uefau17.com

10 Cara Sederhana dan Ampuh Cegah Batuk Pilek - Global

, Jakarta - Kesehatan merupakan aspek penting dalam kehidupan kita, karena dengan tubuh yang sehat, kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar dan produktif.

Namun, saat suhu mulai turun dan musim pancaroba semakin mendekat, kita perlu lebih waspada terhadap potensi terserang flu dan pilek. Untuk itu, ada 10 cara efektif yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tersebut, seperti dikutip dari Piedmont, Senin (20/5/2024):

1. Lakukan Vaksinasi Flu

Vaksinasi Flu di masa pandemi sangat penting dilakukan agar tidak terjadi koinfeksi penyakit flu bersamaan dengan infeksi COVID-19. (Pexels/Thirdman)

Tanyakan kepada dokter Anda tentang vaksinasi flu yang tersedia, vaksinasi tersedia di kantor dan apotek, jadi setelah mendapat persetujuan dari dokter anda, lakukanlah vaksinasi di awal musim.

2. Cuci Tangan Anda dengan Sabun dan Air Hangat

<p>Ilustrasi Mencuci Tangan Credit: pexels.com/burst</p>

Setiap kali Anda berjabat tangan, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun sampai bersih. Ingat, tangan adalah salah satu media penyebaran untuk virus dan bakteri. Jadi, jaga kebersihan tangan Anda sebelum makan dan setiap kali menyentuh wajah agar terhindar dari penyakit.

Mencuci tangan sebelum makan dan menyentuh wajah adalah cara yang sangat penting untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri berbahaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Hindari Menyentuh Mata dan Mulut

Kuman pilek dan flu dapat dengan mudah menginfeksi melalui mata dan mulut. Jika Anda terpaksa harus menyentuh wajah Anda, cucilah tangan terlebih dahulu.

4. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi seseorang tidur jam 10 malam. (Shutterstock/SrideeStudio)

Kurang tidur dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh, membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

5. Berolahraga

Olahraga menjadi salah satu pola hidup sehat untuk membantu Sahabat Fimela tampak awet muda(Foto: Freepik/tirachardz)

Berolahraga tidak hanya baik untuk sistem kardiovaskular dan manajemen berat badan Anda, tetapi juga meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu Anda mengelola tingkat stres, yang penting untuk tetap sehat di musim flu.

3 dari 4 halaman

6. Siapkan Pembersih Tangan

Siapkan pembersih tangan yang mudah dibawa untuk saat-saat ketika Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air. Jika Anda sedang bepergian, simpan sebotol pembersih berbahan dasar alkohol di dalam tas atau saku Anda untuk membasmi kuman saat bepergian.

7. Jangan Menggigit Kuku Anda

Ilustrasi menggigit kuku. (Image by freepik)

Kuman bersembunyi di bawah kuku Anda dan menggigit kuku adalah salah satu cara lain untuk terinfeksi virus flu atau pilek.

8. Jangan Berdekatan dengan Orang yang Sedang Sakit

Ilustrasi masyarakat yang melakukan social distancing. Credits: pexels.com by Pavel Danilyuk

Jika ada orang yang sedang batuk atau bersin, jaga jarak. Demikian juga jika Anda sedang sakit dan menular, luangkan waktu untuk beristirahat di rumah agar Anda dapat sembuh dan tidak menyebarkan kuman kepada orang-orang yang bersentuhan dengan Anda.

4 dari 4 halaman

9. Konsumsi Makanan yang Sehat

Sama seperti berolahraga, makan dengan benar tidak hanya bermanfaat bagi berat badan Anda, tetapi juga bagi sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa lengkapi nutrisi penting harian Anda dari buah-buahan dan sayuran untuk menjaga kekebalan tubuh tetap kuat.

10. Tetap Terhidrasi

Perbanyaklah minum air putih karena bisa merawat wajah agar tetap awet muda. (Foto: Freepik/pressfoto)

Minum banyak cairan , terutama air. Hal ini akan mengeluarkan racun dari tubuh dan membuat Anda tetap sehat. Jika Anda jatuh sakit, tetap terhidrasi dengan baik sama pentingnya untuk pemulihan tubuh.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat