya lagi, dikutip dari laman Korean Herald, Senin (3/6/2024).

Kelompok sipil Korea Utara (pembelot) mengungkapkan rencananya untuk menanggapi dengan mengirimkan 200.000 selebaran dan 5.000 drive USB yang berisi drama Korea Selatan.

Tak hanya serial drakor, akan dikirim pula VCD lagu-lagu Lim Young-woong, penyanyi populer Korea Selatan.

"Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un mengirim sampah kepada rakyat Korea Selatan, tetapi kami para pembelot akan mengirimkan cinta dan kebenaran kepada rekan senegara kami di utara," kata Park Sang-hak.

Minggu lalu, Korea Utara mengirim sejumlah besar balon yang membawa sampah dan kotoran hewan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Eskalasi Ketegangan Korea Utara dan Korea Selatan

Direktur Keamanan Nasional Korea Selatan Chang Ho-jin mengatakan pada Minggu pagi bahwa pihaknya memutuskan mengambil tindakan tak tertahankan terhadap Korea Utara sebagai reaksi terhadap peluncuran balonnya, dugaan gangguan sinyal navigasi GPS di Korea Selatan, dan simulasi serangan nuklir dalam beberapa hari terakhir.

Chang Ho-jin menyebut kampanye balon udara Korea Utara dan dugaan gangguan sinyal GPS sebagai tindakan provokasi yang tidak masuk akal dan tidak rasional yang tidak dapat dibayangkan oleh negara pada umumnya. Dia menuduh Korea Utara bertujuan untuk menimbulkan kecemasan dan kekacauan publik di Korea Selatan.

Korea Utara sering kali menanggapi dengan marah terhadap selebaran Korea Selatan karena berisi pesan propaganda yang mengkritik pemerintahan otoriter Korea Utara dan berita dari luar. Pada tahun 2020, Korea Utara meledakkan kantor penghubung kosong yang dibangun Korea Selatan di wilayahnya sebagai bentuk kemarahan atas aktivitas balon Korea Selatan.

Para ahli mengatakan kampanye balon yang dilakukan Korea Utara, yang dilaporkan merupakan yang pertama dalam tujuh tahun terakhir, dimaksudkan untuk memicu perpecahan internal di Korea Selatan karena kebijakan keras pemerintah konservatif terhadap Korea Utara. Mereka mengatakan Korea Utara juga diperkirakan akan semakin meningkatkan ketegangan menjelang pemilihan Pilpres Amerika Serikat pada bulan November.

Sejak tahun 2022, Korea Utara telah secara tajam meningkatkan laju uji coba senjata untuk membangun persenjataan nuklir yang lebih besar. Pekan lalu, negara tersebut menembakkan rentetan senjata berkemampuan nuklir ke laut dalam sebuah latihan yang menyimulasikan serangan pendahuluan terhadap Korea Selatan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat